Table of Content

10 Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan

Apa saja manfaat daun kelor? Berikut 10 khasiat daun kelor untuk kesehatan

Tanaman kelor atau Moringa oleifera adalah salah satu tumbuhan yang banyak dimanfaatkan untuk obat-obatan dan juga sedap diolah menjadi sayur. Dilansir dari Klikdokter, daun kelor memiliki kandungan protein nabati, vitamin, dan mineral yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Lebih daripada itu, daun kelor juga kaya kandungan antioksidan untuk menangkal efek radikal bebas.

Manfaat Daun KelorImage by S V from Pixabay

Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO juga turut menganjurkan anak dalam masa pertumbuhan untuk rajin mengonsumsi daun kelor karena manfaatnya yang besar. Di kalangan masyarakat Indonesia sendiri, daun kelor juga telah lama digunakan sebagai bahan andalan dalam pengobatan herbal. Bahkan saking bermanfaatnya tumbuhan ini, ia disebut pula sebagai Miracle Tree alias Pohon Keajaiban.

Berikut ini informasi mengenai manfaat daun kelor bagi kesehatan yang harus kamu ketahui.

Mencegah Penyakit Kanker

Kanker adalah penyakit yang hingga saat ini sangat sulit disembuhkan. Namun tentu saja kanker bisa dicegah dengan pola hidup yang sehat. Salah satu tumbuhan yang juga bermanfaat untuk mencegah penyakit kanker adalah daun kelor. Para herbalis juga banyak menggunakan daun kelor sebagai bahan alami untuk mencegah kanker.

Penggunaan daun kelor bukan tanpa sebab karena di dalamnya terdapat antiinflamasi dan niazimicin yang sama-sama berperan untuk menekan potensi timbulnya sel kanker pada tubuh. Karena zat antioksidannya yang tinggi, tak heran daun kelor banyak dikonsumsi dan dicari.

Mencegah dan Mengobati Diabetes

Manfaat daun kelor bagi kesehatan selanjutnya adalah untuk mencegah diabetes. Dikutip dari Kompas.com, terjadinya penyakit diabetes disebabkan karena glukosa dalam tubuh tidak bisa diserap dengan baik sehingga terbentuk penumpukan dan inilah yang menyebabkan munculnya gejala diabetes.

Daun kelor bisa dimanfaatkan sebagai food therapy bagi penderita diabetes karena dijadikan sebagai insulin alami. Oleh sebab itu ia bisa membantu mengendalikan kadar gula darah pada penderita diabetes. Mengonsumsi daun kelor yang diolah menjadi wedang hangat dianggap bisa mencegah dan mengobati diabetes lho.

Menyehatkan Mata

Daun kelor mengandung senyawa beta karoten, zeaxanthin, lutein, dan flavonoid yang merupakan antioksidan alami. Nah kandungan inilah yang menyebabkan daun kelor bisa mencegah mata terkena gangguan penglihatan. Dengan kata lain, daun kelor sangat bermanfaat untuk menyehatkan mata. Pada kasus mata katarak, pada lensa mata terdapat gumpalan protein sehingga menimbulkan gejala penglihatan seperti berkabut.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa daun kelor sangat berpengaruh untuk mengurangi adanya gumpalan protein tersebut dan bahkan bisa menghambat gejala penyakit mata lebih jauh.

Mengobati Peradangan Sendi

Orang dengan gangguan sendi seperti rematik membutuhkan nutrisi yang bisa menekan kadar asam urat di sendi. Untuk itulah daun kelor sering dimanfaatkan dalam praktik pengobatan tradisional sebagai herbal serba guna yang bias mengurangi sakit di sendi saat rematik kambuh. Tak hanya rematik saja, daun kelor juga bermanfaat untuk mengatasi nyeri sendi lainnya seperti pegal linu. Dengan mengonsumsi daun kelor secara rutin, kandungannya bisa mengurangi potensi penempukan asam urat di sendi sehingga radang bisa diatasi.

Menyehatkan Ginjal

Salah satu manfaat penting daun kelor bagi kesehatan adalah menyehatkan ginjal. Karena ginjal adalah salah satu organ tubuh yang sangat vital perannya, maka sangat penting untuk senantiasa memberi asupan nutrisi yang sesuai dan bisa membantu meringankan kerjanya. Salah satunya adalah mengurangi makanan yang tinggi lemak.

Mengonsumsi jus daun kelor sangat bermanfaat bagi kesehatan ginjal karena turut menyumbang kalsium yang sangat dibutuhkan oleh ginjal. Selain itu kandungan asam amino-nya bisa bermanfaat untuk mengurangi lemak jahat. Nah, masih ragu mengonsumsi daun kelor?

Mencegah Penyakit Jantung

Sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Medicinal Food menunjukkan bahwa resiko kerusakan jantung sacara structural dapat diminimalisir dengan kandungan antioksidan pada daun kelor. Oleh sebab itu, tak heran jika daun kelor masuk dalam jajaran tanaman yang sering digunakan oleh para herbalis. Kandungan pada ekstrak daun kelor memiliki manfaat untuk mengatasi dislipidemia. Penyakit tersebut bisa muncul karena naiknya kadar kolesterol sehingga bisa membahayakan jantung.

Melancarkan Pencernaan

Manfaat daun kelor bagi kesehatan selanjutnya adalah melancarkan sistem pencernaan. Tentu kita semua mengetahui bahwa pencernaan bisa tidak lancar apabila kerap mengonsumsi makanan yang kurang serat. Akibatnya banyak kotoran menumpuk di dalam usus dan tentu saja bisa menyebabkan gangguan kesehatan lain selain sembelit.

Menurut beberapa sumber literatur, serat dan nutrisi yang terdapat pada daun kelor bisa mengatasi hal ini. Jika mengonsumsi makanan yang kaya nutrisi dan gizi seperti sayur-sayuran hijau serta buah-buahan, tentu pencernaan dan tubuh akan bugar. Jika ingin menjadikan daun kelor sebagai obat alami penyembuh sembelit, kamu bisa membuat jus daun kelor dan meminumnya secara rutin. Namun lebih baik lagi apabila kamu mengimbanginya dengan pola hidup sehat ya.

Mencegah Obesitas

Hingga saat ini, obesitas masih menjadi gangguan kesehatan yang sulit untuk dihindari oleh banyak orang. Penyebab utamanya seringkali karena gaya hidup yang tidak sehat sehingga makanan yang dikonsumsi menumpuk lemak jahat di tubuh. Pada kasus yang ekstreem, obesitas juga menjadi cikal bakal dari penyakit lainnya lho.

Di antara banyak cara untuk mengatasi obesitas, cara yang termasuk simple adalah dengan mengonsumsi daun kelor. Jangan heran karena tumbuhan kaya manfaat ini juga mempunyai senyawa bioactive dan isothiocyanate untuk menjaga metabolism tubuh. Jika mengonsumsinya secara rutin, kamu juga bisa terhindar dari bahaya obesitas.

Mengoptimalkan Produksi ASI

Manfaat daun kelor yang satu ini memang sudah popular di kalangan Ibu menyusui. Secara medis, kandungan nutrisi makanan yang dikonsumsi oleh ibu menyusui tentu akan berpengaruh terhadap kelancaran ASI. Daun kelor bisa menjadi salah satu penolong untuk memperlancar produksi ASI karena mempunyai senyawa galactagogue yang diperlukan oleh kelenjar susu. Selain itu, asam amino dan mineral pada daun kelor sangat dibutuhkan oleh tubuh.

Ketika seorang ibu menyusui secara rutin mengonsumsi daun kelor, maka selain ASI-nya lancar ia juga tidak akan cepat merasa lelah. Wah, sangat menarik bukan manfaatnya?

Mencegah Anemia

Bagi kamu yang sudah terlampau sering mengalami gejala anemia, sebaiknya jangan dibiarkan begitu saja karena bisa berbahaya. Perbanyak mengonsumsi makanan yang tinggi zat besi adalah salah satu cara yang bisa kamu terapkan. Di dalam daun kelor, terdapat kandungan tinggi niazimicin dan potassium yang sekaligus memberikan asupan zat besi tinggi secara alami. Namun perlu digaris bawahi bahwa kamu juga harus rutin mengonsumsinya bersama dengan makanan kaya vitamin lainnya agar bisa mencegah dan mengobati anemia.

Itulah manfaat daun kelor bagi kesehatan yang harus kamu ketahui agar tidak ragu lagi mengonsumsinya. Kebanyakan orang lebih memilih mengonsumsi daun kelor dengan cara disayur. Namun, tak sedikit pula yang menjadikannya jus sebagai obat dan suplemen alami. Kalau kamu lebih suka yang mana nih?

Posting Komentar

Bijaklah dalam berkomentar. Pertanyaan, kritik dan saran dipersilahkan. Komentar dengan spam link akan otomatis terhapus.