Table of Content

10 Bahan Herbal untuk Obat Gatal Alami

Apa saja bahan herbal yang bisa digunakan sebagai obat gatal kulit yang alami? Berikut obat gatal alami yang bisa kalian coba sendiri di rumah

Gatal pada kulit adalah masalah kesehatan yang tidak menyenangkan untuk dialami apalagi jika sedang sibuk beraktivitas. Penyebab munculnya gatal bisa dari berbagai macam faktor seperti digigit serangga, gatal karena alergi makanan tertentu, hingga gatal karena kuman dan bakteri yang menempel di kulit. Jangan terburu panik ketika mengalami gatal di kulit karena ada beberapa alternatif pengobatan yang bisa dilakukan di rumah sebelum memeriksakan diri ke dokter terdekat ketika terjadi gejala yang lebih parah.

Nah, tulisan ini juga akan memberikan informasi kepada kamu mengenai obat gatal alami yang bahan-bahannya bisa dengan mudah kamu dapatkan di sekitar lingkungan rumah. Yuk, simak infonya lebih lanjut berikut ini.

Oatmeal

Obat Gatal AlamiImage by xiaoji sun from Pixabay

Masih ada oatmeal sisa sarapan tadi pagi? Nah, bahan tersebut juga bisa kok menjadi obat gatal alami yang paling mudah kamu dapatkan di dapur. Rasa gatal pada kulit kadang kala dipacu oleh kondisi kulit yang kering dan kurang ternutrisi. Oleh sebab itu kamu setidaknya harus memperhatikan kelembaban kulit terlebih di musim pancaroba.

Untuk menggunakan oatmeal sebagai obat alami mengatasi gatal, kamu harus menyiapkan beberapa sendok oatmeal yang telah dihaluskan dengan air lalu gunakan sebagai masker dan diamkan sejenak hingga agak mengering. Saat membilasnya, pastikan untuk menggosok kulit secara perlahan agar sensasi gatal pada kulit bisa berkurang.

Minyak Kelapa dan Daun Biduri

Minyak kelapa murni merupakan kategori minyak yang menyehatkan dengan kandungan lemak tak jenuh dan segudang nutrisi untuk membuat tubuh tetap bugar. Sedangkan daun biduri sudah dikenal dari satu generasi ke generasi lain sebagai tanaman herbal kaya manfaat karena memiliki kandungan saponin, polifenol, flavonoida, dan kandungan alami lainnya yang berfungsi sebagai antibakteri.

Keduanya bisa dipadukan untuk mengobati gatal-gatal di kulit yang disebabkan oleh gejala penyakit tertentu seperti kudis, campak, hingga bisul. Kamu bisa menempelkan daun biduri yang telah dipanaskan dan diolesi minyak kelapa pada area kulit yang gatal selama beberapa saat. Jika rutin mengaplikasikannya, maka dijamin gatal di kulit akan lekas menghilang.

Lidah Buaya

Kulit sedang iritasi kemerahan disertai gatal-gatal? Tenang, lidah buaya bisa membantu meredakannya sebelum terjadi iritasi yang lebih parah lagi. Tanaman herbal yang satu ini memang tidak perlu diragukan lagi khasiatnya dalam mengatasi berbagai penyakit baik itu penyakit di luar maupun penyakit di dalam tubuh seperti iritasi tukak lambung.

Namun perlu diingat sebelum menggunakan lidah buaya pastikan kamu sudah mencucinya dengan bersih dan mengupas kulit bagian luar untuk diambil gel-nya saja. Gel inilah yang bermanfaat sebagai antiinflamasi bagi kulit dan mempercepat proses penyembuhan ketika terjadi luka hingga rasa gatal yang panas pada kulit.

Kompres Dingin

Jangan sedih bila bahan di dapur sedang kosong karena kamu masih bisa memanfaatkan air dingin atau es batu untuk mengatasi gatal pada kulit. Radang dan iritasi memang bisa diatasi dengan menggunakan kompres dingin untuk menghambat sejenak arteri dan mengirimkan sinyal respon gatal untuk berkurang sehingga sensasi gatal yang kamu rasakan akan lambat laun berkurang.

Meskipun cara ini adalah cara paling mudah dan bisa digunakan kapan saja, pastikan kompres yang kamu gunakan tidak terlalu dingin. Bila perlu gunakan kain atau handuk berlapis untuk mengurangi dingin yang sangat ‘mengejutkan’ kulit.

Cuka Apel

Bukan hanya untuk menyedapkan masakan dan kadang digunakan sebagai kompres jerawat di wajah, ternyata cuka apel juga bermanfaat untuk menghilangkan rasa gatal di kulit lho. Pasalnya, kandungan asam yang ada di cuka apel bisa menenangkan kulit dengan catatan tidak ada luka atau iritasi yang parah. Jika gatal kulit yang kamu rasakan masih di tahap ringan, kamu bisa mencoba cuka apel sebagai obat alaminya.

Cukup sediakan beberapa sendok cuka apel beserta air bersih lalu kompres ke bagian yang gatal dengan sedikit ditekan. Jika tidak ingin ribet, kamu juga bisa menggunakan cuka apel sebagai larutan campuran di bak mandi.

Daun Salam

Nah, kalau obat alami gatal yang satu ini sih biasanya banyak ditanam di pekarangan rumah karena sering digunakan sebagai penyedap tambahan untuk memasak gulai dan masakan berat lainnya. Namun daun salam juga dimanfaatkan sebagai bahan pengobatan alami berbagai jenis penyakit termasuk penyakit gatal.

Usut punya usut, daun salam bisa mengobati gatal di kulit karena kaya akan kandungan antibakteri yang meliputi tannin, minyak esensial, alkaloid, dan senyawa lainnya yang akan membantu meredakan gejala iritasi gatal akibat digigit serangga.

Daun Mint

Obat gatal alami selanjutnya adalah daun mint. Kamu pasti sering melihat berbagai produk farmasi yang menggunakan daun mint sebagai bahan dasar komposisinya. Daun mint memang mempunyai sifat antiinflamasi yang tinggi mengingat kandungan menthol yang ada di dalamnya sehingga bisa meredakan nyeri.

Untuk menggunakan daun mint sebagai obat gatal alami, kamu perlu menyiapkan beberapa helai daun mint dan mencampurkannya pada segelas air mendidih untuk dijadikan olesan pada kulit yang gatal. Setelah itu diamkan beberapa saat dan jangan lupa dibilas ya.

Tea Tree Oil

Tea tree oil juga sering ditemukan dalam pouch skin care perempuan karena keampuhannya dalam mengatasi jerawat atau masalah pada kulit wajah. Namun lebih dari itu, tea tree oil juga bisa kok dimanfaatkan sebagai pereda dikala kulit terasa gatal saat terjadi iritasi. Kamu tidak perlu khawatir dengan efek sampingnya karena bahan herbal ini sudah digunakan sejak dahulu untuk mengatasi masalah kesehatan terutama pada bagian luar tubuh.

Nah, setelah mencuci bagian kulit yang gatal hingga bersih, kamu bisa mencelupkan kapas atau cotton bud ke tea tree oil lalu oleskan secara perlahan ke kulit yang gatal. Sebaiknya gunakan secara rutin agar kulit yang sedang iritasi lekas membaik.

Daun Kemangi

Tidak hanya enak untuk lalapan, daun kemangi juga bisa digunakan sebagai obat luar yang mengandalkan kandungan thymol dan kapur barus alami sebagai senyawa anti-gatal dan alergi kulit. Ketika daun kemangi yang telah dihancurkan dioleskan pada bagian yang gatal, maka ia selanjutnya bisa menekan pusat rasa gatal dan menenangkan kulitmu.

Kunyit

Ada yang suka minum jamu kunyit? Tanaman dengan warna kuning ini sukses menjadi bahan herbal kecintaan masyarakat seluruh dunia karena bersifat antibakeri dan antiinflamasi. Caranya kamu bisa membuat masker dari kunyit yang telah dihaluskan atau bubuk kunyit dan oleskan pada kulit dengan frekuensi yang sama setiap hari.

Itulah 10 obat gatal alami yang bisa dengan mudah kamu temukan di rumah. Tidak perlu repot apalagi kelabakan, manfaatkan saja bahan-bahan yang tersedia dengan takaran yang tepat. Jangan lupa untuk menjaga kebersihan lingkungan rumah dan memakai pakaian yang nyaman agar kondisi kulit lekas membaik ya.

Posting Komentar

Bijaklah dalam berkomentar. Pertanyaan, kritik dan saran dipersilahkan. Komentar dengan spam link akan otomatis terhapus.