Table of Content

10 Bahan Herbal untuk Obat Biduran Alami

Apa saja bahan herbal yang bisa digunakan sebagai obat alami biduran? Berikut obat biduran alami yang bisa kalian coba sendiri di rumah

Biduran atau urtikaria adalah kondisi ruam bilur kemerahan yang disertai gatal pada kulit. Biasanya biduran muncul bersamaan dengan cuaca dingin dan semakin parah apabila penderitanya tidak mengenakan pakaian yang tepat. Jika kamu mengalami biduran, untuk mengatasi hal tersebut maka hendaklah gunakan pakaian yang nyaman dan menyerap keringat serta konsumsi obat-obatan yang bisa meredakan reaksi biduran.

Jika ruam biduran terjadi pada satu area kulit saja mungkin kamu masih bisa tenang menjalani aktivitas sehari-hari. Namun bagaimana jika ruam semakin melebar dan tidak hanya pada satu area kulit saja? Jangan panik karena tulisan ini akan menyajikan informasi mengenai obat biduran alami yang dengan mudah bisa ditemukan di sekitar rumah. Mari simak list informasinya di bawah ini.

Jahe

Obat Biduran AlamiImage by siala from Pixabay

Jahe adalah herbal pilihan yang paling laris dalam mengobati berbagai masalah kesehatan. Diketahui bahwa peradangan atau ruam biduran terjadi karena produksi histamin terjadi di dalam lapisan aliran darah sehingga menyebabkan sensitivitas tubuh meningkat.

Nah, untuk mengatasi hal tersebut jahe datang memberikan pertolongan berupa antihistamin alami agar reaksi peradangan akan segera berhenti. Kamu bisa menggunakan jahe sebagai obat biduran alami dengan cara membuat ramuan wedang tanpa campuran atau pemanis apapun. Jika dikonsumsi secara rutin, maka jahe bisa mempercepat proses penyembuhan biduran.

Air Kelapa hijau

Pada dasarnya air kelapa memiliki segudang manfaat yang sering diandalkan sebagai pengobatan herbal. Dari masa ke masa mengonsumsi air kelapa di saat sakit adalah langkah jitu untuk membuat zat toxic di dalam tubuh dan mengembalikan kebugaran tubuh. Begitu pula saat terkena biduran yang disebabkan karena alergi, maka air kelapa hijau bisa kamu konsumsi untuk menstabilkan nutrisi dan membuang zat berbahaya dari makanan yang kamu konsumsi sebelumnya.

Meskipun air kelapa muda biasa juga bisa digunakan sebagai obat alami, namun pada umumnya air kelapa hijau lebih dipilih karena memiliki kandungan tannin dan antidotum yang tinggi disertai enzim penyeimbang lain sehingga lebih efektif dalam mengatasi gejala-gejala penyakit.

Temulawak

Obat biduran alami yang kedua adalah temulawak. Tanaman herbal yang masih satu keluarga dengan kunyit ini memang menjadi langganan bagi herbalis terutama yang menyukai metode food therapy. Temulawak berwarna kuning pudar dan berukuran lebih besar dari kunyit.

Untuk mengobati biduran dan ruam kulit lain yang disebabkan karena penyakit organ dalam, temulawak bisa dikombinasikan dengan tanaman herba lain dan diolah ke dalam bentuk teh herbal untuk dikonsumsi secara rutin.

Daun Jombang

Tanaman jombang adalah salah satu tanaman herbal dengan bunga kekuningan yang memikat mata. Tanaman ini banyak tumbuh di daerah dataran tinggi atau daerah pegunungan karena iklimnya yang cocok untuk pertumbuhan dengan kondisi tanah yang lembab. Dari akar, buah, daun, hingga bunganya, tanaman ini adalah salah satu tanaman yang kerap dijadikan obat-obatan penyakit kronis.

Daun jombang sendiri kaya akan kandungan zat besi, vitamin, natrium, tannin, dan masih banyak kandungan lainnya yang bisa kamu andalkan untuk menghilangkan biduran secara perlahan. Cara mengonsumsinya pun cukup mudah karena hanya perlu direbus dengan air secukupnya untuk diminum tanpa pemanis atau tambahan apa pun.

Lidah Buaya

Jika daun jombang tidak ada di sekitar rumahmu, maka kamu bisa coba mengobati biduran dengan menggunakan lidah buaya. Tanaman dengan gel kaya manfaat ini sangat mudah tumbuh di pot dan pekarangan rumah dengan catatan mendapatkan asupan air yang cukup. Karena bersifat antiinflamasi, maka tak heran lidah buaya bisa dimanfaatkan sebagai obat biduran alami untuk mengurangi reaksi gatal dan menenangkan kulit.

Sediakan saja beberapa batang lidah budaya untuk diambil gel-nya saja lalu haluskan di dalam mangkok bersih. Setelah itu oleskan secara merata pada ruam kulit yang terkena biduran dan tunggu sejenak hingga kering lalu jangan lupa dibilas. Oleskan secara rutin agar reaksi biduran yang kamu rasakan lekas berkurang.

Daun Meniran

Bagi yang masih asing dengan daun meniran, mungkin akan menyangka bahwa tanaman herbal yang satu ini adalah rumput. Padahal daun meniran terutama meniran hijau adalah salah satu andalan yang sering digunakan para herbalis untuk mengatasi banyak gangguan kesehatan mulai dari ginjal hingga asam lambung.

Daun meniran memiliki sifat anti-inflamasi dan anti-oksidan yang tinggi untuk mengatasi peradangan pada kulit yang sedang mengalami biduran. Masyarakat Indonesia biasanya mengonsumsi daun meniran dengan cara direbus untuk diminum airnya saja. Jika ingin lebih harum dan ada sensasi manis, kamu bisa menambahkan sedikit kayu manis ke dalamnya.

Daun Sambiloto

Obat biduran alami selanjutnya adalah daun sambiloto. Meskipun rasanya pahit, namun itu sebanding dengan manfaatnya yang akan membantu menghempaskan gejala infeksi dan iritasi kulit agar peradangan yang terjadi saat biduran tidak semakin melebar.

Penggunaan daun sambiloto sebagai obat alami biduran tentu tidak boleh sembarangan karena bisa menyebabkan tekanan darah terganggu. Kamu perlu menumbuk 10 gram daun sambiloto bersama dengan 20 gram kunyit, 3 siung bawang merah, dan 1 sdm adas. Setelah ditumbuk lalu rebus dengan air secukupnya dan minum secara rutin 3x dalam sehari.

Leunca

Apakah kalian termasuk penggemar sayuran leunca? Rasanya memang segar sehingga tidak sedikit yang menyukainya dan justru menganggap tumbuhan ini sebagai buah-buahan. Terlepas dari jenisnya, leunca memiliki segudang nutrisi mulai dari vitamin, fosfor, protein, dan masih banyak lagi untuk membantu mengembalikan kesehatan kulit yang sedang terganggu.

Cara mengobati biduran menggunakan leunca juga terbilang mudah karena kamu hanya perlu melumatkannya saja serta menggosok secara perlahan di area kulit yang memiliki ruam biduran.

Daun Sirih

Nah, kalau obat alami yang satu ini sih termasuk tanaman yang mudah ditemukan di kebun dan pekarangan. Segala jenis sirih baik itu sirih hijau atau sirih merah sama-sama baik untuk kesehatan. Kamu bisa merebus sirih sekitar 10 lembar yang telah dicuci bersih lalu saring dan minum airnya saat masih hangat untuk mengobati biduran.

Minyak Zaitun

Minyak zaitun memang kaya akan antioksidan dan kandungan vitamin E yang dikenal sebagai pelembab kulit alami. Oleh sebab itu minyak zaitun juga kerap digunakan sebagai penghilang sensasi gatal ketika biduran menyerang. Minyak zaitun bisa dikonsumsi secara langsung atau dicampurkan bersama salad sayur agar semakin mantap khasiatnya. Atau jika tidak ingin ribet kamu bisa mengoleskannya ke kulit yang sedang mengalami ruam.

Demikian 10 obat biduran alami yang harus kamu manfaatkan ketika terkena gejala biduran. Meski sensasi gatalnya sangat mengganggu, usahakan untuk tidak menggaruk kulit agar tidak memperparah iritasi dan ruam yang ada. Semoga informasi di atas bisa membantu kamu yang sedang mengalami biduran jangka pendek.

Abu Noura. Menulis blog sejak 2010. Tech Enthusiast. Senang merekomendasikan produk gadget terbaik. LinkedIn

1 komentar

  1. NJ gambling market expansion poised | DRMCD
    New 오산 출장마사지 Jersey is betting $1.6 billion in sports bets 김해 출장안마 this year, 전라남도 출장안마 putting it in third place in the country, the No. 포항 출장마사지 1 betting market for 정읍 출장안마 2021.
Bijaklah dalam berkomentar. Pertanyaan, kritik dan saran dipersilahkan. Komentar dengan spam link akan otomatis terhapus.