Table of Content

10 Manfaat Kopi untuk Kesehatan

Apa saja manfaat kopi? Berikut 10 manfaat kopi untuk kesehatan

Pada saat ini, kopi seolah telah menjadi tren minuman yang menjamur di Indonesia. Terdapat banyak kedai kopi dan café dengan konsep beragam dan menyajikan jenis kopi yang berbeda pula. Berbeda jenis biji kopinya, berarti cita rasanya akan berbeda pula. Oleh sebab itu tak heran jika kopi memiliki banyak peminat dari orang dewasa hingga anak muda. Selain memberikan kesegaran dan ketenangan setelah menyeruputnya, kopi juga memiliki banyak manfaat lho.

Manfaat KopiImage by Ri Butov from Pixabay

Bahkan tak jarang manfaat kopi juga didapat bukan hanya dengan cara mengolahnya menjadi minuman saja melainkan sebagai bahan masker atau obat tradisional tertentu. Penasaran dengan manfaat kopi bagi kesehatan? Yuk, simak informasinya berikut ini.

Membantu Mencegah dan Mengobati Diabetes

Manfaat kopi bagi kesehatan yang pertama adalah sebagai minuman yang bisa membantu mencegah sekaligus mengobati diabetes. Jangan heran karena kamu tentu sudah mengetahui bahwa zat utama di dalam kopi adalah kafein. Nah, kafein dinilai bisa membantu mengendalikan kadar gula dalam darah lho. Namun dalam hal ini kopi yang dimaksud adalah seduhan kopi hitam tanpa gula ya.

Manfaat kopi kali ini memang cukup kompleks karena kafeinnya bekerja dengan baik dalam meningkatkan hormon yang dinamakan incretin pada usus. Hormon tersebut merupakan pemeran utama dalam kendali gula darah. Oleh sebab itu, kopi sangat baik dalam mengatasi diabetes.

Meningkatkan Metabolisme

Nah, kalau manfaat yang satu ini ada kaitannya bagi kamu yang sedang menjalani diet. Dilansir dari The Express, kopi bisa membantu membakar lemak pada tubuh karena memiliki kandungan yang merangsang thermogenesis. Dengan begitu, proses penurunan berat badan pun akan semakin lancar. Namun pengurangan berat badan pada pecinta kopi juga bisa disebabkan karena efek rasa kenyang yang ditimbulkan sehingga tidak mengonsumsi makanan secara berlebihan.

Selain itu, pada air seduhan kopi diketahui memiliki asam klorogenik untuk membantu penguraian lemak dan memperlambat proses serap karbohidrat pada tubuh. Namun mengonsumsi kopi tidak boleh terlalu berlebihan karena justru akan menimbulkan penyakit. Lagi-lagi, konteks manfaat yang satu ini ada pada kopi hitam tanpa gula ya bukan olahan lain yang telah diberi gula atau krim manis.

Membantu Meningkatkan Daya Ingat

Bagi yang gemar ngopi pasti tidak asing lagi dengan manfaat ini karena sudah merasakannya. Mengonsumsi kopi dengan dosis yang tidak berlebihan akan memberikan efek relaksasi dan produktivitas harian. Manfaat tersebut datang karena zat kafein pada kopi merupakan zat yang bisa merangsang sistem saraf pusat sehingga mempengaruhi kerja otak. Maka tak heran banyak pekerja yang memilih untuk minum kopi di kala lembur agar fokus tetap terjaga. Sudah ngopi belum hari ini?

Mencegah Melanoma

Melanoma merupakan radang hitam yang menginfeksi kulit atau biasa disebut dengan kanker kulit. Kabarnya, di Amerika Serikat penyakit ini merupakan jenis kanker nomor lima yang paling banyak diderita dan bisa menyebabkan kematian. Namun tenang saja karena ada sejumlah penelitian yang membuktikan bahwa kanker kulit jenis melanoma bisa dihindari dengan rutin mengonsumsi kopi.

Manfaat tersebut ada karena kandungan kafein pada kopi yang berjasa besar. Kafein bisa membantu tubuh memerangi sekaligus mengurangi kerusakan sel kulit yang diakibatkan oleh sinar ultra violet. Sebelum gejala terjadi, mengonsumsi kopi adalah pilihan yang tepat. Selain menyegarkan tentu saja kopi juga menyehatkan.

Mencegah Penyakit pada Organ Hati

Manfaat kopi bagi kesehatan selanjutnya adalah membantu tubuh untuk mencegah penyakit pada organ hati. Saat ini, ada beberapa rumor yang mengatakan bahwa kafein bisa menyebabkan gangguan pada organ hati. Namun ternyata faktanya, kafein yang terdapat pada kopi justru bisa mencegah timbulnya PSC atau sclerosing cholangitis, sebuah kondisi gangguan auto-imun yang juga menjadi cikal bakal dari sirosis hati dan gangguan kesehatan yang terdapat pada organ hati. Nah, mulai sekarang tidak perlu ragu lagi mengonsumsinya karena kafein justru menyehatkan apabila tidak berlebihan.

Mencegah Stroke

Sudah menjadi rahasia umum bahwa stroke berasal dari tekanan darah tinggi dan dalam kondisi yang parah bahkan menyebabkan pembuluh darah pecah. Maka orang dengan tekanan darah tinggi atau gejala stroke ringan biasanya sangat disarankan untuk tidak mengonsumsi makanan dengan konsentrasi garam yang tinggi. Kamu juga bisa nih memanfaatkan kopi sebagai awal dari usaha mencegah stroke.

Menurut penelitian, orang yang mengonsumsi kopi dengan takaran yang tidak berlebihan memiliki resiko yang rendah untuk terkena stroke, yakni 20%.

Meredakan Sakit Kepala

Biasanya sakit kepala memang timbul karena disebabkan oleh beberapa faktor seperti stress dan kurang tidur. Banyak orang memilih jalan singkat meredakan sakit kepala dengan cara meminum obat Pereda sakit kepala saja. Namun, sebaiknya jangan buru-buru meminum obat karena kopi bisa menjadi penolong di saat sakit kepala datang.

Cara yang paling sederhana ini telah dilakukan sejak dahulu oleh para sesepuh dengan meminum larutan kopi hitam hangat. Sesaat setelah meminumnya, biasanya akan timbul rasa rileks dan tekanan darah menjadi normal sehingga sakit kepala perlahan akan hilang.

Menyehatkan Kulit Wajah

Bagi yang sudah sering belanja di online shop pasti mengetahui manfaat kopi bagi kesehatan yang satu ini. Saat ini banyak brand ternama yang menyediakan varian masker kopi untuk menjaga kesehatan kulit wajah lho. Kopi bisa membersihkan dan mengecilkan pori-pori wajah sehingga lebih sedikit sebum di kulit wajah. Selain itu, serbuk kopi juga dinilai bisa mengatasi masalah minyak berlebih yang menyebabkan wajah tampak kusam. Kamu sudah coba belum masker kopi?

Menyehatkan Rambut

Mahkota Wanita memang tampak indah apabila terlihat sehat dan berkilau. Namun seringkali masalah rambut rontok dan ketombe menghampiri rambut. Jika masalah tersebut terjadi padamu, tenang saja karena kamu bisa memanfaatkan kopi sebagai bahan alami yang menyehatkan rambut. Selain dikonsumsi secara rutin, kamu juga bisa mencoba masker rambut dengan bahan bubuk kopi.

Kandungan antioksidah pada kopi disinyalir menjadi faktor utama masker kopi sangat ampuh mengatasi masalah rambut. Namun jika enggan menggunakannya sebagai masker, cukup konsumsi secara rutin saja dan kamu akan merasakan manfaatnya bagi tubuh termasuk rambut.

Meningkatkan Produktivitas dan Stamina

Pasti kamu sudah sangat familier dengan manfaat yang satu ini karena sering dijadikan alasan bagi pekerja yang sering lembur dan cepat lelah. Pasalnya, kandungan kafein pada kopi akan meningkatkan aliran darah tetap stabil dan menjaga energi saat kamu masih terjaga. Oleh sebab itu tak heran kedai kopi yang berada di dekat wilayah perkantoran atau wilayah yang super sibuk akan laris manis karena setiap orang membutuhkannya.

Demikian manfaat kopi bagi kesehatan tubuh yang wajib kamu catat. Ternyata sangat banyak manfaat dari tumbuhan primadona ini. Jangan lupa perhatikan untuk selalu meminum kopi dalam jumlah yang wajar saja ya agar tidak menimbulkan efek negatif bagi tubuh.

Posting Komentar

Bijaklah dalam berkomentar. Pertanyaan, kritik dan saran dipersilahkan. Komentar dengan spam link akan otomatis terhapus.