Table of Content

10 Bahan Herbal untuk Obat Sakit Pinggang Alami

Berikut daftar bahan herbal tradisional yang bisa digunakan sebagai obat sakit pinggang alami

Flank pain atau sakit pinggang adalah masalah kesehatan berupa rasa nyeri pada bagian bawah tulang rusuk atau di atas panggul. Biasanya rasa sakit ini ada di sebelah kanan atau kiri pinggang selama beberapa saat dan bahkan dalam waktu yang lama. Otot pada pinggang juga bisa menjadi tegang setelah kamu melakukan pekerjaan yang berat sehingga menimbulkan sakit pinggang.

Namun, sakit pinggang juga bisa menjadi salah satu gejala dari penyakit tertentu seperti penyakit pada ginjal, saluran kemih, dan penyakit lainnya. Jika kamu mengalami sakit pinggang secara terus menerus atau dalam waktu yang tidak sebentar, segera periksakan diri ke dokter untuk mengetahui penyebabnya dan penanganan yang tepat. Kamu juga bisa mencoba obat alami sakit pinggang berikut ini:

Bawang Putih

Obat Sakit Pinggang AlamiImage by İbrahim Özkadir from Pixabay

Bawang putih juga bisa dijadikan sebagai obat alami sakit pinggang. Kamu tidak perlu repot-repot mencarinya karena pasti telah tersedia di dapur. Namun, untuk digunakan sebagai obat sakit pinggang, bawang putih cukup sebagai obat luar saja alias sebagai obat oles dan gosok.

Siapkan 8 siung bawang putih dan secukupnya minyak wijen atau minyak kelapa murni. Kemudian panaskan minyak tersebut dan goreng bawang putih selama 1 menit. Setelah itu matikan dan tunggulah hingga dingin. Kamu bisa menggunakannya untuk mengoles dan memijat bagian pinggang yang sakit.

Daun Sirsak

Selain buahnya yang enak dan kaya manfaat, daun sirsak juga bisa menjadi salah satu obat alami untuk sakit pinggang, lho! Bahkan, manfaat daun sirsak di dalam pengobatan herbal juga dijadikan untuk terapi herbal pada penyakit kanker. Wah, sangat bermanfaat ya tumbuhan ini.

Cara mengobati sakit pinggang dengan daun sirsak cukup mudah. Kamu harus menyiapkan daun sirsak yang tidak begitu tua sebanyak 10 sampai 15 lembar dan dicuci bersih. Kemudian rebus hingga mendidih dengan air sebanyak 6 gelas. Setelah air rebusan berkurang setengahnya, minumlah secara rutin.

Daun Dewa

Di Indonesia, daun dewa sudah sering dijadikan bahan baku obat-obatan herbal untuk mengobati berbagai jenis penyakit, tak terkecuali sakit pinggang. Manfaat tersebut hadir karena daun dewa mengandung senyawa flavonoid, saponin dan minyak atsiri yang bermanfaat untuk menyehatkan tubuh yang terserang penyakit.

Kamu cukup merebus daun dewa secukupnya atau diolah menjadi jamu. Agar manfaatnya lebih maksimal, banyak orang merebus daun dewa bersama dengan temu hitam, akar sawi langit, dan jahe merah. Namun bahan-bahan tersebut bersifat opsional saja.

Akar Ilalang

Jika daun dewa terlalu sukar didapatkan, maka cobalah alternatif lain seperti akar ilalang. Kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan tumbuhan ini. Bahkan beberapa produk pengobat panas dalam menggunakan akar ilalang sebagai bahan bakunya. Kandungan di dalam akar ilalang memang membentuk antipiretik untuk mengurangi panas. Selain itu, terdapat senyawa kimia yang serupa dengan cabai untuk mengurangi kejang pada otot pinggang yang sakit.

Sebelumnya, siapkan 7 akar ilalang yang telah dicuci bersih, lalu rebus bersama 1L air. Setelah mendidih dan tersisa setengahnya, dinginkan dan minum secara rutin.

Daun Bakung

Tumbuhan dengan daun yang panjang ini bisa dijadikan salah satu opsi untuk mengobati sakit pinggang secara alami. Biasanya selama ini daun bakung hanya digunakan sebagai tanaman hias saja. Nah, jika ada daun bakung di halaman rumah, kamu bisa memanfaatkannya saat sakit pinggang menyerang.

Siapkan sebanyak 3 helai daun bakung dan cuci hingga bersih. Setelah itu, kamu harus membakarnya hingga layu dan mengoleskan minyak kelapa di sisi daun sebelum ditempelkan ke pinggang. Kamu juga bisa merebus daun bakung yang tidak terlalu tua untuk diminum selayaknya jamu.

Rambut Jagung

Siapa sangka bahwa ternyata rambut jagung berkhasiat untuk mengobati sakit pinggang. Padahal selama ini rambut jagung kerap dianggap sebagai sampah belaka saat ingin mengolah makanan berbahan dasar jagung. Rambut jagung mengandung banyak nutrisi seperti vitamin B, vitamin C, vitamin K, minyak atsiri, berbagai mineral, dan senyawa kaya manfaat. Oleh sebab itu kamu bisa menggunakannya sebagai obat alami saat sakit pinggang.

Siapkan rambut jagung, jahe merah, adas, dan buah takokak. Cuci hingga bersih seluruhnya kemudian rebus dengan air secukupnya. Setelah mendidih, diamkan sejenak dan minum sewaktu masih hangat.

Akar Bawang Merah

Akar bawang merah ternyata juga telah eksis dikenal sebagai obat alami sakit pinggang lho! Hal ini dikarenakan kandungan kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, kalium antioksidan, dan sejumlah kandungan gizi lainnya.

Jika kamu termasuk orang yang memiliki toleransi tinggi terhadap aroma dari bawang merah, cobalah untuk membuat rebusan dari akar bawang merah, jahe merah, dan buah angco atau kurma cina. Rebus dengan air secukupnya dan angkat ketika air telah berkurang setengahnya. Minumlah secara rutin agar sakit pinggang lekas menghilang.

Kunyit

Selain jahe, kunyit juga masuk dalam jajaran rempah herbal yang laris untuk mengobati berbagai jenis penyakit. Kandungan curcumin serta antioksidan di dalam kunyit bisa membantu tubuh untuk menangkal radikal bebas yang bisa menyebabkan penyakit di kemudian hari.

Untuk menggunakan kunyit sebagai obat alami sakit pinggang, siapkan beberapa ruas kunyit segar terlebih dahulu. Kemudian kupas dan cuci hingga bersih lalu potong-potong atau bisa juga diparut. Rebus dengan air secukupnya dan minumlah selagi hangat. Dengan begini, tubuh kamu tidak hanya terhindar dari sakit pinggang saja namun juga membantu menjaga kesehatan tubuh.

Minyak Cengkeh

Pasti kamu tidak asing lagi dengan minyak cengkeh. Cengkeh adalah salah satu rempah Indonesia yang banyak digunakan dalam berbagai masakan. Namun, ekstrak atau minyak cengkeh adalah obat herbal mujarab andalan masyarakat Indonesia. Biasanya, minyak cengkeh digunakan untuk mengobati sakit gigi dikala darurat.

Untuk menggunakan minyak cengkeh sebagai obat alami sakit pinggang, oleskan pada bagian yang sakit secukupnya saja. Jangan lupa untuk memijat pinggang kamu secara perlahan agar nyeri segera mereda.

Kumis Kucing

Tanaman kumis kucing akrab di kalangan masyarakat Indonesia karena masuk jajaran TOGA atau Tanaman Obat Keluarga yang mudah ditemukan di pekarangan rumah. Selain bentuknya yang unik, tentu kumis kucing memiliki segudang manfaat sehingga masuk dalam kategori obat herbal.

Mengolah kumis kucing untuk dikonsumsi sebagai obat alami sakit pinggang sangatlah mudah. Pertama-tama, siapkan 7 helai daun kumis kucing dan 2 akar tumbuhan kumis kucing itu sendiri dan cuci semuanya hingga bersih. Rebus kedua bahan tersebut dengan segelas air dan angkat setelah mendidih. Tiriskan dan diamkan air rebusan tersebut semalaman. Minumlah pada pagi harinya dan ulangi atau konsumsi secara rutin sampai sakit pinggang hilang.

Itulah kesepuluh obat alami untuk sakit pinggang. Namun jangan lupa kamu harus mengimbangi dengan olahraga dan pola hidup yang teratur agar terhindar dari berbagai penyakit termasuk sakit pinggang ya!

Abu Noura. Menulis blog sejak 2010. Tech Enthusiast. Senang merekomendasikan produk gadget terbaik. LinkedIn

Posting Komentar

Bijaklah dalam berkomentar. Pertanyaan, kritik dan saran dipersilahkan. Komentar dengan spam link akan otomatis terhapus.