Tumbuh Kutil di Badan? Berikut 10 Obat Kutil Paling Ampuh dan Alami yang Bisa Dicoba di Rumah

Kutil adalah salah satu penyakit kulit yang muncul karena disebabkan oleh Human Papillomavirus (HPV). Meskipun seringkali dianggap tidak terlalu berbahaya, namun kutil kerap mengganggu penampilan karena muncul benjolan dan rasa tidak nyaman di kulit. Apalagi jika kutil muncul di bagian kulit yang bisa dilihat secara langsung oleh orang lain, maka bisa menimbulkan rasa minder.

Jika kamu sedang menderita penyakit kulit yang satu ini, jangan sedih dahulu karena kutil bisa dihilangkan secara perlahan melalui pengobatan herbal. Ya, kamu bisa kok memanfaatkan tumbuh-tumbuhan di sekitar rumah dan bahan yang tersedia untuk obat kutil alami. Simak informasi lengkapnya berikut ini.

Kulit Jeruk

Obat Kutil AlamiImage by S. Hermann & F. Richter from Pixabay

Bukan sembarang buah, mulai dari isi hingga kulitnya memang sangat bermanfaat. Di dalam kulit jeruk terdapat kandungan antioksidan alami yang bisa mencegah munculnya penyakit kulit. Meskipun masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut mengenai manfaat kulit jeruk untuk menghilangkan kutil, kulit jeruk masih dipercaya ampuh oleh masyarakat Indonesia.

Kamu hanya perlu mengusapkan bagian dalam kulit jeruk di kutil secara perlahan selama sekitar 5 menit. Lakukan langkah ini secara rutin sampai kutil di kulit agak berubah warna dan menghilang.

Cuka Sari Apel

Cuka sari apel sudah tidak asing keberadaannya di dapur keluarga. Kegunaan cuka apel sangat banyak mulai dari salah satu bahan daily skin care routine hingga menjadi penyedap beberapa resep makanan. Lebih dari itu, ternyata cuka sari apel juga bermanfaat untuk mengobat berbagai masalah kesehatan seperti misalnya kutil lho, Pasalnya, ada kandungan antivirus dan bakteri di dalam cuka sari apel yang bisa membantu mempercepat prose penyembuhan penyakit.

Cara penggunaannya pun cukup mudah, yakni dengan cara melarutkan cuka sari apel ke dalam air saja. Kamu bisa mencampurkan keduanya dengan perbandingan 2 : 1 lalu merendam kapas bersih ke dalamnya. Letakkan rendaman kapas tersebut ke bagian kulit yang terdapat kutil, lalu balut dengan perban selama satu malam.

Bawang Putih

Obat kutil paling ampuh selanjutnya adalah bawang putih. Tak lagi membuat heran, bawang putih adalah salah satu bumbu dapur yang kaya manfaat untuk kesehatan. Bahkan ada beberapa penelitian yang menyebutkan bahwa pengobatan kutil dengan menggunakan bawang putih bisa mencapai tingkat keberhasilan yang besar.

Kamu hanya perlu memotong bawang putih menjadi dua bagian dan menggosokkannya ke kutil yang masih ada selama beberapa saat. Setelahnya bagian potongan bawang putih yang belum digunakan bisa ditempelkan ke kutil dan diamkan selama beberapa saat. Jika melakukannya secara rutin, dijamin kutil akan cepat mengecil dan perlahan hilang karena bawang putih punya senyawa antivirus, antijamur, dan antibakteri.

Lidah Buaya

Lidah buaya masuk dalam jajaran tanaman herbal primadona untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan baik itu penyakit bagian dalam maupun luar. Gel lidah buaya punya kandungan antioksidan tinggi dan vitamin E sehingga banyak dimanfaatkan pula sebagai bahan baku utama skincare.

Karena kutil termasuk masalah kesehatan kulit, maka cara penggunaannya hanya cukup dioleskan saja. Namun jika kamu ingin mengobati masalah kesehatan organ tubuh bagian dalam, gel lidah buaya bisa dikonsumsi secara langsung. Jangan lupa untuk mengoleskan gel lidah buaya secara rutin 3 sampai 4 kali sehari untuk mendapatkan hasil yang optimal.

Tea Tree Oil

Tea tree oil atau essence dari pohon teh merupakan bahan herbal pilihan yang bisa kamu andalkan untuk mengobati kutil secara alami. Di dalamnya terdapat senyawa antibakteri sehingga bisa mengatasi infeksi dan iritasi kulit. Tak hanya itu, kamu juga bisa mengandalkan sifat antivirus yang akan mengusir penyebab kutil.

Untuk menggunakannya sebagai obat kutil alami, kamu bisa mencampurkan tea tree oil bersama dengan minyak almond dengan perbandingan 2 : 12 tetes setiap penggunaan. Oleskan campuran tersebut ke kutil dengan media kapas bersih dan diamkan hingga 10 menit lamanya. Lakukan setidaknya 2x cara ini dalam sehari agar penyebab kutil bisa segera pergi.

Ekstrak Lemon

Obat kutil alami selanjutnya adalah ekstrak lemon. Karena sifat asamnya dan membawa senyawa antivirus, buah lemon sangat laris manis di kalangan herbalis. Jika sudah terbiasa mengonsumsi ekstrak lemon setiap hari, tentu kamu tidak ragu lagi dengan khasiatnya yang optimal.

Namun kali ini untuk mengobati kutil dengan ekstrak lemon, kamu tidak perlu mengonsumsinya apalagi jika tidak menyukai rasa asam. Siapkan satu buah lemon dan peras untuk diambil air sarinya saja. Campurkan air perasan tersebut dengan 1 sendok air matang. Gunakan bola kapas untuk mengoleskan ekstrak lemon ke permukaan kulit yang terdapat kutil secara teratur setidaknya 3 kali dalam sehari.

Kulit Pisang

Bukan hanya kulit jeruk, kulit pisang pun bermanfaat dalam mengusir kutil dari kulit. Oleh sebab itu jangan dibuang dulu kulitnya setelah mengonsumsi pisang karena penelitian menunjukkan bahwa kulit pisang memiliki senyawa enzim untuk menghambat kutil berkembang.

Sama seperti ketika menggunakan kulit jeruk, usapkan saja kulit pisang secara perlahan dan merata ke seluruh permukaan kulit yang mengalami kutil. Jangan lupa diamkan beberapa menit lalu bilas dengan menggunakan air bersih.

Propolis

Tahukah kamu bahwa propolis bisa digunakan sebagai obat kutil alami? Propolis merupakan zat padat yang berwarna agak kuning kecokelatan yang bisa didapatkan dari enzim lebah atau tumbuhan dengan serbuk sari. Banyak yang menjual propolis dengan berbagai merek dagang ternama karena manfaatnya yang kaya.

Membalut dan mengoleskan propolis ke bagian kulit yang terkena kutil bisa membantu menghambat proses pertumbuhan kutil lebih lanjut. Bahkan jika kamu mengoleskannya secara rutin dengan frekuensi yang tetap, kutil akan segera mengecil dan hilang.

Nanas

Kutil bisa dihilangkan dengan jalan membalut virus HPS dengan protein. Nah, dalam hal ini kamu bisa mempercayakannya pada nanas karena buah segar yang satu ini kaya akan kandungan enzim yang bisa melarutkan protein.

Nanas juga mudah ditemukan di sekitar rumah dan dibanderol dengan harga yang murah. Ketika membuat jus nanas, selain meminumnya kamu bisa menyisihkan sedikit larutan jus untuk dioleskan pada bagian kulit yang terdapat kutil.

Minyak Jarak

Sensasi yang ditimbulkan saat kutil muncul diantaranya adalah gatal dan panas. Untuk mengatasinya kamu bisa mengoleskan minyak jarak yang sudah dijamin memiliki sifat antiinflamasi agar menghindari reaksi dan pertumbuhan kutil. Jika tidak menyukai aromanya menempel pada tangan, oleskan saja dengan menggunakan cotton bud dan diamkan selama beberapa saat.

Demikian informais mengenai 10 obat kutil alami yang bisa kamu coba di rumah untuk menghilangkan kutil secara perlahan. Perlu dicatat bahwa menyembuhkan kutil butuh waktu yang tidak sebentar sehingga kamu harus mengaplikasikan obat-obatan secara rutin. Jangan lupa untuk menjaga kebersihan tubuh dan lingkungan agar terhindar dari penyakit kulit yang satu ini ya.