Table of Content

Mata Merah? Berikut Obat Sakit Mata yang Ampuh dan Alami

Apa saja bahan herbal yang biasa digunakan sebagai obat sakit mata alami? Berikut herbal yang ampuh digunakan sebagai obat sakit mata alami

Sakit mata bisa disebabkan oleh beberapa faktor seperti alergi, iritasi, atau bisa juga karena virus. Gejala sakit mata pun beragam mulai dari gejala ringan hingga berat. Biasanya sakit mata ditandai dengan mata terasa gatal, berair, merah, dan bengkak yang berujung pada kurangnya kemampuan penglihatan. Untuk menyembuhkan sakit mata diperlukan obat yang tepat agar mata bisa kembali pulih seperti sedia kala.

Meski saat ini telah banyak beredar obat sakit mata dengan berbagai merek, namun kamu juga bisa lho mengobati sakit mata dengan obat alami. Jika belum tahu apa saja obat sakit mata merah sebelah, berikut ini kami sajikan informasi lengkapnya khusus untuk kamu.

Wortel

Obat Sakit Mata AlamiImage by Pexels from Pixabay

Nah, kalau yang satu ini sih tidak perlu diragukan lagi khasiatnya bagi kesehatan mata. Wortel memiliki banyak kandungan vitamin A yang bertugas untuk menjaga fungsi mata tetap normal. Vitamin A tersebut diperoleh dari zat beta karoten di dalam wortel sehingga menjadi sayuran kecintaan setiap orang.

Ketika sakit mata, wortel memang tidak bisa memberikan pertolongan instan. Namun saat kamu baru mulai mengalami gejala iritasi seperti mata lelah dan nyeri, mengonsumsi wortel adalah salah satu pilihan bijak. Jika enggan mengolahnya menjadi lauk pauk dalam sayur, maka kamu bisa membuat jus wortel karena lebih segar dengan rasa manis alami. Jangan tambahkan pemanis apa pun di dalamnya agar nutrisi wortel tetap terjaga.

Kantong Teh

Obat sakit mata alami yang pertama adalah kantong teh. Jika sedang mengalami sakit mata, jangan dibuang kantong teh yang telah diseduh tadi pagi karena ia bisa dimanfaatkan sebagai pereda nyeri ketika sakit mata. Kantong teh dapat memberikan efek relaksasi dan melancarkan sirkulasi darah agar sensasi nyeri yang kamu rasakan bisa berkurang.

Untuk cara penggunaannya, kamu hanya perlu meletakkan kantong teh yang telah diseduh tersebut ke dalam kulkas bebapa jam hingga dingin. Selanjutnya pejamkan mata dan tempelkan kantong teh di atas kelopak mata selama sekitar 20 menit.

Daun Sirih

Sudah menjadi rahasia umum bahwa daun sirih adalah tanaman herbal kaya manfaat dengan kandungan antioksidan yang tinggi. Berbagai penyakit bisa disembuhkan dengan jalan pengobatan menggunakan daun sirih, termasuk sakit mata. Jika kamu masih kurang yakin, cobalah baca beberapa penelitian mengenai efektivitas daun sirih untuk megatasi konjungtivitis di banyak jurnal ilmiah.

Peradangan selaput lendir pada kelopak mata bisa diredakan dengan air rebusan daun sirih. Kamu hanya perlu menyiapkan beberapa lembar daun sirih hijau atau merah lalu cuci bersih dan rebus. Ketika sudah mendidih dan didinginkan, gunakan sebagai pembersih mata dengan cara digenang.

Minyak Kelapa Murni

Obat sakit mata alami selanjutnya adalah minyak kelapa murni atau coconut oil. Iritasi mata tentu tidak bisa dibiarkan begitu saja karena akan menyebabkan gejala yang lebih parah. Dalam hal ini minyak kelapa murni akan membantu membersihkan area mata karena ia memiliki sifat antibakteri yang ampuh.

Cara penggunaan minyak kelapa murni sebagai obat alami sakit mata pun cukup mudah, yakni dengan membasahi kapas bersih dengan minyak kelapa lalu tempel dan usapkan pada mata. Jika kamu melakukannya dengan rutin setiap hari, gejala iritasi seperti gatal dan berair akan segera reda dengan sendirinya.

Kompres Dingin

Jika kamu sedang letih dan mengalami sakit mata, tidak ada salahnya melakukan kompres dingin sebagai pertolongan pertama. Pasalnya, kompres dingin memang ditujukan untuk meredakan nyeri karena peradangan. Apalagi jika mata sudah menunjukkan gejala bengkak, maka kompres dingin dipercaya bisa meredakan sensasi nyut-nyutan yang mengganggu.

Siapkan es batu balok beberapa buah dan handuk atau kain bersih, lalu bungkus es batu tersebut dengan kain. Tempelkan secara perlahan di area kelompak mata hingga terasa rileks dan nyaman. Jangan lupa lakukan cara ini setidaknya 3 kali dalam sehari ya.

Kompres Hangat

Setelah tadi di atas ada kompres dingin, kali ini obat sakit mata alami yang bisa kamu coba adalah kompres hangat. Cara yang satu ini cocok untuk mengatasi gejala mata kering dan gatal karena ketika dikompres hangat, otot mata akan kembali rileks

Tentu saja cara mengompres hangat tidak kalah simple dari kompres dingin. Cukup siapkan kain kompres bersih beserta air hangat saja lalu tempelkan kain yang telah dibasahi tersebut di kelopak mata selama sekitar 10 menit. Jika memungkinkan, kamu bisa pula mengobati mata dengan menggunakan uap air hangat yang masih tersisa.

Timun

Timun termasuk dalam golongan sayuran yang disukai oleh mayoritas masyarakat Indonesia. Selain mudah dibudidayakan, timun juga memiliki segudang manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh. Namun siapa sangka bahwa timun juga bisa lho dijadikan sebagai obat sakit mata alami.

Kamu tentu pernah melihat step perawatan kulit wajah dan mata dengan meletakkan irisan timun di atas kelopak mata. Nah, ternyata cara yang sama juga berguna untuk melawan bakteri penyebab iritas mata. Ya, untuk mencegah iritasi mata yang lebih lanjut, kamu bisa meletakkan irisan timun di atas kelopak mata tertutup selama beberapa saat secara rutin.

Mawar

Bukan sembarang bunga, mawar masuk dalam jajaran tanaman favorit para herbalis untuk menyembuhkan berbagai jenis penyakit termasuk sakit mata. Bunga nan cantik dengan tangkai berduri ini memiliki senyawa yang berfungsi melawan iritasi seperti mata merah.

Untuk memanfaatkan mawar sebagai obat alami, kamu bisa menggunakannya dengan cara meletakkan kelopak bunga tersebut ke dalam air hangat. Setelah itu gunakan air rendaman mawar sebagai cairan pembasuh mata agar sensasi gatal dan mata merah lekas mereda. Bagaimana? Sangat simple bukan?

Air Garam

Air garam juga bisa jadi opsi paling sederhana ketika sakit mata menyerang. Pengobatan dengan menggunakan air garam adalah cara yang diandalkan untuk menyingkirkan bakteri penyebab iritasi. Nah, untuk menggunakan air larutan garam sebagai obat sakit mata alami, siapkan satu gelas air dan satu sendok teh garam. Kamu bisa melarutkan garam tersebut dan gunakan sebagai cairan pembasuh mata.

Aloe Vera

Sakit mata yang disebabkan karena sengatan tawon atau serangga bisa membuat mata bengkak. Untuk mengatasi sensasi panas dan gatalnya kamu bisa mengoleskan gel lidah buaya di sekitar kelopak mata yang sakit tersebut dan biarkan senyawa antiinflamasi pada aloe vera bekerja untuk membuat mata menjadi rileks dan lebih dingin.

Demikian informasi mengenai obat sakit mata alami yang bisa kamu coba manfaatkan di rumah. Jangan bingung ketika mengalami gejala mata merah, bengkak, dan gatal. Selama masih tahap awal dan gejalanya masih ringan, kamu bisa memanfaatkan bahan-bahan herbal yang bisa didapatkan dengan mudah di sekitar kamu. Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan dan tangan ketika ingin mengusap mata ya.

"A man may esteem himself happy when that which is his food is also his medicine."

Posting Komentar

Bijaklah dalam berkomentar. Pertanyaan, kritik dan saran dipersilahkan. Komentar dengan spam link akan otomatis terhapus.