Table of Content

Cara Memutihkan Gigi Secara Alami

Berikut cara memutihkan gigi secara alami

Gigi yang putih dan bersih adalah dambaan bagi setiap orang. Oleh sebab itu banyak yang rela merogoh kocek sangat banyak untuk membuat gigi yang tampak kuning berubah menjadi putih. Sebenarnya, gigi memang secara alami tidak berwarna sangat putih yang diidamkan oleh sebagian orang. Penyebab gigi menjadi berawarna kuning pun ada banyak, seperti gemar mengonsumsi alkohol, malas menggosok gigi, faktor penyakit, dan lainnya.

Saat ini telah banyak perawatan untuk memutihkan gigi di klinik kecantikan dengan biaya yang tidak murah. Namun jangan khawatir karena kamu bisa memutihkan gigi secara alami di rumah. Cara dan bahan yang dibutuhkan pun tidak ribet. Check this out!

Kunyit

Cara Memutihkan Gigi Secara AlamiImage by Steve Buissinne from Pixabay

Meskipun memiliki pigmen warna kuning, jangan salah sangka bahwa kunyit akan membuat gigi bertambah kuning. Kandungan vitamin dan mineral serta antiinflamasi pada kunyit memang sangat terkenal dalam dunia pengobatan herbal tradisional. Dengan menggunakan kunyit sebagai bahan utama untuk memutihkan gigi secara alami, kamu tidak hanya mendapatkan gigi yang putih bersih melainkan juga kondisi gigi dan mulut yang sehat.

Jangan khawatir akan ribet dan menghabiskan banyak biaya dalam proses ini. Kamu bisa menyiapkan terlebih dahulu bubuk kunyit secukupnya atau 1 sendok teh saja beserta sejumput garam halus. Selanjutnya teteskan sedikit air dan aduk hingga menjadi pasta. Gunakan pasta ini untuk menggosok gigi secara perlahan selama sekitar 4 menit. Terakhir, bilas dan berkumur hingga bersih. Jika dilakukan secara rutin, nafas juga akan terasa segar.

Lemon

Cara memutihkan gigi secara alami yang pertama adalah dengan menggunakan lemon. Namun jika memilih untuk menggunakan car aini, kamu harus siap-siap tahan dengan rasa masamnya. Bagi yang gemar mengonsumsi air infused water dari lemon sih pasti sudah terbiasa. Lemon bisa membantu memutihkan gigi secara alami karena mengandung senyawa asam sitrat yang sekaligus bermanfaat untuk menjaga kebersihan mulut.

Cara yang digunakan kali ini juga sederhana karena kamu hanya menyiapkan air perasan dari satu butir lemon saja. Selanjutnya campurkan dengan sedikit air kira-kira satu sendok teh. Gunakan campuran tersebut untuk menyikat gigi sebelum pada pagi hari atau sebelum tidur. Ulangi secara rutin selama satu minggu sekali agar mendapatkan hasil yang maksimal ya.

Daun Sirih

Cara yang satu ini memang sudah tidak asing lagi karena merupakan tradisi nenek moyang kita sejak zaman dahulu kala. Kegiatan menyirih yang dilakukan oleh banyak orang tua dipercaya bisa membuat gigi bersih dan kuat. Hal tersebut terbukti dengan kondisi gigi orang yang gemar menyirih mayoritas berwarna putih dan bebas gigi berlubang. Jangan heran karena daun sirih memang memiliki banyak kandungan yang bisa melawan bakteri pada gigi dan mulut sehingga bebas plak.

Untuk memutihkan gigi dengan daun sirih, kamu bisa menggosokkan beberapa lembar daun sirih yang telah dicuci bersih ke seluruh bagian gigi. Untuk yang belum terbiasa, mungkin kamu akan merasakan rasa sirih yang begitu pekat. Tidak apa-apa karena tidak berbahaya dan justru menyehatkan kok. Jadi jangan ragu menggunakan cara ini.

Garam

Selain sebagai bumbu dapur yang berjasa untuk melezatkan masakan, garam juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan lho. Pada konteks kesehatan gigi dan mulut, garam bersifat antibakteri dan bisa membantu membuat nafas segar. Bahkan garam juga biasa digunakan sebagai obat alami sakit gigi. Plak dan kuman pada gigi memang sering menyebabkan banyak masalah yang sangat menganggu aktivitas. Jika kamu mempunyai warna gigi yang agak kuning dan ingin memutihkannya secara alami, cukup berkumur saja dengan air garam dengan frekuensi yang rutin. Bila perlu, sikatlah gigi dengan menggunakan garam halus setidaknya dua kali sehari agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Baking Soda

Cara memurihkan gigi secara alami selanjutnya adalah dengan menggunakan baking soda sebagai pasta alami saat menggosok gigi. Ya, meskipun memiliki cita rasa yang sangat tidak nyaman kamu bisa mencobanya dengan takaran yang tidak berlebihan. Baking soda memiliki sifat abrasif yang secara perlahan membuat gigi tampak lebih putih dan menyingkirkan bakteri dalam mulut. Namun sebaiknya jangan lakukan terlalu sering karena berpotensi akan merusak enamel gigi ya.

Stroberi

Buah mungil berwarna merah ini memiliki rasa kombinasi manis dan masam yang segar. Kandungan vitamin C-nya sangat melimpah dan menyimpan vitamin lain yang dibutuhkan oleh tubuh. Pada beberapa praktik diet, stroberi dijadikan menu sarapan menjelang siang karena rasa segarnya. Nah, manfaat stroberi dalam menjaga kesehatan gigi juga sangat besar lho. Karena memiliki antioksidan tinggi, stroberi bisa menjaga kebersihan gigi dan mulut sehingga tidak napas senantiasa segar.

Cara memutihkan gigi secara alami dengan media stroberi tergolong simpel. Kamu perlu menyiapkan beebrapa buah stroberi segar yang telah dicuci bersih. Selanjutnya hancurkan stroberi dan gunakan sebagai pasta gigi alami. Saat menggosok gigi, diamkan beberapa saat agar kandungannya bekerja dengan baik pada gigi. Jika dilakukan secara rutin, gigi kamu akan tampak bersih dan putih.

Arang Aktif

Arang aktif atau yang dikenal pula dengan charcoal termasuk bahan alami yang paling jitu dalam memutihkan gigi. Namun jangan sampai menyamakan antara arang biasa dengan charcoal ya. Meskipun sama-sama berasal dari pembakaran kayu, namun arang aktif memiliki pori-pori untuk menyerap kotoran karena merupakan hasil pembakaran kayu bertekstur tidak keras seperti bambu dan juga dari batok kelapa. Karena itulah arang aktif bisa kamu andalkan untuk membersihkan gigi yang tampak kuning untuk mendapatkan hasil warna gigi lebih putih.

Kandungan alkali di dalam arang aktif bisa membersihkan noda-noda yang menyebabkan gigi menjadi kuning. Bonusnya adalah napas yang terasa lebih segar. Jika kamu memiliki stok kapsul arang aktif di rumah, bisa nih digunakan untuk menyikat gigi. Lakukan secara perlahan dan jangan melukai gusi ya.

Kulit Pisang

Saat memakan pisang, jangan dulu buru-buru membuang kulitnya karena bisa digunakan untuk memutihkan gigi secara alami. Kok bisa? Pasalnya, pada kulit pisang terdapat senyawa bioaktif berupa saponin yang bertugas sebagai kromogen dan membersihkan gigi secara menyeluruh. Oleh sebab itu jangan heran dengan cara yang agak unik ini. Biasanya kulit pisang yang digunakan untuk memutihkan gigi secara alami adalah kulit pisang yang cukup tebal seperti pisang ambon.

Caranya juga tidak sulit kok karena hanya perlu menggosokkan bagian dalam kulit pisang ke gigi dan biarkan selama kurang lebih 10 menit. Setelahnya kamu bisa berkumur-kumur dan sikat gigi seperti biasanya.

Itulah cara memutihkan gigi secara alami yang selama ini telah banyak dicoba. Namun tidak cukup hanya dengan melakukan cara-cara di atas karena kamu juga harus menghindari pola hidup tidak sehat dan mengurangi konsumsi makanan penyebab gigi kuning. Semoga informasi ini bermanfaat ya.

Abu Noura. Menulis blog sejak 2010. Tech Enthusiast. Senang merekomendasikan produk gadget terbaik. LinkedIn

Posting Komentar

Bijaklah dalam berkomentar. Pertanyaan, kritik dan saran dipersilahkan. Komentar dengan spam link akan otomatis terhapus.