Table of Content

10 Bahan Herbal untuk Obat Kolesterol Alami

Bagaimana cara turunkan kolesterol secara alami? Berikut obat kolesterol alami yang dipercaya sebagai obat penurun kolesterol alami

Setiap orang pasti memiliki kolesterol dalam dirinya namun dengan kadar yang berbeda. Tubuh akan bereaksi ketika kadar kolesterol terlalu tinggi karena bisa menyebabkan terhambatnya aliran darah dan metabolism yang terganggu. Oleh sebab itu sangat penting untuk menjaga agar kadar kolesterol tidak terlalu tinggi.

Mengobati kolesterol memang tidak mudah karena cenderung memakan waktu yang lama serta biaya yang tidak sedikit pula. Mulai dari cara berupa pengobatan medis hingga obat-obatan alami, tidak ada salahnya untuk mencoba demi kesehatan. Berikut ini akan kami sajikan informasi mengenai cara alami menurunkan kolesterol dengan bahan-bahan herbal yang bisa kamu coba di rumah. Tenang saja karena secara keseluruhan obat kolesterol alami ini tidak akan menguras dompet.

Buah Beri

Obat Kolesterol AlamiImage by PublicDomainPictures from Pixabay

Sekarang penderita kolesterol tinggi tidak perlu khawatir lagi memikirkan cara untuk menurunkan kolesterol karena ternyata buah beri bisa dimanfaatkan secara maksimal. Dengan mengonsumsi buah beri (blueberry, strawberry, dan cranberry) secara rutin, kandungan pektin dan serat larutnya akan membantu usus halus mengikat kolesterol.

Penelitian yang dipublikasikan pada situs The American Journal of Nutrition menunjukkan hasil penelitian bahwa dua posi buah beri yang dikonsumsi setiap hari bisa meningkatkan kadar kolesterol baik untuk menekan kolesterol jahat. Artinya bukan hanya enak dikonsumsi, buah beri juga sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Ekstrak Kulit Manggis

Masih ingat dengan lirik lagu iklan yang sempat fenomenal beberapa tahun lalu? Ya, kulit manggis kini ada ekstraknya. Bukan sembarang lirik, ternyata makna dari lirik tersebut memang terbukti secara ilmiah. Kulit manggis kaya akan kandungan xanthone atau anti oksidan tinggi yang baik untuk kesehatan. Karena kandungan inilah kulit manggis bisa memberikan efektivitas yang baik apabila dikonsumsi secara rutin dengan dosis yang tepat pula.

Serat pada kulit manggis bisa berperang melawan LDL atau kolesterol jahat di dalam tubuh sehingga tidak terjadi penyumbatan pada pembuluh darah. Makanya tidak heran penderita gejala stroke dan penyakit jantung memanfaatkan ekstrak kulit manggis untuk diminum sebagai suplemen agar mempercepat proses penyembuhan.

Brokoli

Sayuran nikmat dan segar dengan warna hijau pekat ini memang kaya manfaat. Jenis sayuran seperti kembang kol dan brokoli memiliki kandungan antioksidan yang tinggi untuk menjaga imunitas tubuh dari sel-sel jahat yang besifat karsinogen. Selain itu, brokoli juga bisa diandalkan untuk membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

Brokoli memiliki kandungan serat tinggi yang bisa mengikat kolesterol dengan asam empedu di dalam sistem pencernaan tubuh. Dari hasil penelitian yang dilakukan, brokoli pun disinyalir memiliki efektivitas sebesar 6% dalam menurunkan kolesterol jahat. Kamu sendiri suka mengolah brokoli menjadi sayur atau jus nih?

Ikan Kaya Kandungan Omega-3

Asam lemak omega-3 merupakan salah satu kandungan nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh karena turut menjaga kesehatan jantung. Kandungan utama DHA dan EPA di dalamnya akan berperan penting dalam menyingkirkan trigliserida dan LDL atau kolesterol jahat yang bisa memperparah kondisi penyakit jantung.

Dalam terapi menurunkan kolesterol tinggi, pada umumnya penderita akan disarankan untuk mengonsumsi ikan yang kaya akan kandungan omega-3 seperti ikan salmon, tuna, dan makarel. Meskipun ada sumplemen minyak ikan atau suplemen lain dengan kandungan omega-3, namun mengonsumsi ikan bisa menjadi cara yang menyenangkan untuk menyehatkan badan.

Alpukat

Siapa sih yang tidak suka alpukat? Rasanya yang enak sangat cocok untuk diolah menjadi cemilan sehat seperti salad dan olahan lainnya. Selain kaya akan kandungan vitamin, alpukat juga memiliki lemak yang tinggi. Namun khawatir karena lemak pada alpukat tidak akan memperburuk keadaan kolesterol tinggi di tubuh kamu.

Lemak yang terkandung di dalam alpukat adalah jenis lemak tak jenuh tunggal dan ganda yang bermanfaat untuk membantu penyerapan nutrisi. Lemak inilah yang sekaligus berguna untuk kesehatan jantung karena bersedia menurunkan kadar kolesterol jahat agar proses penyerapan nutrisi makanan pada tubuh berjalan dengan lancar.

Jeruk Nipis dan Lemon

Sulit untuk disangkal bahwa jeruk nipis dan lemon adalah duo kombo yang segar dan berkhasiat bagi kesehatan tubuh. Meskipun rasanya sangat asam, jeruk nipis dan lemon bersifat basa saat masuk ke dalam tubuh. Keduanya sering dimanfaatkan untuk pengobatan alami dengan cara diminum bersama air hangat atau sebagai infused water.

Jika rutin mengonsumsi jeruk nipin dan lemon, kandungan flavonoid di dalamnya akan mengalahkan kolesterol jahat yang tinggi di dalam tubuh. Hal ini penting untuk diketahui karena jika kadar LDL tubuh sudah tinggi, maka resiko terkena penyakit jantung, stroke, dan penyakit lain yang disebabkan karena penyumbatan pembuluh darah akan sangat rentan bagi tubuh.

Buah Apel

Buah merona yang satu ini ternyata disebut-sebut sebagai salah satu buah terbaik yang bermanfaat untuk menurunkan kolesterol. Cukup mengonsumsinya secara rutin, maka tubuh kamu akan semakin sehat dan segar. Hal ini sudah terbukti dari penelitian yang dipublikasikan pada American Journal of Clinical Nutrition bahwa orang yang rutin mengonsumsi dua buah apel setiap hari memiliki daya tahan tubuh yang lebih kuat dari penyakit jantung.

Apel memiliki kandungan pektin yang termasuk dalam serta larut air sehingga bisa membantu menyerap kadar kolesterol tinggi beserta lemak jahat dalam sistem pencernaan tubuh. Yuk, konsumsi buah apel secara rutin agar senantiasa bugar.

Kacang Almond

Untuk cemilan sore kacang almond memang pilihan yang tepat dan sehat. Olahan kacang almond pun kerap menjadi menu yang laris manis di kafe masa kini karena rasanya yang enak dan manfaatnya bagi kesehatan. Namun tahukah kamu kacang almond bahkan bisa digunakan sebagai salah satu opsi obat alami kolesterol?

Sejumlah ahli gizi memang menyarankan biji-bijian atau kacang untuk mengontrol kadar kolesterol dalam darah. Serat pada kacang almond sendiri dikenal bisa menurunkan kolesterol jahat (LDL) dengan tetap menjaga agar kolesterol baik dalam tubuh tidak hilang.

Buah Anggur

Buah anggur masih menjadi primadona hingga kini karena rasanya yang manis dan segar. Kandungan antioksidan tinggi pada anggur turut menyumbangkan perannya dalam mengobati kolesterol secara alami bagi penderita penyakit jantung dan stroke yang disebabkan karena kolesterol jahat di dalam darah.

Daun Jambu Biji

Bukan hanya buahnya saja yang enak dan menyehatkan, daun jambu biji juga sangat diandalkan dalam dunia herbalis. Cukup merebus beberapa helai daun jambu biji dengan air secukupnya hingga mendidih, air hasil rebusan ini diyakini bisa membantu menghempaskan kolesterol jahat karena kaya akan kandungan pektin dan tannin.

Itulah 10 obat alami kolesterol tinggi yang kerap menjadi solusi dikala sudah lelah dengan pengobatan kimiawi. Bahan alami di atas sangat aman dikonsumsi dan mudah didapatkan sehingga bisa dicoba untuk mengurangi kadar trigliserida yang menyumbat pembuluh darah.

Posting Komentar

Bijaklah dalam berkomentar. Pertanyaan, kritik dan saran dipersilahkan. Komentar dengan spam link akan otomatis terhapus.