Table of Content

10 Manfaat Lemon Untuk Kesehatan

Apa saja manfaat lemon? Berikut 10 khasiat lemon untuk kesehatan

Meskipun rasa masamnya membuat dahi mengernyit, namun tidak dipungkiri bahwa lemon memiliki segudang manfaat. Sudah sejak lama jeruk lemon dikenal bisa menurunkan berat badan dan melancarkan metabolism tubuh. Bagi yang masih enggan mengonsumsi sari buah lemon, sebaiknya kamu pertimbangkan Kembali mengenai khasiatnya. Selain kaya akan antioksidan dan vitamin C, ada banyak kandungan seperti mineral dan jenis vitamin lain yang dibutuhkan oleh tubuh di dalam buah lemon lho.

Manfaat LemonImage by S. Hermann & F. Richter from Pixabay

Lemon masih satu keluarga dengan jeruk nipis namun berukuran lebih besar dengan warna kuning cerah dan rasa asam yang lebih segar. Karena itulah lemon juga sering dijadikan sebagai nfused water. Ada segudang manfaat lemon bagi kesehatan yang wajib kamu ketahui. Simak informasinya berikut ini.

Melancarkan Pencernaan

Siapa nih yang selalu meminum air lemon hangat di oagi hari? Meskipun memiliki rasa yang masam, namun sesungguhnya lemon bersifat basa lho. pada penderita GERD dan maag, meminum lemon atau perasan jeruk nipis di pagi hari sebelum mengonsumsi apapun justru bisa mengurangi reaksi asam lambung yang naik saat menjelang siang. Di saat yang sama, pencernaan juga menjadi lancar.

Menjaga Kesehatan Kulit

Nah, kalau manfaat yang satu ini sudah menjadi rahasia umum bagi para Wanita. Untuk menjaga kesehatan kulit wajah dan tubuh, makanan dan minuman yang kaya akan vitamin C memang sangat direkomendasikan. Bahkan, vitamin C juga bermanfaat untuk mencerahkan kulit. Kamu sudah coba membuktikannya atau belum nih?

Membantu Proses Detoks

Ada yang istimewa pada manfaat yang dibawa oleh lemon bagi kesehatan tubuh. Pasalnya, lemon juga berkhasiat untuk membantu proses detoks dan mengeluarkan toksin. Ketika mengonsumsi lemon secara rutin, maka zat-zat berbahaya pada tubuh dikeluarkan melalui urin. Antioksidan yang terdapat pada lemon memang sangat berjasa untuk menjaga kebugaran tubuh.

Jika zat-zat berbahaya mengendap terlalu lama di dalam tubuh, maka dapat menyebabkan munculnya gejala penyakit yang sangat fatal. Oleh sebab itu jangan ragu untuk rutin mengonsumsi lemon ya.

Membantu Mencegah dan Mengobati Batu Ginjal

Batu ginjal merupakan salah satu penyakit berbahaya dan sangat fatal akibatnya jika tidak segera ditangani. Untuk membantu proses penyembuhan pada penyakit batu ginjal, banyak yang merekomendasikan lemon sebagai infused water. Bahkan dalam sebuah penelitian berjudul The Effectiveness of Lemon Solution VS Pottasium Citrate in The Management of Systematic Review menunjukkan hasil bahwa kandungan sitrus yang juga bisa ditemui pada lemon bisa mencegah munculnya penyakit batu ginjal.

Hal tersebut tidaklah mengherankan mengingat sitrat pada lemon memang bisa mencegah mineral dan garam mengeras. Agar tidak terjadi batu ginjal, sitrat akan memecahnya lalu mengeluarkan melalui urin. Wah, sangat besar bukan manfaat dari kandungan lemon?

Mencegah Dehidrasi

Manfaat lemon bagi kesehatan selanjutnya adalah untuk mencegah dehidrasi tubuh. Manfaat ini terutama cocok bagi kamu yang sering malas minum. Selain memberikan rasa yang segar, lemon akan membantu memenuhi kebutuhan cairan di dalam tubuh sehingga kamu tidak akan dehidrasi. Kandungan vitamin dan mineral pada sari lemon akan mengembalikan energi tubuh setelah melakukan aktivitas yang berat.

Banyak yang meminum sari lemon untuk menghidrasi tubuh dengan menyiapkannya sebagai infused water sehingga praktis dibawa kemana saja. Namun jika kamu terlalu sibuk untuk membuatnya, cukup minum saja air perasan lemon hangat di pagi hari setelah bangun tidur agar tubuh siap menerima asupan nutrisi lain.

Menghilangkan Bau Mulut

Bau mulut memang disebabkan banyak hal mulai dari infeksi pada gigi dan gusi hingga sakit tenggorokan. Namun tenang saja karena lemon bisa membantu menghilangkan bau mulut yang membuat tidak nyaman semua orang. Pasalnya, lemon memiliki kandungan asam askorbat yang bersifat antibakteri dan memiliki kandungan vitamin C untuk membantu mulut memproduksi air liur.

Kondisi mulut yang kering menyebabkan air liur tidak mampu membunuh bakteri penyebab bau mulut sehingga kamu membutuhkan vitamin C dalam jumlah yang cukup. Jangan biarkan bau mulut mengganggu aktivitas sehari-hari karena tidak segera ditangani.

Mencegah Peradangan

Manfaat lemon bagi kesehatan selanjutnya adalah untuk mencegah peradangan. Berkat konsentrasi vitamin C-nya yang besar, masalah peradangan bisa diatasi dengan tepat oleh lemon. Seperti misalnya peradangan pada penyakit kudis dengan kondisi kekurangan kolagen karena kurangnya asupan vitamin C pada tubuh. Dalam kasus ini, bisa terjadi kerusakan yang lebih parah sehingga butuh asam askorbat atau vitamin C dalam jumlah yang besar.

Selain itu, gejala inflamasi pada peradangan juga bisa diatasi jika seseorang dengan rajin menginsumsi vitamin C. Lemon memiliki zat astringen yang biasanya digunakan untuk mengobati pembengkakan dan iritasi. Nah, kamu sudah minum air lemon atau belum hari ini?

Mengatasi Mabuk Alkohol

Saat mengonsumsi alkohol dalam jumlah yang berlebihan, maka tubuh akan memberikan reaksi sakit kepala, tidak enak badan, dan gejala hangover lainnya. Hal tersebut bisa terjadi karena zat alkohol yang dikonsumsi memberikan tugas kepada organ hati untuk memecah senyawanya agar tidak bisa masuk dengan mudah dalam pembuluh darah.

Kondisi dimana alkohol bisa membuat mabuk yang mengonsumsinya bisa diatasi oleh air lemon karena membantu menghambat proses pemecahan senyawa agar gejala mabuk bisa berkurang. Untuk itu sebaiknya konsumsi alkohol dalam batas wajar saja karena dikhawatirkan akan menimbulkan masalah lainnya seperti kerusakan organ lever atau hati.

Menjaga Kesehatan Jantung

Tahukah kamu bahwa lemon bisa menjaga kesehatan jantung? Kecil-kecil namun besar manfaatnya memang pantas menjadikan lemon sebagai primadona dalam dunia herbal. Dengan mengonsumsi lemon setiap hari, maka kebutuhan tubuh akan vitamin C bisa terpenuhi sekitar 50% lho. Dengan begitu, aliran darah pun menjadi lancar dan jantung senantiasa sehat.

Mengonsumsi lemon secara rutin juga dianggap bisa mengurangi resiko terkena penyakit stroke. Pasalnya, terdapat senyawa diosmin dan hesperidin yang bisa menurunkan kadar kolesterol; cikal bakal penyakit jantung dan stroke. Serat pangannya menjadikan lemon sebagai suplemen alami yang wajib dimanfaatkan secara maksimal.

Mengatasi Batuk dan Pilek

Pada musim pancaroba dan pandemi saat ini, sangat rentan bagi tubuh untuk terkena penyakit. Bahkan banyak penyakit menular yang bisa ditularkan dari media apa saja. Oleh sebab itu, sangat penting menjaga daya tahan tubuh dengan memenuhi kebutuhan nutrisi. Saat sakit, kandungan vitamin dan antioksidan lemon bisa membantu tubuh untuk menetralkan efek radikal bebas pada tubuh.

Kamu bisa mengonsumsi lemon 3x sehari untuk mempercepat proses penyembuhan karena bebas efek samping. Jika ingin sedikit rasa manis, tambahkan madu murni secukupnya dan konsumsilah pada keadaan hangat.

Itulah manfaat lemon bagi kesehatan yang wajib kamu ketahui. Mulai sekarang, jangan ragu mengonsumsi lemon karena sangat bermanfaat dan bebas efek samping. Selain membuat daya tahan tubuh menjadi kuat, lemon juga bisa digunakan sebagai obat alami.

"A man may esteem himself happy when that which is his food is also his medicine."

Posting Komentar

Bijaklah dalam berkomentar. Pertanyaan, kritik dan saran dipersilahkan. Komentar dengan spam link akan otomatis terhapus.