Ginjal Bermasalah? Berikut 10 Bahan Herbal Alami untuk Memperbaiki Fungsi Ginjal

Penyakit ginjal adalah salah satu momok menakutkan yang bisa menyerang siapa saja. Jika kesehatan ginjal sudah terganggu, maka dikhawatirkan fungsinya dalam menyaring limbah dan keseimbangan cairan dalam tubuh tidak bisa berjalan secara optimal. Apalagi ginjal juga memegang peranan penting dalam membentuk sel darah merah.

Oleh sebab itu jangan diabaikan apabila kamu dan orang terdekat mengalami gejala penyakit ginjal seperti nyeri ketika BAK, warna urine tidak normal, hingga lelah berlebih dan kehilangan berat badan secara drastis. Selain menempuh jalur pengobatan medis, kamu juga bisa mencoba beberapa obat ginjal alami dari bahan-bahan herbal berikut ini.

Seledri

Obat Batu Ginjal AlamiImage by Jahir Andres Rodriguez Rodriguez from Pixabay

Obat alami untuk memperbaiki fungsi ginjal yang bisa kamu dapatkan dengan mudah adalah seledri. Tidak hanya menyedapkan masakan saja, seledri juga kaya manfaat yang bisa dikonsumsi untuh untuk menyehatkan tubuh. Bahkan kamu juga bisa mengandalkannya sebagai obat ginjal karena seledri memiliki kandungan antioksidan yang tinggi dan kandungan berupa senyawa pendorong produksi urine.

Seledri bisa digunakan untuk obat batu ginjal dengan cara menjadikannya sebagai jus. Kamu hanya perlu menyiapkan beberapa batang seledri yang telah dicuci bersih dan blender bersama air secukupnya. Jika khawatir enzim pada seledri hilang karena panas di blender, manfaatkanlah beberapa balok es batu sebagai penawarnya.

Jeruk Lemon

Meskipun masih ada orang yang tidak menyukai lemon karena salah kaprah bisa menyebabkan maag, justru lemon pada kenyataannya malah bermanfaat dalam menyehatkan badan. Jika dikonsumsi secara rutin, jeruk lemon akan meningkatkan sistem metabolisme tubuh dan menangkal efek radikal bebas yang kerap memunculkan masalah kesehatan.

Lebih jauh lagi, lemon bisa pula digunakan sebagai food teraphy untuk penyakit maag dan batu ginjal. Lemon bersifat basa ketika masuk ke dalam tubuh dan memiliki sifat peluruh batu ginjal dari sitrat yang bertugas mengikat kalsium. Jika tidak ada stok lemon, kamu juga bisa kok menggunakan jenis jeruk lainnya seperti jeruk nipis dan jeruk manis.

Delima

Siapa nih yang menjadi penggemar buah cantik dengan cita rasa manis ini? Delima memang tidak mudah dibudidayakan namun tetap menjadi primadona bagi yang suka menyantap buah sebagai sarapan. Dengan deretan vitamin dan mineral yang terkandung di dalamnya, tak perlu ragu lagi mengenai khasiatnya bagi tubuh.

Delima bisa jadi salah satu opsi untuk yang menginginkan obat ginjal alami karena dikenal bisa mencegah adanya pengendapan zat asam urat, urea, atau pun kalsium di dalam ginjal yang bisa menyebabkan munculnya batu ginjal. Sebaiknya konsumsi buah delima dengan cara dijus agar lebih segar dan dapat memberikan sugesti untuk kesehatan ginjal yang lebih optimal.

Daun Kumis Kucing

Bagi kamu yang sering berkutat dengan tanaman kumis kucing untuk mengobati diabetes dan asam urat, tentu sudah mengetahui bahwa tanaman herbal yang satu ini juga bermanfaat dalam menyembuhkan penyakit ginjal.

Tumbuhan yang menyerupai kumis hewan kesayangan sejuta umat ini bersifat diuretic sehingga bisa membantu meluruhkan batu ginjal. Untuk mengonsumsinya biasanya daun kumis kucing direbus dengan air secukupnya disertai campuran meniran kering. Air rebusan kedua herba ini bisa dikonsumsi secara rutin setidaknya dua kali sehari setelah makan.

Daun Sukun

Banyak penderita gagal ginjal yang menempuh jalan pengobatan tradisional dengan mengonsumsi air rebusan daun sukun untuk mempercepat proses pemulihan. Pasalnya, di dalam daun sukun ada senyawa flavonoid hingga aseticolin untuk peluruh batu ginjal. Ia juga bisa mencegah munculnya batu ginjal baru karena akan membantu kerja ginjal agar tidak terjadi penumpukan.

Setelah makan, minumlah air rebusan daun sukun yang telah didinginkan. Jangan mengonsumsi olahan herbal ini jika kamu belum makan karena akan memicu naiknya produksi asam lambung ya. Minumlah setidaknya dua kali dalam satu hari di pagi dan malam.

Mahkota Dewa

Obat ginjal alami selanjutnya adalah mahkota dewa. Bukan hanya untuk mengobati gejala penyakit ginjal saja, bahkan mahkota dewa adalah bahan herbal yang kerap digunakan sebagai obat kanker. Mahkota dewa memang menjadi primadona di kalangan herbalis karena membawa senyawa flavonoid, saponin, polifenol, alkoid, dan masih banyak lagi.

Jika ingin menggunakan tumbuhan ini sebagai obat ginjal, kamu bisa merebus 2 buah mahkota dewa yang telah diiris tipis dengan 3 gelas air. Jangan tambahkan pemanis atau herbal lainnya karena air rebusan mahkota dewa ini langsung bisa diminum secara rutin setidaknya 1 kali dalam sehari.

Kulit Manggis

Sudah jadi rahasia umum bahwa ekstrak kulit manggis berkhasiat mengobati banyak penyakit, salah satunya adalah penyakit ginjal. Dilansir dari beberapa penelitian menyebutkan bahwa kulit manggis mempunyai kandungan antioksidan tinggi dengan polyphenol, xanthone, dan flavonoid di dalamnya.

Namun sayangnya buah manggis sulit untuk ditemukan sehingga butuh sedikit effort untuk mencarinya. Jika memungkinkan, saat ini telah banyak tersedia suplemen ekstrak kulit manggis yang langsung bisa dikonsumsi dan lebih praktis. Namun sebaiknya kamu berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu untuk mengetahui efek samping dari penggunaan suplemen tersebut bagi tubuh.

Buah Bit

Batu ginjal bisa muncul dengan serius karena adanya batu struvite atau endapan mineral di dalam ginjal. Hal tersebut bisa muncul dikarenakan sudah sampai tahap ISK yang kronis. Untuk mencegah terjadinya batu struvite, buah bit termasuk dalam tanaman yang membantu tubuh membersihkan ginjal dan mendukung kerjanya secara optimal.

Buah bit berwarna kemerahan seperti buah naga dan sering dimanfaatkan sebagai pewarna alami. Walaupun rasanya tidak manis sebagaimana buah lainnya, namun buah bit membawa antioksidan yang tinggi sehingga meningkatkan kadar asam pada urine. Kalau ingin terbebas dari penyakit batu ginjal, konsumsilah jus buah bit secara rutin tanpa tambahan pemanis apa pun.

Buah Berry

Siapa bilang obat ginjal alami rasanya tidak enak? Hanya dengan buah-buahan saja, kamu bisa mengusir gejala penyakit ginjal dan mendorong kerjanya dalam produksi urine yang sehat. Selain buah jeruk, kelompok buah berry juga bisa dijadikan jalan pengobatan alami karena punya senyawa resveratrol untuk radang yang ada di penderita sakit ginjal.

Daun Keji Beling

Di balik namanya yang unik, daun keji beling termasuk tanaman herbal yang laris manis untuk mengobati berbagai masalah organ dalam dengan kandungan vitamin dan mineralnya. Kamu hanya perlu mengonsumsi segelas air rebusan daun keji beling di pagi dan sore hari untuk membantu proses peluruhan batu ginjal.

Itulah 10 obat ginjal alami yang dipercaya ampuh oleh masyarakat Indonesia dari masa ke masa. Karena penyakit ginjal adalah gangguan kesehatan yang cukup serius, hendaknya konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu ketika ingin memilih jalan pengobatan alternatif dengan bahan-bahan herbal di atas. Semoga tulisan ini bisa dijadikan referensi bagi kamu yang membutuhkannya ya.