Table of Content

10 Bahan Herbal untuk Obat Batuk Alami

Apa saja bahan herbal yang biasa digunakan untuk obat batuk alami? Berikut daftar herbal yang ampuh digunakan sebagai obat batuk alami

Batuk adalah kondisi dimana tenggorokan sedang diserang bakteri atau virus. Batuk juga bisa menjadi gejala penyakit lainnya jika diderita dalam kurun waktu yang lama. Apalagi pada masa pandemi saat ini seseorang menjadi lebih waspada terhadap orang lain yang sedang batuk karena dikhawatirkan akan menularkan penyakit melalui droplet atau air liur.

Oleh sebab itu kamu tidak boleh mengabaikan kondisi tubuh ketika sedang batuk. Terutama ketika batuk berdahak menyerang, bisa-bisa aktivitas sehari-hari bisa tidak nyaman karena tenggorokan yang gatal dan dahak yang mengendap di dalamnya. Tenang, pada tulisan ini kami akan menginformasikan kepada kamu mengenai obat batuk berdahak alami yang bisa kamu coba di rumah.

Bawang Putih

Obat BatukImage by PublicDomainPictures from Pixabay

Memasak tentu tidak lengkap tanpa bumbu bawang putih. Lebih dari sekedar bumbu dapur, bawang putih menyimpan sejuta manfaat yang kerap diandalkan untuk mengobati berbagai penyakit termasuk batuk bedahak. Antibakteri dan antivirus yang ada pada bawang putih akan membantu meredakan batuk yang mengganggu terutama saat malam hari.

Jika ingin menggunakan bawang putih sebagai obat batuk alami, kamu cukup mengonsumsinya saja 1 hingga 2 siung bawang putih mentah. Dengan dikunyah manual menggunakan gigi dan ditelan, jalur penapasan akan kembali lega karena ia membantu mengencerkan dahak di tenggorokan.

Kencur

Siapa nih yang suka dengan bening sayur dibumbui kencur? Aroma kencur sangat menggoda sehingga bisa membuat makan semakin lahap. Selain itu, kencur juga memiliki sifat antibakteri yang membantu proses penyembuhan lho. Masyarakat Indonesia juga memanfaatkan kencur sebagai obat batuk berdahak alami yang mudah dikonsumsi dan dicari karena biasanya kencur akan tersedia di dapur.

Cara mengolah kencur sebagai obat batuk alami adalah dengan cara diparut dan diambil sarinya. Kamu bisa mencampurkan sari kencur tersebut ke dalam segelas air hangat lalu bubuhkan sedikit garam. Konsumsi secara teratur agar batuk berdahak segera reda ya.

Jahe

Tak diragukan lagi, jahe adalah salah satu herbal yang laris manis dan menjadi primadona untuk menyehatkan tubuh. Bahkan jahe juga bisa membuatmu terhindar dari serangan penyakit karena tumbuhan ini membawa kandungan antibiotik alami untuk tubuh.

Artinya, jahe juga bisa dimanfaatkan sebagai obat alami batuk berdahak. Sensasi hangat dari jahe akan membantu merelaksasi otot di tenggorokan sehingga dahak akan mudah encer. Kamu bisa membuat wedang jahe untuk dikonsumsi secara rutin ketika batuk berdahak menyerang. Bila perlu jangan menambahkan bahan apa pun karena wedang jahe murni tanpa pemanis adalah olahan herbal yang tepat.

Air Hangat

Selama penyakit yang diderita tidak berhubungan dengan kadar air berlebih di dalam tubuh, maka minum air yang cukup adalah solusi utama. Tubuh kita memerlukan energi yang juga didapatkan dari hidrasi. Jika tubuh menjadi dehidrasi, maka segala penyakit akan dengan mudah hinggap.

Nah, ketika kamu sedang batuk berdahak, sangat disarankan untuk meminum air hangat. Sesuatu yang hangat akan membantu encernya dahak sehingga tenggorokanmu tidak lagi gatal atau pun sakit. Oleh sebab itu jangan malas untuk minum air ya.

Buah Mengkudu

Sudah pernah melihat buah mengkudu atau belum? Jika tinggal di daerah pedesaan atau daerah subur tentu saja tidak asing lagi dengan tumbuhan yang satu ini. Masyarakat Indonesia memanfaatkan daun dan buah mengkudu sebagai jalan pengobatan tradisional untuk menguatkan tulang, mengobati diuretic, cacingan, pencahar, dan bahkan digunakan sebagai obat batuk berdahak.

Meskipun aroma dari buah mengkudu agak tidak sedap, ingatlah bahwa buah mengkudu punya tawaran khasiat yang menyehatkan. Pengobatan alami batuk berdahak dengan menggunakan buah mengkudu biasanya dilakukan dengan cara mengonsumsi jus buah mengkudu secara rutin.

Madu

Jangan pusing-pusing memikirkan obat batuk berdahak yang menyerang saat malam hari. Kamu bisa memanfaatkan stok madu yang ada di rumah untuk meredakannya. Madu memang kaya kandungan antioksidan sehingga tidak ada ruginya mengonsumsi madu secara rutin untuk kebugaran tubuh.

Minumlah madu dua sendok perhari atau ketika batuk berdahakmu sedang kambuh. Jika ingin cara yang lebih ampuh, kamu bisa mencampurkan beberapa sendok madu ke dalam segelas kecil air hangat agar tenggorokan segera lega.

Wortel

Wortel sudah dikenal sebagai sayuran yang memiliki kandungan vitamin A yang tinggi. Oleh sebab itu banyak yang memanfaatkan wortel sebagai jalan untuk menjaga kesehatan mata dengan mengonsumsinya secara rutin.

Tahukah kamu bahwa wortel juga bermanfaat sebagai obat batuk alami? Vitamin yang kaya dan nutrisi penuh dari wortel akan memberikan tubuh asupan gizi yang cukup untuk menangkal bakteri dan virus. Batuk berdahak juga bisa diredakan ketika kamu rajin mengonsumsi jus wortel di siang hari lho. Jangan menambahkan gula atau pemanis apa pun pada jus wortel ya agar nutrisinya tetap utuh.

Garam

Cara simple yang satu ini akan menjadi penolong di saat genting. Batuk berdahak yang sangat mengganggu ketika beraktivitas atau yang datang di malam hari bisa kamu redakan secara perlahan dengan menggunakan garam.

Tentunya bukan dengan cara mengunyah garam atau mengonsumsi makanan yang tinggi kandungan garam ya. Cukup sediakan 2 sendok garam dan segelas air hangat untuk melarutkannya. Gunakan cairan larutan garam ini untuk kumur-kumur di pangkal tenggorokan agar dahak bisa lekas mengencer.

Belimbing Wuluh

Obat batuk berdahak alami selanjutnya yang bisa kamu temukan di sekitar rumah adalah belimbing wuluh. Alih-alih memiliki rasa yang manis, belimbing wuluh justru punya rasa yang asam sehingga kerap dijadikan sebagai bahan bumbu masakan seperti asam padeh atau pindang. Menariknya lagi, belimbing wuluh punya senyawa yang bersifat antiradang.

Itulah yang menyebabkan belimbing wuluh dimanfaatkan sebagai obat batuk berdahak alami karena akan membantu mengobati radang pada tenggorokan yang menyebabkan gatal dan sakit. Jika kamu bisa mentoleransi rasa asamnya, konsumsilah belimbing wuluh yang telah dicuci bersih secara rutin agar batuk berdahak segera sembuh.

Nanas

Masih dari bahan alami yang punya cita rasa asam, kali ini kamu bisa memanfaatkan nanas sebagai obat batuk berdahak alami yang ampuh. Pasalnya, nanas juga membawa senyawa antiradang dari enzim bromelain yang berfungsi melawan bakteri dan virus penyebab radang tenggorokan.

Apalagi saat ini nanas dibanderol dengan harga murah sehingga kamu bisa mendapatkan obat batuk berdahak alami tanpa membuat kantong jebol. Jika khawatir akan menyebabkan sensasi gatal, kupaslah nanas secara bersih lalu taburkan dengan sedikit garam sehingga kamu bisa mengonsumsinya tanpa risau.

Demikian informasi mengenai 10 obat batuk berdahak alami untuk meredakan gejala batuk yang sangat mengganggu saat beraktivitas. Selain mengobatinya, jangan lupa beri waktu yang cukup bagi tubuh untuk beristirahat dengan nyaman. Jika mendapatkan nutrisi dan istirahat cukup, maka kamu akan senantiasa sehat dan jauh dari penyakit menular.

Posting Komentar

Bijaklah dalam berkomentar. Pertanyaan, kritik dan saran dipersilahkan. Komentar dengan spam link akan otomatis terhapus.