Table of Content

Cara Menghilangkan Komedo Secara Alami

Berikut cara menghilangkan komedo secara alami

Munculnya komedo adalah kondisi dimana pori-pori tersumbat dengan bakteri, sebum, dan sel kulit mati. Pada umumnya komedo terlihat seperti bitnik hitam pada area T-Zone di wajah. Jika tidak kunjung menghilang, tentu saja membuat kepercayaan diri menjadi berkurang karena make-up biasanya akan crack dengan munculnya bintik komedo. Selain menjaga kebersihan dan memperbaiki skin barrier saat kulit wajah banyak menimbulkan masalah, komedo harus segera diatasi dengan perawatan tersendiri.

Meskipun saat ini telah banyak brand yang menawarkan klaim menghilangkan dan mengurangi komedo, kamu bisa mencoba cara alami untuk mengatasinya. Cara menghilangkan komedo secara alami tentu saja tidak bisa memberikan hasil yang instan karena harus telaten dan teratur dalam praktiknya. Mari simak cara alami menghilangkan komedo yang bisa kamu terapkan dengan mudah di rumah.

Lidah Buaya

Cara Menghilangkan Komedo Secara AlamiImage by Rosina-Sch from Pixabay

Lidah buaya memang menjadi primadona untuk perawatan wajah. Kandungan antiinflamasi, antioksidan, dan bermacam vitamin dalam lidah buaya akan membantu memberantas komedo membandel. Tak hanya itu saja, jika kamu secara rutin melakukan perawatan wajah dengan lidah buaya maka kulit wajah akan halus dan terhindar dari penuaan dini lho. Untuk menggunakan lidah buaya sebagai penghilang komedo, lakukan langkah-langkah sebagai berikut:

  • Kupas lidah buaya dan ambil bagian daging atau gel-nya saja
  • Lumat dan haluskan dengan perlatan bersih
  • Oleskan secara merata di seluruh wajah dan tunggu sejenak atau hingga kering
  • Bilas dengan air mengalir (disarankan menggunakan air hangat)
  • Lakukan secara rutin setiap hari agar komedo segera hilang

Oatmeal

Cara menghilangkan komedo secara alami berikutnya adalah dengan menggunakan oatmeal. Oatmeal merupakan olahan dari oat atau avena sativa yang biasanya dikonsumsi oleh penderita diabetes agar kadar gula di dalam tubuh tidak semakin melonjak. Namun tahukah kamu bahwa oatmeal juga bisa menghilangkan komedo? Tentunya bukan dengan cara dimakan ya, melainkan dengan cara diolah Kembali menjadi masker.

Di dalam oatmeal terdapat kandungan saponin yang bisa membantu membersihkan wajah dari sebum atau kotoran. Jika kulitmu termasuk kulit sensitive dan jarang dieksfoliasi, manfaatkanlah oatmeal sebagai eksfoliasi alami. Tak perlu berlama-lama, langsung saja catat cara menghilangkan komedo dengan menggunakan oatmeal berikut ini:

  • Siapkan 1 sdm oatmeal, 2 sdm yogurt tawar, dan perasan lemon secukupnya
  • Campurkan seluruhnya dan aduk rata hingga bertekstur seperti pasta
  • Oleskan pada bagian wajah yang terdapat komedo dan diamkan hingga kering
  • Bilas dengan air hangat

Bubuk Kopi

Apapun jenis komedonya, sudah pasti jika komedoan akan membuat jengkel karena kondisi kulit yang tidak mulus. Salah satu cara populer untuk menghilangkan komedo adalah dengan melakukan scrubbing wajah secara rutin. Nah, kamu suka scrub mengusir komedo dengan bahan apa nih? Yuk, coba cara menghilangkan komedo secara alami dengan menggunakan bubuk kopi. Ikuti cara di bawah ini ya:

  • Siapkan terlebih dahulu 1sdm bubuk kopi dan 1sdm minyak kelapa murni
  • Campurkan kedua bahan tersebut hingga rata
  • Oleskan secara merata pada area wajah yang terdapat komedo sambil dipijat halus
  • Diamkan sejenak hingga kering, lalu bilas dengan air mengalir

Cara ini dikenal ampuh dalam mengusir komedo karena scrub kopi termasuk tidak kasar. Apabila dilakukan secara rutin, maka komedo akan segera hilang dan kulit akan terasa lembab.

Kulit Jeruk

Tak hanya isinya saja, kulit dari buah segar yang kaya dengan kandungan vitamin C ini juga bisa dimanfaatkan. Kulit jeruk memiliki minyak esensial dan antioksidan yang bisa memberi efek estringen. Jika menggunakan kulit jeruk secara rutin di malam hari sebelum tidur, maka produksi minyak berlebih pada wajah akan berkurang dan pori-pori pun akan bersih. Jika memakan buah jeruk, jangan dibuang kulitnya. Ayo manfaatkan sebagai cara menghilangkan komedo secara alami dengan langkah berikut ini:

  • Parut kulit jeruk secukupnya dan tambahkan sedikit air hingga berbentuk esensial
  • Campurkan dan aduk lalu oleskan ke bagian wajah yang berjerawat
  • Diamkan hingga mengering lalu bilas dengan air dingin

Cara ini paling tepat diterapkan saat malam hari sebelum tidur karena jika dilakukan pada siang hari bisa berpotensi menimbulkan bintik hitam.

Lemon

Kandungan vitamin C yang kaya dari lemon memang didambakan oleh perawatan kesehatan dan kecantikan. Ada banyak sekali brand kecantikan yang menggunakan ekstrak lemon untuk mencerahkan wajah. Disamping itu, manfaatnya juga diklaim sebagai penghalus kulit dan meremajakan lapisan kulit. Tak heran, lemon menjadi bahan andalan para beauty addict. Lalu, bagaimana cara memanfaatkan lemon sebagai penghilang komedo secara alami? Gampang, cukup ikuti cara di bawah ini:

  • Siapkan satu butir lemon berukuran sedang dan gula pasir
  • Peras buah lemon untuk diambil airnya saja lalu campurkan dengan gula pasir
  • Oleskan merata pada wajah dan scrub atau gosok secara perlahan
  • Bilas dengan air dingin

Cara ini hendaknya dilakukan secara rutin selama 2x dalam seminggu. Jika menurut kamu terlalu ribet, kamu bisa juga mengoleskan langsung irisan tipis lemon ke bagian wajah terutama di bagian komedo. Diamkan selama 15 menit dan jangan lupa bilas.

Putih Telur

Cara ini sempat viral beberapa waktu yang lalu dan tidak sedikit yang menyatakan bahwa menggunakan putih telur memang benar-benar bisa mengangkat komedo. Namun, jika yang tidak menyukai aroma telur mentah biasanya akan lebih memilih untuk menggunakan nose porepack yang lebih praktis. Jika kamu tidak masalah dengan aroma putih telur, kamu bisa mencoba cara menghilangkan komedo secara alami dengan putih telur di bawah ini:

  • Pisahkan putih dan kuning telur karena yang akan digunakan adalah bagian putihnya saja
  • Oleskan putih telur ke seluruh wajah atau hidung saja dan bagian yang terdapat komedo
  • Lapisi permukaan wajah dengan tisu layaknya sedang menggunakan sheet mask
  • Tekan tisu dan tunggu hingga benar-benar kering
  • Angkat atau tarik tisu Ketika benar-benar kering sempurna

Teh Hijau dan Madu

Teh hijau memang istimewa karena kandungan antioksidannya yang tinggi. Oleh sebab itu, di dunia herbal teh hijau menjadi andalan untuk menjaga kebugaran tubuh. Selain diminum, teh hijau diambil ekstraknya untuk bahan skin care dengan harga yang juga tidak murah lho. Tapi tenang saja karena kamu bisa memanfaatkan teh hijau yang dijual di pasaran untuk menghilangkan komedo. Selain praktis, tentu saja lebih hemat. Yuk, intip caranya di bawah ini:

  • Siapkan terlebih dahulu satu kantong teh hijau dan 2 sdm madu
  • Gunting kantong teh hijau dan ambil bubuk tehnya saja lalu campurkan dengan madu
  • Oleskan secara merata pada wajah dan tunggu sejenak
  • Jangan lupa bilas menggunakan air hangat

Nah, itulah cara menghilangkan komedo secara alami yang sangat praktis. Kamu bisa memanfaatkan bahan herbal yang ada di rumah untuk mengusir komedo yang membandel. Pastikan untuk senantias menjaga kebersihan wajah agar komedo tidak semakin banyak ya.

Posting Komentar

Bijaklah dalam berkomentar. Pertanyaan, kritik dan saran dipersilahkan. Komentar dengan spam link akan otomatis terhapus.