Table of Content

10 Manfaat Bawang Merah untuk Kesehatan

Apa saja manfaat bawang merah? Berikut 10 khasiat bawang merah untuk kesehatan

Rasanya tak ada masakan khas Indonesia yang tidak menggunakan bawang merah sebagai bahan bumbu penyedap alami. Bukan hanya sebagai penyedap saja, tetapi bawang merah juga kerap dimanfaatkan sebagai obat alami untuk kesehatan tubuh. Pasalnya, bawang merah mengandung allicin, quercetin, dan flavonoid sebagai antioksidan yang bermanfaat untuk kebugaran tubuh. Selain itu, bawang merah juga memiliki kandungan polifenol, vitamin, dan mineral yang dibutuhkan tubuh.

Manfaat Bawang MerahImage by Hans Braxmeier from Pixabay

Menilik hal tersebut, sangat wajar jika bawang merah menjadi bumbu dapur sekaligus obat alami. Mengonsumsi bawang merah bisa menjadi cara paling simple untuk menjaga kesehatan. Apa saja sebenarnya manfaat bawang merah bagi kesehatan? Simak informasinya sebagai berikut.

Mengobati Diabetes

Ketika seseorang didiagnosis memiliki penyakit diabetes, maka kadar gula dalam darahnya harus dikontrol dengan baik. Apalagi mengingat bahwa penyakit diabetes bisa kambuh kapan saja sehingga dibutuhkan langkah yang tepat untuk mencegahnya. Penelitian yang dipublikasikan pada Jurnal Kesehatan Perintis menunjukkan bahwa bawang merah memiliki senyawa yang bersifat hipoglikemia untuk membantu menurunkan kadar gula darah.

Penderita diabetes melitus banyak disarankan mencoba metode food therapy menggunakan bawang merah yang diolah menjadi gel untuk dikonsumsi di pagi hari. Namun tentu saja harus disertai pola hidup yang sehat agar mendukung proses penyembuhan.

Membantu Menjaga Kesehatan Tulang

Manfaat bawang merah bagi kesehatan selanjutnya adalah membantu menjaga kesehatan tulang. Meskipun masih dibutuhkan penelitian yang lebih lanjut mengenai hal ini, namun ada beberapa penelitian yang menunjukkan bahwa mengonsumsi bawang merah dengan rentang waktu frekuensi tetap bisa menambah kepadatan tulang 5% pada wanita menopause. Selain itu, kandungan antiinflamasi dan senyawa pada bawang merah turut mengurangi resiko osteoporosis lho.

Menjaga Kesehatan Mata

Meskipun sering membuat orang ‘nangis’, namun bawang merah ternyata sangat baik hati karena bisa menjaga kesehatan mata dengan vitamin yang terkandung di dalamnya. Menariknya lagi, ada pengobatan tradisional yang dilakukan untuk menyembuhkan mata yang sakit menggunakan bawang merah. Peran penting bawang merah untuk kesehatan mata adalah manfaatnya yang bisa mencegah terjadinya degenerasi makula pada gejala katarak awal. Mulai saat ini, jangan ragu mengonsumsi bawang merah ya.

Menyehatkan Kulit

Jika kulitmu kering, itu berarti kamu perlu mengonsumsi vitamin lebih banyak. Kebutuhan vitamin A, C, dan K yang tercukupi akan berdampak pada kulit yang lembab dan sehat. Di samping mengandalkan body care, cobalah mengonsumsi bawang merah dalam jumlah yang lebih banyak daripada biasanya.

Jika selama ini merasa enggan menggunakan banyak bawang merah dalam masakan, kamu bisa mengolahnya dengan cara membuat bawang goreng. Secara alami, bawang merah membantu kulit untuk tetap sehat. Bahkan ada cara kuno yang memanfaatkan bawang merah untuk kecantikan kulit wajah.

Mengatasi Hipertensi

Sama seperti bawang putih, bawang merah juga adalah teman bagi penderita hipertensi. Namun uniknya, beberapa literatur mengatakan bahwa bagian bawang merah yang mengandung banyak antioksidan adalah justru bagian kulitnya. Selama ini bawang memang populer sebagai salah satu bumbu dapur yang memiliki antioksidan tinggi. Mengupas kulit bawang merah justru hanya merugikan saja karena di kulitnya tersimpan antioksidan yang lebih besar dari umbinya sendiri.

Hal tersebut diperkuat dengan kenyataan bahwa kulit bawang merah memiliki kandungan flavonoid dan serat yang bisa membantu untuk mengatasi hipertensi. Praktik homeopati yang memanfaatkan unsur alami sebagai jalan pengobatan juga kerap menggunakan bawang merah sebagai bahan utama untuk mengobati masalah kesehatan.

Mencegah Penyakit Jantung

Masih seputar zat antioksidan yang juga mengatasi hipertensi, yakni quercetin dan allicin, merupakan kandungan yang berperan penting untuk mencegah penyakit jantung. Kedua zat tersebut sama-sama mengurangi bahkan mencegah adanya penumpukan plak di arteri. Kandungan antioksidan pada bawang merah juga membuat oksigen reaktif menurun.

Hal yang juga membuat bawang merah sangat bermanfaat bagi kesehatan terutama mencegah penyakit jantung adalah karena senyawanya bekerja dengan baik apabila dikonsumsi dengan kadar yang tepat. Dalam hal senyawa antioksidan, senyawa allicin bertugas memberi glutation dalam tubuh tetap stabil dan memerangi resiko penyajit jantung. Nah, apakah kamu masih ragu dan tidak menyukai bawang merah?

Meningkatkan Kesehatan Otak

Bagi yang sering pikun atau lupa, kamu bisa memanfaatkan bawang merah sebagai langkah awal untuk mengatasinya. Setiap kandungan nutrisi yang masuk ke tubuh tentu akan berdampak pada organ-organ vital, termasuk otak. Penyebab utama mengapa bawang merah bermanfaat bagi kesehatan otak adalah karena kandungan folat. Maka tak heran jika salah satu manfaat bawang merah bagi kesehatan yang diperhatikan adalah mengenai betapa berjasanya umbi yang satu ini dalam menangani masalah pikun atau cepat lupa.

Bahkan dalam salah satu informasi yang dirilis oleh Kementerian Kesehatan menyatakan bahwa fungsi kerja otak pada penderita Alzheimer bisa ditingkatkan menggunakan bawang merah. Adanya senyawa pyrithione dikenal bisa melawan radang dan merangsang aktivitas neurologis. Wah, sangat menarik ya?

Mengurangi Resiko Penyakit Kanker

Manfaat bawang merah bagi kesehatan selanjutnya yakni untuk mengurangi resiko penyakit kanker. Menurut beberapa sumber literatur, bawang merah mengandung zat yang bisa membunuh sel kanker tiga kali lipat lebih efektif dibanding jenis bawang lainnya.

Penelitian yang dipublikasikan pada jurnal Asian Pacific Journal of Cancer Prevention menunjukkan bahwa bawang merah bermanfaat menghambat pertumbuhan sel kanker karena memiliki ekstrak etil asetat. Karena kandungannya yang memuat antiinflamasi, bawang merah dijadikan sebagai salah satu andalan herbalis.

Mencegah Infeksi Penyakit

Masih seputar kandungan antiinflamasinya, bawang merah juga bisa membantu mencegah infeksi penyakit lho. Beberapa pengobatan tradisional mengandalkan bawang merah untuk mengobati demam, flu, hingga sakit perut dan sakit tenggorokan. Untuk mencegah adanya infeksi lebih lanjut, bawang merah bisa dijadikan penolong sebagai obat alami yang mudah didapatkan.

Namun memang hal tersebut masih dibutuhkan lebih banyak penelitian ilmiah. Jika telah terbiasa dengan jalan pengobatan tradisional, kamu tentu tidak asing lagi mengenai hal ini. Tak hanya itu saja, karena bawang merah memiliki senyawa protein yang juga sekaligus membuat kekebalan tubuh perlahan membaik sehingga infeksi tidak terjadi.

Menjaga Kesehatan Rambut

Bukan hanya organ tubuh bagian dalam yang bisa sehat karena mengonsumsi bawang merah. Ternyata mahkota tubuh ini juga bisa sehat karena bawang merah. Pasalnya, ada kandungan vitamin dan sulfur yang bermanfaat memberi kekuatan pada akar rambut. Jika mempunyai ketombe dan kutu, bawang merah juga siap membasminya dengan segera.

Biasanya kondisi rambut rusak disebabkan karena kurangnya nutrisi pada akar rambut sehingga menandakan butuhnya perawatan ekstra. Kamu sudah coba perawatan rambut dengan bawang merah atau belum nih?

Manfaat bawang merah bagi kesehatan memang sangat banyak. Jadi, tidak hanya sekedar pelengkap suatu masakan saja. Walaupun sering membuat mata menangis, namun bawang merah bisa diandalkan untuk menyehatkan badan.

"A man may esteem himself happy when that which is his food is also his medicine."

Posting Komentar

Bijaklah dalam berkomentar. Pertanyaan, kritik dan saran dipersilahkan. Komentar dengan spam link akan otomatis terhapus.