Table of Content

10 Manfaat Minyak Zaitun untuk Kesehatan

Apa saja manfaat minyak zaitun? Berikut 10 khasiat minyak zaitun untuk kesehatan

Minyak zaitun atau olive oil merupakan ekstrak dari buah Olea Europaea yang banyak ditemukan di daerah Mediterania. Minyak zaitun dikenal sangat menyehatkan dan sudah sejak lama digunakan sebagai bahan utama dalam metode pengobatan herbal. Tak hanya itu saja, minyak zaitun juga sangat populer dalam dunia kecantikan lho.

Manfaat Minyak ZaitunImage by Mareefe from Pixabay

Meskipun mengandung banyak lemak, namun jenis lemak tersebut adalah lemak sehat sehingga sangat bermanfaat. Selain itu, minyak zaitun juga mengandung antioksidan seperti polifenol dan flavonoid. Kandungan nutrisi dalam minyak zaitun terdiri dari kalori dan beragam mineral serta vitamin. Maka tak heran jika penjualan minyak zaitun merek apapun sangat laris. Yuk, ketahui apa saja manfaat minyak zaitun bagi kesehatan berikut ini.

Mengatasi Masalah Kulit Wajah

Penyebab munculnya masalah kulit wajah memang sangat beragam dan pada umumnya dikarenakan gaya hidup yang tidak sehat, kosmetik, hingga lingkungan. Salah satu cara untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan rutin menggunakan minyak zaitun. Penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Food Protection menunjukkan bahwa minyak zaitun memang memiliki sifat antibakteri. Karena itulah minyak zaitun sangat ampuh untuk mengatasi masalah seperti jerawat, komedo, dan lainnya.

Mengatasi Bibir Pecah-pecah

Bibir yang sehat adalah bibir yang terjaga kelembapannya. Jika bibir menunjukkan gejala kering atau pecah-pecah tentu saja menandakan kondisi kesehatan yang tidak baik.

Selain itu, biasanya jika bibir pecah-pecah, itu berarti kamu sedang panas dalam atau dehidrasi. Kamu bisa mengoleskan minyak zaitun secara rutin untuk menyehatkan bibir dengan cara memberikan vitamin dan nutrisi yang berasal dari kandungan minyak zaitun.

Mengobati Gatal

Jika terjadi ruam pada kulit, jangan dibiarkan saja karena bisa jadi melebar dan bertambah parah. Oleskan salep atau bahan alami yang bisa menenangkan kulit. Nah, jika kamu ingin menggunakan bahan alami, maka pilihlah minyak zaitun karena di dalamnya terdapat kandungan antiinflamasi yang baik untuk mengatasi rasa gatal dan nyeri.

Menggunakan minyak zaitun secara rutin juga bisa mencegah kulit memerah akibat sinar matahari lho.

Menunda Penuaan Dini

Manfaat minyak zaitun bagi kesehatan yang selanjutnya adalah untuk menunda penuaan dini. Ketika terlalu banyak terpapar sinar matahari dan terkena efek ultraviolet, biasanya kulit akan mudah mengalami penuaan dini. Salah satu tandanya adalah muncul flek hitam di wajah dan keriput halus. Minyak zaitun bisa membantu kamu menunda penuaan dini karena memiliki kandungan vitamin K dan vitamin E yang tinggi.

Mencegah Penyakit Kanker Kulit

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, minyak zaitun mempunyai kandungan antioksidan yang tinggi. Kandungan tersebut bisa menjaga tubuh untuk tetap sehat dan memperbaiki kerusakan sel pada tubuh karena paparan radikal bebas yang sekaligus berpotensi menyebabkan kanker kulit. Maka tak heran minyak zaitun kerap digunakan sebagai campuran dalam salad sayur agar semakin mendapat manfaat yang maksimal.

Mencegah Penyakit Stroke

Manfaat minyak zaitun bagi kesehatan selanjutnya adalah mencegah munculnya penyakit stroke. Dalam beberapa penelitian, didapatkan temuan bahwa kebiasaan rutin mengonsumsi minyak zaitun berdampak baik bagi otak dan pembuluh darah sehingga reaksi dan gejala stroke sedini mungkin bisa diatasi. Selain itu, penelitian yang dipublikasikan dalam The British Journal of Nutrition menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi minyak zaitun dengan frekuensi yang tetap memiliki kemungkinan 41% lebih rendah untuk mengalami stroke.

Menjaga Kesehatan Otak

Manfaat minyak zaitun memang sangat kompleks dan salah satunya adalah menjaga kesehatan otak. Lebih jauh lagi, minyak zaitun bahkan dapat mencegah penyakit Alzheimer lho. Kayanya nutrisi pada sesendok minyak zaitun setiap hari bisa membantu kamu untuk mendapatkan kesehatan otak yang prima.

Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Karena kandungan lemak tak jenuh pada minyak zaitun cukup tinggi, maka kekebalan tubuh pun akan meningkat secara alami jika kamu mengonsumsinya secara rutin.

Kandungan ini juga sangat bermanfaat untuk menambah energi. Penelitian yang diterbitkan pada European Journal Clinical Nutrition menemukan fakta bahwa lemak tak jenuh juga bermanfaat dalam meningkatkan sistem imun manusia. Wah, sangat luar biasa bukan manfaatnya?

Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

Sudah menjadi rahasia umum bahwa penyakit jantung termasuk masalah kesehatan yang menyebabkan kematian paling banyak di dunia. Penyakit jantung muncul akibat produksi kolesterol jahat di dalam tubuh. Namun tenang saja karena penyakit jantung bisa dicegah jika kamu secara rutin mengonsumsi minyak zaitun. Hal tersebut juga ditunjukkan dalam hasil penelitian yang dipublikasikan pada jurnal Pharmacological Research.

Menjaga Berat Badan Ideal

Perlu digaris bawahi bahwa berat badan ideal adalah massa tubuh yang sesuai menurut medis. Jika seseorang memiliki berat badan yang ideal, itu berarti nutrisi makanan dan minuman yang masuk ke dalam tubuh bisa dicerna dengan baik. Dalam hal ini lemak sehat pada minyak zaitun juga bisa membantu untuk menjaga berat badan tetap ideal agar kamu terhindar dari berbagai penyakit.

Membantu Mengobati Radang Sendi

Manfaat minyak zaitun bagi kesehatan selanjutnya adalah untuk membantu proses penyembuhan pada radang sendi. Dilansir dari National Library of Medicine, antiinflamasi pada minyak zaitun sangat berkhasiat untuk mengurangi stress oksidatif pada penderita Artritis rheumatoid, penyakit autoimun yang menyerang persendian.

Mencegah Depresi

Manfaat yang satu ini memang berhubungan dengan kesehatan mental. Penyembuhan pada depresi pun sangat beragam mulai dari healing sampai obat-obatan yang diresepkan oleh dokter. Namun tahukah kamu bahwa minyak zaitun dikenal sebagai bahan alami yang bisa mencegah depresi lho. Pada minyak zaitun terdapat kandungan kolin dan antioksidan yang melancarkan peredaran darah. Alhasil, peredaran darah pun semakin lancar dan rileks sehingga mencegah depresi datang.

Mencegah Penyakit Diabetes

Pada penderita diabetes, kadar gula darah seringkali tidak terkontrol sehingga menimbulkan reaksi yang beragam tergantung pada jenis diabetes yang diderita. Jika kamu memiliki kadar gula dalam darah yang terkontrol, maka kecil kemungkinan penyakit diabetes akan datang. Nah, minyak zaitun bisa membantu mengontrol gula darah karena mengandung banyak nutrisi dan lemak sehat.

Mengatasi Susah BAB

Pada umumnya susah BAB bisa terjadi karena kurangnya mengonsumsi makanan berserat, terlalu banyak makan makanan tidak sehat, dan jarang minum air. Pada saat sembelit, kamu membutuhkan nutrisi lebih dari sayur, buah, atau suplemen alami seperti minyak zaitun yang bisa membantu membersihkan kotoran pada usus.

Menjaga Kesehatan Mulut

Minyak zaitun juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan mulut lho. Bukan tanpa sebab, kandungan antibakteri dan antiinflamasi pada minyak zaitun dipercaya bisa mengatasi masalah yang sering muncul pada mulut dan gigi seperti bau mulut dan karies.

Wah, ternyata minyak zaitun memiliki segudang manfaat bagi kesehatan ya. Bukan hanya organ dalam saja yang sehat, melainkan kulit pun akan ikut merasakan manfaatnya. Oleh sebab itu kamu tidak perlu ragu untuk mengonsumsinya setiap hari agar tubuh tetap bugar di masa pandemi.

Abu Noura. Menulis blog sejak 2010. Tech Enthusiast. Senang merekomendasikan produk gadget terbaik. LinkedIn

Posting Komentar

Bijaklah dalam berkomentar. Pertanyaan, kritik dan saran dipersilahkan. Komentar dengan spam link akan otomatis terhapus.