Table of Content

10 Manfaat Jahe untuk Kesehatan

Apa saja khasiat jahe merah? Berikut 10 manfaat jahe merah untuk kesehatan

Perbedaan mendasar jahe merah dari jahe lainnya tentu saja dilihat dari warnanya. Biasanya jahe merah yang sering digunakan sebagai jamu adalah jahe merah yang telah berumur tua. Di Indonesia sendiri, harga jahe merah sempat sangat mahal dikala pandemi baru saja datang. Namun jangan khawatir karena saat ini harga jahe merah sudah kembali normal.

Manfaat Jahe MerahImage by Brett Hondow from Pixabay

Dari segi tekstur dan serat, jahe merah lebih kasar dan padat serta memiliki aroma dan rasa yang lebih tajam dibandingkan jahe putih. Maka tak heran jika jahe merah menjadi primadona bahan herbal untuk mencegah dan mengobati berbagai penyakit. Apa saja sebenarnya manfaat jahe merah bagi kesehatan? Simak informasinya berikut ini.

Mencegah dan Mengobati Sakit Kepala

Manfaat jahe merah bagi kesehatan yang pertama adalah mencegah dan mengobati sakit kepala. Rasanya sakit kepala bisa dengan mudah menyerang siapa saja. Namun penelitian menunjukkan bahwa meminum teh jahe merah secara rutin bisa menangkal datangnya sakit kepala terutama migrain. Efektivitas dari jahe merah dalam menangani migrain juga cukup cepat lho.

Studi literatur mengatakan bahwa jahe merah bisa mengatasi migrain dengan cepat hanya dalam waktu dua jam saja tanpa efek samping apa pun. Saat mengonsumsi teh jahe merah, maka otot dan saraf akan rileks sehingga bisa mengurangi ketegangan pada area kepala.

Menurunkan Kadar Kolesterol

Pada umumnya, kita pasti mengenal adanya kolesterol baik dan kolesterol jahat di dalam tubuh. Jika kolesterol jahat kadarnya lebih dominan, maka akan terjadi berbagai gejala penyakit yang membahayakan mulai dari kardiovaskular hingga jantung koroner. Nah, tentu saja hal ini harus segera di atasi dan dicegah sedini mungkin. Salah satu caranya adalah memanfaatkan jahe merah. Telah banyak penelitian yang membuktikan bahwa mengonsumsi jahe merah secara rutin bisa membantu menghancurkan lemak jahat sehingga kadar kolesterol pun bisa dikendalikan.

Mencegah Penyakit Jantung

Sejalan dengan manfaat di atas, jahe merah bisa diandalkan untuk mencegah adanya kadar trigliserida dan kolesterol yang memicu munculnya penyakit jantung. Meminum air rebusan jahe merah di setiap pagi disinyalir bisa menjadi penolong untuk terhindar dari penyakit mematikan ini lho. Namun tentu saja harus tetap diimbangi dengan pola makan dan pola hidup yang sehat seperti olahraga, menghindari makananan dengan kadar karbohidrat kompleks, dan lemak yang tinggi. Mengonsumsi jahe merah sangat disarankan sebagai upaya menyehatkan diri dari penyakit jantung.

Memperkuat Sistem Imunitas

Nah, kalau manfaat yang satu ini adalah penyebab langkanya jahe merah beberapa waktu yang lalu. Pasalnya, jahe merah memang kaya kandungan seperti antivirus, antiinlamasi, antimikroba, hingga antioksidan yang tinggi. Maka tak heran banyak orang yang saling berlomba mendapatkan jahe merah untuk memperkuat sistem imunitas di kala pandemi Covid-19. Mengonsumsi air rebusan jahe atau olahan jahe merah bisa membantu tubuh untuk memerangi peradangan dan penyakit menular. Kamu sudah mengonsumsi jahe merah atau belum nih hari ini?

Meredakan Gejala Asma

Penelitian yang dipublikasikan dalam American Journal of Respiratory Cell and Molecular Biology menunjukkan bahwa tumbuhan rimpang ini bisa membantu mengurangi inflamasi yang terjadi pada asma akut dengan jalan membantu relaksasi otot sistem pernapasan. Penderita asma memang kerap menggunakan jahe sebagai food therapy yang mudah dan murah namun sangat manjur. Reaksi alergi yang terjadi bisa segera diredakan dengan olahan jahe merah. Namun pastikan kamu tidak mengonsumsinya secara berlebihan ya.

Mencegah Radang Usus

Siapa sangka dengan rasa pedas yang tajam di jahe merah, ternyata ia memiliki khasiat yang sangat mengejutkan dan dicari oleh mayoritas orang. Tak heran karena jahe merah memiliki senyawa fenolik yang berperan besar dalam menyumbang antioksidan dan antiinflamasi bagi tubuh.

Tak ada salahnya mengonsumsi jahe merah secara rutin karena antiinflamasinya bisa membantu mencegah radang usus yang bisa menyebabkan kondisi serius jika tidak segera ditangani. Daripada mengonsumsi obat-obatan kimia secara terus menerus, lebih baik segera beralih ke alternatif herbal seperti jahe merah dalam mengobati sekaligus mencegah penyakit kronis seperti radang usus.

Meredakan Gejala Maag

Tahukah kamu bahwa jahe merah juga bermanfaat untuk meredakan gejala maag? Selain kunyit, tentu saja jahe merah juga sangat disarankan oleh para herbalis sebagai salah satu obat alami penyakit maag. Rimpang jahe merah banyak dicari untuk dijadikan jamu atau air rebusan tanpa campuran apapun saat gejala maag seperti mual dan nyeri datang.

Selain antioksidan yang tinggi, kontraksi lambung yang menyebabkan mual saat maag juga bisa diredakan dengan senyawa fenolik pada jahe merah. Karena refluks asam lambung akan semakin parah apabila tidak segera ditangani, jangan malas untuk mengonsumsi jahe merah ya.

Membantu Detoks Saat Diet

Manfaat jahe merah bagi kesehatan yang selanjutnya adalah membantu tubuh untuk mendetoks. Saat beraktivitas sehari-hari, saat ini banyak orang lebih memilih untuk makan makanan cepat saji atau makanan kurang sehat dan ideal yang memenuhi nilai gizi. Hal ini akan berdampak pada bertumpuknya lemak yang berujung dengan obesitas.

Nah, jika kamu telah melihat tanda-tanda tubuhmu mengalaminya maka jangan ragu untuk minum air rebusan jahe merah karena akan menambahkan efek termal pada tubuh. Mengonsumsi jahe merah juga akan membuat metabolism tubuh menjadi lancar sehingga detoks pun akan maksimal. Namun tetap pertahankan pola hidup sehat setelahnya ya.

Mengobati Asam Urat dan Rematik

Rimpang jahe merah tidak hanya hangat dan berkhasiat saat diminum, namun juga bisa dimanfaatkan sebagai obat luar lho. salah satunya adalah dengan cara memanfaatkan jahe merah sebagai kompres untuk meredakan nyeri pada penderita asam urat. Memang selama ini diketahui bahwa jahe merah tidak pernah diolah dengan cara yang ribet atau sulit. Jika ingin meredakan peradangan dan melancarkan sirkulasi darah, kamu juga bisa mengonsumsi air rebusannya saja secara rutin.

Jahe merah juga diketahui memiliki efek farmakologis yang antirematik karena kandungan minyak asiri yang terdapat di dalamnya. Jadi tak perlu bingung saat asam urat dan rematik menyerang orang terdekat atau bahkan diri sendiri. Segera buat seduhan hangat jahe merah dan minum secara rutin agar gejalanya tidak semakin berat.

Melegakan Tenggorokan

Nah, kalau manfaat yang satu ini memang tidak asing lagi karena secara umum sensasi hangat dari air jahe dikenal manjur meredakan radang tenggorokan sehingga tenggorokan terasa lega. Biasanya saat terjadi radang tenggorokan, ada sejumlah bakteri seperti Streptococcus mutans, Enterococcus faecalis, dan Candida albicans yang menginfeksi oral. Namun tenang saja karena penelitian menunjukkan bahwa ekstrak jahe bisa membasminya secara cepat.

Itulah manfaat jahe merah bagi kesehatan yang memang sangat berjasa untuk menjaga kondisi tubuh tetap bugar. Sebaiknya jahe merah dikonsumsi tanpa pemanis apapun agar manfaatnya bisa didapat secara optimal. Semoga informasi di atas bisa menambah pengetahuan kamu ya.

"A man may esteem himself happy when that which is his food is also his medicine."

Posting Komentar

Bijaklah dalam berkomentar. Pertanyaan, kritik dan saran dipersilahkan. Komentar dengan spam link akan otomatis terhapus.