Table of Content

Cara Menghilangkan Kantung Mata Secara Alami

Berikut cara menghilangkan kantung mata secara alami

Tak bisa dipungkiri memiliki kantung mata yang tebal dan membengkak sangat mengganggu penampilan. Apalagi jika keesokan harinya harus bekerja dan kantung mata tetap tidak hilang. Sebagian besar orang juga beranggapan bahwa memiliki kantung mata yang besar bisa menyebabkan wajah tidak fresh untuk dilihat. Maka tak heran banyak klinik kecantikan yang menawarkan prosedur teknis untuk menghilangkan kantung mata dengan harga yang tidak murah.

Sebelumnya perlu diketahui bahwa kantung mata bisa membengkak karena banyak faktor. Mulai dari faktor genetik, stress, kurang tidur, dan penyebab lainnya bisa memicu kantung mata timbul. Jika tidak ingin merogoh kocek dalam-dalam untuk menghilangkan kantung mata, kamu bisa mencoba salah satu dari beberapa cara menghilangkan kantung mata secara alami berikut ini.

Masker Timun

Cara Menghilangkan Kantung Mata Secara AlamiImage by monicore from Pixabay

Nah, kalau cara yang satu ini tentu sangat familiar dalam dunia kecantikan. Kamu juga pasti sudah sering melihat banyak yang memanfaatkan irisan timun sebagai masker langsung pada mata karena sangat praktis. Hal tersebut tidaklah mengherankan mengingat timun memiliki kandungan mineral, vitamin, dan juga air yang banyak. Oleh sebab itu timun bisa bermanfaat untuk memberikan efek segar pada mata. Saat lelah bekerja dan stress, biasanya mata akan terlihat lesu dan muncul kantung mata. Yuk, manfaatkan timun sebagai solusi praktis.

Selain menempelkan irisan timun beberapa saat pada mata, kamu juga bisa membuat masker timun agar hasilnya maksimal. Cukup blender timun dan campurkan sedikit madu ke dalamnya. Setelah itu kamu bisa mengoleskannya di seluruh wajah lalu tebalkan pada area kantung mata. Biarkan selama beberapa menit dan jangan lupa bilas.

Kompres Kantung Teh

Cara pertama untuk menghilangkan kantung mata adalah mengompresnya dengan kantung teh. Cara ini memang sangat praktis dan tidak membutuhkan waktu lama untuk mendapatkan hasilnya. Jika selesai menyeduh teh, jangan dibuang begitu saja kantungnya karena bisa bermanfaat lho. Namun sangat disarankan hendaknya kantung teh yang digunakan adalah teh hijau. Hal ini dikarenakan teh hijau memiliki kandungan antioksidan tinggi yang sangat bermanfaat.

Pertama, kamu harus menyiapkan terlebih dahulu kantung teh hijau basah. Lalu masukkan ke dalam cangkir kosong atau mangkuk kecil dan dinginkan di kulkas selama beberapa jam. Setelahnya kamu bisa mengompres kantung mata dan biarkan sejenak hingga sensasi dinginnya hilang. Lakukan secara rutin agar kantung mata lekas menghilang. Bagaimana? Sangat simple bukan?

Kompres Es Batu

Siapa bilang es batu hanya untuk menghilangkan dahaga? Ketika kantung mata membengkak, kamu bisa kok memanfaatkan es batu untuk meredakannya. Sensasi dinginnya akan membuat rileks sehingga aliran darah dan jaringan pun akan lancar. Es batu memiliki fungsi untuk mengontrol peradangan pada jaringan yang disebut dengan lantar fascia. Tak cukup itu saja, jika kamu rajin mengoleskan es batu pada kulit wajah, maka bisa menghilangkan bekas jerawat dan beruntusan lho.

Cara menghilangkan kantung mata secara alami dengan menggunakan es batu tidaklah sulit. Cukup siapkan beberapa balok es batu dan handuk bersih untuk membungkusnya. Setelah itu tempelkan di area bawah mata dengan beberapa kali jeda. Jangan lupa untuk melakukan cara ini dengan rutin agar kantung mata cepat kempes ya.

Masker Lemon dan Jeruk Nipis

Lemon dan jeruk nipis adalah duo kombo yang sangat diandalkan untuk membakar lemak dan menyehatkan tubuh. Selain itu, keduanya bisa kamu manfaatkan sebagai masker di area kantung mata. Tempelkan irisan lemon atau jeruk nipis selama 10 menit setiap hari sebelum tidur. Cara ini sangat simple dan bisa membuat area bawah mata menjadi sehat lho.

Mengoleskan Scrub Daun Mint

Rasa pedas serta aromanya yang segar sukses membuat siapapun merasa rileks setelah mengonsumsi daun mint. Namun ternyata tahukah kamu bahwa daun mint juga bisa digunakan sebagai bahan untuk menghilangkan daun mata? Sensasi dinginnya akan membantu menenangkan kulit dan perlahan kantung mata yang membengkak akan segera mereda. Jika kamu memiliki stok daun mint di rumah yang biasnaya digunakan untuk membuat teh herbal, gunakan saja sebagai scrub kantung mata.

Pertama, siapkan beberapa helai daun mint segar yang telah dicuci bersih. Selanjutnya tumbuk dengan sedikit air saja. Kamu bisa mengoleskannya pada kantung mata sambil dipijat perlahan dan diamkan sejenak selama kurang lebih 10 menit. Jangan lupa bilas dengan air dingin setelah agak mengering.

Mengoleskan Minyak Zaitun

Cara menghilangkan kantung mata selanjutnya adalah dengan menggunakan minyak zaitun sebagai olesan di kantung mata. Selama ini memang minyak zaitun dikenal bisa menghaluskan dan menyehatkan kulit. Kandungan lemak sehat, mineral, dan vitamin serta antioksidannya bisa membantu menghilangkan kantung mata dan mata panda lho. Tak hanya sebagai obat oles, minyak zaitun juga kerap dikonsumsi secara langsung untuk mendapatkan kesehatan yang prima.

Nah, untuk menghilangkan kantung mata dengan minyak zaitun, kamu hanya perlu mengoleskannya di area kantung mata saja. Jangan lupa untuk memijat secara perlahan agar peredaran darah di kulit menjadi lancar. Alhasil, mata kamu akan terlihat segar karena terhidrasi.

Mengoles Gel Lidah Buaya

Tanaman kaya manfaat ini mengandung vitamin A, vitamin C, dan vitamin E yang menutrisi kulit. Antiinflamasi pada lidah buaya juga bisa mengobati berbagai masalah kesehatan di kulit. Oleh sebab itu tak perlu ragu memanfaatkannya sebagai obat ole salami saat kantung mata membesar.

Caranya juga tergolong sangat simple. Siapkan satu batang lidah buaya dan kupas untuk mengambil gel-nya saja. Selanjutnya gel tersebut bisa dihaluskan atau langsung dioleskan pada mata. Diamkan hingga mengering lalu bilas dengan air bersih. Jangan lupa rutin oleskan setiap malam agar kulit tetap sehat dan bebas kantung mata ya.

Mengonsumsi Makanan Kaya Vitamin C dan Zat Besi

Nah, kalau yang satu ini bukan persoalan yang berhubungan langsung dengan area kantung mata namun secara general pada tubuh. Kantung mata bisa timbul karena otot jaringan atau lemak di kantung mata mengendur. Oleh sebab itu, makanan dan minuman dengan konsentrasi asam amino, zat besi, dan vitamin C sangat diperlukan agar tubuh bisa memproduksi asam hialuronat untuk membuat kulit tetap sehat.

Makanan yang kaya akan kandungan vitamin C diantaranya adalah jambu biji, jeruk, stroberi, kubis, dan lainnya. Jika terlalu enggan untuk mengunyah, kamu bisa mengolahnya menjadi jus sayur atau jus buah agar tubuh bisa memperoleh nutrisinya dengan maksimal. Sementara makanan yang kaya zat besi bisa kamu dapatkan dari daging, sayuran hijau, dan kacang-kacangan.

Demikianlah cara menghilangkan kantung mata secara alami tanpa ribet. Selain mencoba cara di atas, kamu juga harus menerapkan pola hidup sehat dan tidur yang cukup. Sebisa mungkin lakukan olahraga secara teratur agar secara keseluruhan kondisi tubuh dalam keadaan bugar.

Abu Noura. Menulis blog sejak 2010. Tech Enthusiast. Senang merekomendasikan produk gadget terbaik. LinkedIn

Posting Komentar

Bijaklah dalam berkomentar. Pertanyaan, kritik dan saran dipersilahkan. Komentar dengan spam link akan otomatis terhapus.