Table of Content

10 Manfaat Lidah Buaya untuk Kesehatan

Apa saja manfaat lidah buaya? Berikut 10 manfaat lidah biaya untuk kesehatan

Lidah buaya atau yang juga populer disebut sebagai aloe vera merupakan tanaman primadona dalam dunia kecantikan dan kesehatan. Kamu pasti tidak asing lagi dengan banyaknya brand ternama yang menjadikan gel lidah buaya sebagai bahan utama dalam perawatan tubuh. Bagaimana tidak karena lidah buaya sangat kaya kandungan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh mulai dari asam amino, vitamin, mineral, hingga enzim yang baik bagi kesehatan.

Manfaat Lidah BuayaImage by Дмитрий Дмитрий from Pixabay

Dalam pengobatan tradisional, gel lidah buaya bisa dikonsumsi langsung dan tanpa campuran apapun untuk menyembuhkan radang. Jika kamu memiliki tanaman ini di pekarangan rumah, kamu juga bisa mengolahnya menjadi masker untuk perawatan kulit. Nah, apakah kamu semakin penasaran dengan manfaat lidah buaya bagi kesehatan? Mari catat informasinya berikut ini.

Melancarkan Sistem Pencernaan

Saat tubuh terlalu banyak mengonsumsi makanan yang kurang nutrisi, biasanya akan timbul gejala awal berupa pencernaan yang kurang lancar. Pada beberapa kasus, pencernaan yang kurang lancar juga bisa menyebabkan berat badan sulit turun lho. Namun tenang saja karena kamu bisa memanfaatkan berbagai tanaman herbal untuk melancarkan sistem pencernaan, salah satunya yakni lidah buaya.

Adanya kandungan enzim pemecah lemak dan gula pad gel lidah buaya bisa membantu kamu melancarkan Kembali sistem pencernaan. Jika tidak terlalu mempermasalahkan tekstur makanan, kamu bisa mengonsumsi gel lidah buaya yang telah diolah menjadi jus. Namun jika enggan, makanlah secara langsung dengan dikunyah saja gel lidah buaya yang telah dicuci bersih. Dengan begitu, lidah buaya akan membantu meningkatkan stimulasi peristaltic dan kadar air di usus untuk menyerap nutrisinya.

Mencegah Dehidrasi

Aktivitas yang padat dan enggan minum air yang cukup bisa membuat tubuh kurang terhidrasi. Jika keadaan ini telah menjadi kebiasaan sehari-hari, maka tubuh akan sulit melakukan detoks. Oleh sebab itu sangat disarankan untuk minum air yang cukup atau mengonsumsi makanan dan minuman yang kaya nutrisi serta memiliki kandungan air yang banyak.

Lidah buaya bisa mencegah dehidrasi bisa mencegah dehidrasi karena mengandung banyak air dan mengoptimalkan proses detoks di dalam tubuh. Hasilnya, produksi urin akan lancar dan tubuh akan bugar.

Mengobati Sariawan

Tahukah kamu bahwa lidah buaya bisa digunakan sebagai obat alami untuk sariawan? Hal ini dikarenakan lidah buaya mempunyai enzim yang bisa membantu melawan radang pada luka di sariawan dan mempercepat proses penyembuhan. Kamu bisa mengoleskan gel lidah buaya pada sariawan secara rutin agar sariawan segera menghilang.

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Manfaat lidah buaya bagi kesehatan selanjutnya adalah meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Pada lidah buaya, terdapat kandungan vitamin dan mineral yang sangat banyak. Oleh sebab itu, jika dikonsumsi maka manfaatnya secara garis besar adalah memberikan kesehatan pada tubuh. Jika ingin mendapatkan hasil yang maksimal, kamu bisa mengonsumsinya dalam bentuk jus.

Menyembuhkan Iritasi

Jika pada kulit terdapat gejala iritasi seperti bengkak dan gatal, maka sudah saatnya kamu memanfaatkan obat alami seperti lidah buaya. Untuk menyembuhkan iritasi pada kulit, cukup gosokkan saja gel lidah buaya pada area kulit. Setelah dioleskan, biasanya akan timbul sensasi dingin dan tidak gatal karena sifatnya yang antiinflamasi.

Beberapa penelitian bahkan menunjukkan bahwa ekstrak lidah buaya memiliki kandungan yang tepat untuk mempercepat proses penyembuhan pada luka. Jangan bingung jika muncul tanda iritasi kulit, segera ambil gel lidah buaya segar untuk meredakannya.

Mengatasi Perut Mulas

Perut mulas memilki banyak penyebab. Ada yang merupakan tanda atau gejala awal penyakit tertentu, diare, dan bermacam penyakit lainnya. Namun jangan panik dulu karena kamu bisa melakukan langkah awal pengobatan herbal menggunakan lidah buaya. Biasanya perut menjadi mulas karena terdapat bakteri di dalam usus. Jus lidah buaya bisa membantu mengurangi rasa mulas dan sakit dengan perlahan. Kandungan serat dan enzimnya akan membantu membersihkan kotoran pada usus sehingga mulas bisa teratasi.

Mengobati Maag

Sudah pernah coba atau belum food therapy yang satu ini? Ada beberapa pengobatan tradisional yang dipercaya bisa mengobati sakit maag dan salah satu yang popular adalah mengonsumsi lidah buaya secara rutin. Tulisan yang berjudul Prescription for Herbal Healing menjabarkan mengenai penelitian yang telah membuktikan bahwa kandungan pada daging lidah buaya sangat efektif sebagai obat maag. Luka di lambung pada penderita maag memang tidak bisa dianggap enteng karena bisa menyebabkan gejala tambahan lain.

Dikutip dari penelitian yang dipublikasikan pada Journal of The American Osteophatic Society, gel lidah buaya bisa membantu rangsangan pelepasan enzim pepsin yang berguna untuk sistem pencernaan. Dengan begitu, kadar asam lambung bisa dikendalikan dan kerja lambung tidak akan terlalu berat. jika belum terbiasa dengan aroma dan rasa lidah buaya, mungkin kamu akan merasakan sensasi pahit saat pertama kali mengonsumsinya. Namun jangan khawatir karena itu sebanding dengan manfaat yang ditawarkan.

Menjaga Kesehatan Rongga Mulut

Lidah buaya yang dikonsumsi dengan cara dijus mungkin akan terasa tidak enak dan kurang sesuai dengan orang yang memiliki indera perasa yang sensitif. Namun ada beberapa opsi lain pengolahan gel lidah buaya agar bisa dikonsumsi dengan nyaman, yakni diolah menjadi es dan obat kumur. Jika digunakan sebagai obat kumur atau bisa juga pasta gigi, lidah buaya bisa membantu menjaga kesehatan mulut dan gigi lho.

Pasalnya, lidah buaya mempunyai kandungan saponin, lignin, asam salisilat, dan antharaquinone. Kandungan tersebut akan membantu mencegah karies, mengobati radang gusi, hingga menangani sariawan dan kebersihan mulut.

Membantu Proses Penyerapan Nutrisi

Manfaat lidah buaya bagi kesehatan selanjutnya adalah membantu proses penyerapan nutrisi. Dalam proses detoks, tubuh harus mendapatkan asupan nutrisi yang cukup agar racun atau efek radikal bebas menumpuk pada tubuh. Peran lidah buaya adalah membantu memperbaiki jaringan tubuh dan melengkapi kebutuhan zat lainnya sehingga tubuh bisa mendapatkan antioksidan dengan cukup, jika sudah terpenuhi, maka penyerapan nutrisi lain pun akan lancar dan berfungsi dengan sempurna. Selain itu, kekebalan tubuh juga akan terbentuk dengan sendirinya karena lidah buaya memiliki 7 dari 8 asam amino yang tidak bisa dihasilkan oleh tubuh secara mandiri.

Menjaga Kesehatan Rambut

Manfaat yang satu ini memang tidak asing lagi dalam kehidupan kita. Dilansir dari Medical News, ekstrak lidah buaya bermanfaat untuk merangsang pertumbuhan akar rambut. Karena memiliki banyak vitamin dan mineral, tentunya lidah buaya akan membantu memperbaiki kerusakan rambut sembari menjaganya tetap sehat. Biasanya penggunaan lidah buaya untuk rambut hanya perlu dioleskan secara merata dan teratur saja sebelum keramas. Alhasil, rambutmu akan sehat dan berkilau.

Nah, itulah manfaat lidah buaya bagi kesehatan agar kamu tidak ragu lagi mengonsumsi dan menggunakannya. Meskipun pada awalnya terasa kurang nyaman karena tekstur gel, aroma, atau rasanya, kamu akan segera terbiasa dan dijamin tidak kecewa dengan manfaat yang didapatkan.

Posting Komentar

Bijaklah dalam berkomentar. Pertanyaan, kritik dan saran dipersilahkan. Komentar dengan spam link akan otomatis terhapus.