Table of Content

10 Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan

Apa saja manfaat bawang putih? Berikut 10 khasiat bawang putih untuk kesehatan

Makanan pasti terasa kurang sedap bila tidak menggunakan bawang putih. Namun tak hanya populer sebagai bumbu dapur saja, bawang putih juga kerap digunakan sebagai herbal alami untuk mengatasi penyakit tertentu. Pasalnya, bawang putih memang memiliki banyak kandungan yang dibutuhkan oleh tubuh seperti lemak, gula alami, berbagai mineral, serta vitamin.

Manfaat Bawang PutihImage by jacqueline macou from Pixabay

Selain itu tak sedikit orang yang mengonsumsi bawang putih mentah untuk menjaga kebugaran tubuh. Tumbuhan yang memiliki nama latin Allium sativum ini juga memiliki senyawa sulfur yang membentuk allicin untuk kesehatan tubuh. Sebenarnya apa saja sih manfaat bawang putih bagi kesehatan? Simak informasinya di bawah ini.

Mencegah Penyakit Kanker

Penyakit yang masih menjadi momok menakutkan bagi setiap orang ini bisa menyerang siapa saja. Ketika seseorang telah didiagnosa memiliki sel kanker, maka berbagai pengobatan harus dijalani dengan waktu dan biaya yang tidak sedikit pula. Untuk itu, sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh dan salah satunya adalah mengonsumsi bawang putih.

Antioksidan bawang putih yang tinggi bisa mencegah terjadinya pembentukan zat karsinogen pada tubuh. Kandungan tersebut juga bermanfaat untuk memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak sehingga ada poliferasi pada sel.

Menjaga Kesehatan Pencernaan

Manfat bawang putih bagi kesehatan selanjutnya adalah menjaga kesehatan pencernaan. Bebapa penelitian menunjukkan bawah bawang putih mempunyai senyawa allyl sulfide yang bisa membantu melawan bakteri jahat pada usus yang kerap menimbulkan masalah kesehatan. Untuk itu jangan ragu mengonsumsi bawang putih agar sistem pencernaan tetap terjaga.

Menjaga Kesehatan Jantung

Untuk melindungi intraseluler yang ada pada jantung, tubuh harus diberi asupan hidrogen sulfida alami yang menyehatkan. Nah, di sinilah peran bawang putih bekerja. Namun harus digaris bawahi bahwa hidrogen sulfida tidak boleh dikonsumsi dalam jumlah yang banyak karena bisa berpotensi menyebabkan keracunan.

Pada beberapa praktik pengobatan tradisional, biasanya bawang putih yang digunakan untuk menjaga kesehatan jantung adalah bawang putih tunggal atau bawang putih lanang. Banyak orang yang mengolahnya menjadi black garlic untuk membantu menyehatkan tubuh, terutama organ jantung. Kamu sudah coba belum?

Menstabilkan Tekanan Darah dan Kolesterol

Manfaat yang satu ini juga erat kaitannya dengan kondisi jantung. Namun, lebih luas lagi jika tubuh memiliki tekanan darah yang tinggi dan kolesterol jahat, akan muncul banyak gejala penyakit yang sangat merugikan. Jangan khawatir karena sejak turun temurun masyarakat telah mempercayai bahwa bawang putih bisa menurunkan kolesterol dan tekanan darah.

Penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Nutritional Biochemistry juga menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi ekstrak bawang putih secara rutin akan memiliki kadar kolesterol yang lebih terkontrol daripada orang yang tidak memakannya dengan frekuensi tetap.

Mencegah dan Mengobati Pilek

Pernahkah kamu terkena flu lalu disarankan untuk memakan bawang putih mentah? Ternyata, manfaatnya memang nyata lho. Banyak sumber literatur yang menyebutkan bahwa bawang putih memiliki kandungan antibakteri dan antivirus yang bisa menjaga mencegah tubuh untuk terkena flu. Kandungan tersebut akan ‘membentengi’ diri dari sumber penyakit seperti flu yang menular. Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa proses penyembuhan pada orang yang gemar mengonsumsi bawang putih lebih cepat.

Namun perlu diingat kamu tidak boleh memasak bawang putih terlalu lama jika tidak ingin kandungan allicin di dalamnya lenyap. Bila perlu, kamu bisa kok langsung mengunyahnya begitu saja tanpa memasak terlebih dahulu. Atau jika kurang menyukai aroma dan rasanya karena belum terbiasa, kamu bisa menumbuknya hingga halus dan campurkan dengan madu saat mengonsumsinya. Sangat simple bukan?

Mengobati Sakit Gigi

Hayo, siapa nih yang sering sakit gigi? Masalah gigi seperti gigi berlubang memang akan menimbulkan nyeri di kemudian hari jika tidak segera diobati. Oleh sebab itu kamu perlu berkonsultasi dengan dokter gigi untuk mendapatkan perawatan yang tepat agar sakit gigi tidak berulang. Tapi kalau dalam keadaan darurat dan sakit gigi tiba-tiba menyerang, kamu bisa mencoba meredakannya menggunakan bawang putih.

Bawang putih akan meredakan nyeri dan membantu menyingkirkan kuman yang menyebabkan sakit gigi. Namun jangan gunakan bubuk bawang putih ya karena tidak akan efektif. Pilihlah bawang putih yang segar untuk dihaluskan dan langsung letakkan pada gigi yang sakit atau nyeri. Akan lebih simple lagi jika kamu langsung mengunyah saja bawang putih di bagian gigi yang sakit.

Melancarkan Detoks

Terlalu banyak terpapar sinar ultraviolet yang menyebabkan efek radikal bebas, terkena paparan timbal, atau kondisi tubuh yang mudah sakit menunjukkan bahwa kamu membutuhkan detoks. Dengan melakukan detoks, maka racun beserta zat yang berbahaya pada tubuh akan dikeluarkan melalui urine.

Terdapat penelitian yang menunjukkan ternyata bawang putih bisa membantu proses detoks lebih cepat pada seseorang yang banyak terpapar timbal. Nah, dalam hal ini bawang putih bahkan mengurangi gejala-gejala penyakit yang ditimbulkan seperti pusing. Wah, sangat mengagumkan bukan manfaatnya?

Meningkatkan Kesehatan Tulang

Selain bawang merah, rempah primadona yang bisa membantu meningkatkan kesehatan tulang adalah bawang putih. Memang benar bahwa susu mengandung banyak kalsium yang dibutuhkan oleh tulang. Selain itu, kamu pun bisa memilih untuk mengonsumsi sayur-sayuran. Namun siapa sangka ternyata bawang putih juga memiliki fungsi yang sama dalam menjaga dan meningkatkan kesehatan tulang terutama pada Wanita menopause.

Penyakit pada tulang juga ditandai dengan efisiensi estrogen sehingga menyebabkan gejala pengeroposan tulang. Sebuah studi menunjukkan bahwa dengan mengonsumsi bawang putih secara rutin, maka kesehatan tulang akan tetap terjaga. Perlu diingat bahwa hal ini berlaku untuk bawang putih mentah ya.

Meningkatkan Kesuburan

Sudah menjadi pengetahuan umum bahwa bawang putih memiliki kandungan antioksidan yang sangat tinggi. Karena itulah bawang putih memiliki manfaat untuk meningkatkan kesuburan. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Herbmed Pharmacology menunjukkan bahwa kadar antioksidan yang tinggi dari bawang putih bisa menjaga struktur testicular dan kadar testosterone.

Tak hanya itu saja, bawang putih juga dikenal populer di kalangan pria karena bisa mengatasi impotensi lho. Dengan mengonsumsi bawang putih mentah, maka aliran darah akan semakin lancar menuju penis sehingga bisa merangsang ereksi lebih lama.

Menyehatkan Kulit

Bawang putih bisa membantu untuk menyehatkan kulit dalam dunia kecantikan. Bahkan, bawang putih adalah salah satu bahan herbal andalan dikala ada jerawat membandel. Karena kandungan antibakteri dan senyawa asam sulfenat pada bawang putih bisa mengatasi penyakit pada kulit, reaksi alergi, bahkan bekas jerawat. Sudah pernah membuktikannya atau belum nih?

Itulah 10 manfaat bawang putih bagi kesehatan yang wajib kamu ketahui. Selain mudah dan murah untuk didapatkan, bawang putih juga kaya manfaat. Jangan ragu mengonsumsi bawang putih dengan dalih akan menyebabkan bau badan. Selama mengonsumsinya dalam takaran yang tepat, kamu akan mendapatkan manfaatnya secara maksimal.

Abu Noura. Menulis blog sejak 2010. Tech Enthusiast. Senang merekomendasikan produk gadget terbaik. LinkedIn

Posting Komentar

Bijaklah dalam berkomentar. Pertanyaan, kritik dan saran dipersilahkan. Komentar dengan spam link akan otomatis terhapus.