Table of Content

10 Bahan Herbal untuk Obat Sakit Kepala Alami

Berikut daftar bahan herbal tradisional yang bisa digunakan sebagai obat sakit kepala alami

Sakit kepala adalah kondisi yang sangat sering dialami oleh siapa saja. Karena jenisnya sangat beragam, penyebabnya pun juga bisa bermacam-macam. Biasanya seseorang akan mengalami sakit kepala ketika stress, kelelahan, gangguan sistem saraf, dan lainnya. Bahkan kamu juga bisa sakit kepala saat kekurangan tidur.

Untuk mengurangi tegangnya otot leher dan sakit kepala yang sangat menganggu aktivitas, kamu disarankan untuk memperbaiki pola tidur. Namun jika berlangsung hampir berjam-jam dan belum hilang setelah istirahat, segeralah minum obat sakit kepala untuk mempercepat proses penyembuhan. Kamu juga bisa mencoba obat-obatan herbal jika tidak ingin ketergantungan pada obat kimia. Mari simak informasi mengenai obat sakit kepala alami berikut ini:

Jahe

Obat Sakit Kepala AlamiImage by Joseph Mucira from Pixabay

Tidak mengherankan lagi ketika jahe masuk dalam jajaran obat herbal berbagai jenis penyakit. Penelitian berbeda yang dipublikasikan pada Sage Journals dan Phytotherapy Research sama-sama menemukan hasil bahwa mengonsumsi ektrak jahe bisa mengurangi sakit kepala migrain.

Caranya juga sangat mudah karena kamu hanya perlu menyiapkan jahe segar beberapa ruas. Selanjutnya, kupas dan hancurkan jahe dengan cara dipukul-pukul atau kamu juga bisa mengirisnya saja. Rebuslah bersama dua gelas air dan tunggu hingga mendidih dan berkurang setengahnya. Minumlah air rebusan jahe tersebut untuk mengurangi sakit kepala.

Air Mineral

Pertama dan paling utama, tentu kamu harus memenuhi kebutuhan cairan tubuh terlebih dahulu. Kurangnya kadar air di dalam tubuh bisa menyebabkan dehidrasi hingga kelelahan dan terganggunya sistem metabolisme tubuh. Oleh sebab itu, air mineral sangat penting dikonsumsi dalam jumlah yang cukup setiap hari. Minumlah setidaknya 8 gelas per hari agar kamu terhindar dari sakit kepala lagi.

Es Batu

Dikutip dari Healthline, terdapat studi pada tahun 2013 yang menyebutkan bahwa kompres es batu efektif untuk mengurangi rasa nyeri pada sakit kepala. Hal tersebut juga disebabkan karena ketika kamu melakukan kompres es batu saat sakit kepala, pembuluh darah di sekitarnya akan menyempit dan perlahan mengurangi ‘sinyal’ sakit kepala ke otak.

Untuk menggunakan es batu sebagai obat sakit kepala alami, kamu hanya perlu menyiapkan handuk atau kain bersih dan beberapa balok es batu. Selanjutnya kompres ke sumber rasa sakit dan angkat kompres setelah kulit mati rasa.

Kentang

Mengatasi sakit kepala secara alami bisa dilakukan secara praktis dengan makanan yang mengandung kalium tinggi, lho! Kamu bisa menemukannya pada kentang. Manfaat kalium salah satunya adalah memperlancar peredaran darah sehingga mempercepat penyembuhan sakit kepala yang tengah diderita.

Namun, kentang yang digunakan untuk mengobati sakit kepala harus dicuci hingga benar-benar bersih dan jangan dikupas ya. Kamu harus merebus bersama kulitnya karena kandungan kalium tinggi pada kentang terdapat pada kulitnya. Setelah makan, makanlah selagi hangat. Selain membantu meringankan sakit kepala, tentunya kentang membuat kenyang karena mengandung banyak karbohidrat.

Peppermint

Sebuah studi mengungkapkan bahwa kandungan menthol dari peppermint sangat bermanfaat untuk mengobati sakit kepala. Pasalnya, ia menimbulkan rasa dingin yang bermanfaat mengurangi nyeri. Bahkan, daun peppermint juga ampuh untuk meredakan mual dan migrain yang menyerang.

Kamu bisa mengolah peppermint menjadi teh herbal. Jika kamu telah menanamnya di pekarangan rumah, cukup manfaatkan dengan cara mengambil beberapa helai daun peppermint segar dan gosokkan di dahi atau sekitar pelipis agar meredakan sakit dengan cepat. Tak hanya mengobati sakit kepala, mengonsumsi peppermint juga bisa menambah energi dan memperbaiki kualitas tidur kamu agar rileks selama beristirahat.

Tanaman Linden

Linden atau tilioideae adalah jenis tanaman herbal yang memiliki segudang khasiat untuk kesehatan. Menariknya, seluruh bagian tanaman ini mulai dari bunga, daun, dan batangnya bisa dimanfaatkan untuk mengobati berbagai jenis penyakit. Kamu bisa menemukan berbagai produk berbahan dasar tanaman linden ini yang diolah menjadi teh herbal.

Minumlah teh herbal linden saat merasakan sakit kepala atau pusing. Ekstrak linden dipercaya bisa mengobati insomnia, migrain, dan sakit kepala. Dalam konteks lain, bahkan tanaman linden juga digunakan untuk mengobati gatal-gatal, rematik, bronkitis, kembung, hingga pendarahan lho!

Pisang

Obat alami sakit kepala selanjutnya datang dari buah-buahan. Pisang adalah buah yang sangat mudaj ditemukan di Indonesia di segala musim. Jika kamu sedang mengalami sakit kepala dan terdapat stok pisang di rumah, kandungan potasiumnya bisa lho meredakan nyeri di kepala tersebut.

Cukup konsumsi pisang secukupnya secara rutin agar kebutuhan vitamin harian dan sakit kepala segera mengilang. Kamu juga bisa memanfaatkan kulitnya untuk ditempelkan ke bagian dahi kepala. Pasalnya, cara tersebut juga ampuh untuk memberikan sensasi dingin dan membantu mengurangi nyeri di area kepala yang sakit.

Beristirahat di Area Gelap

Mengapa beristirahat atau tidur di tempat yang gelap bisa mengurangi sakit kepala? Ternyata, ada survey yang menunjukkan hasil bahwa 85% orang yang sering mengalami migrain adalah orang yang peka terhadap sinar atau cahaya. Dengan beristirahat di tempat gelap, mata akan menjadi rileks dan otot di area leher juga tidak terlalu kram.

Jika kamu sering mengalami migrain, ada baiknya mencoba cara praktis yang satu ini. Cobalah ubah suasana tempat istirahat menjadi tenang gelap dalam artian tidak banyak sinar atau cahaya yang mengganggu. Jika tidak terbiasa, kamu bisa meredupkan lampu kamar agar tidur lebih nyenyak dan sakit kepala segera menghilang.

Ketumbar

Rempah yang satu ini tentu sangat eksis di dapur kamu. Selain mudah didapatkan, harganya juga tidak mahal. Ketumbar telah diketahui sebagai obat sakit kepala yang ampuh di dalam pengobatan tradisional Ayurvedic. Selain itu, secara ilmiah ketumbar memang bermanfaat untuk mengurangi frekuensi nyeri di kepala yang muncul saat migrain.

Untuk menggunakannya sebagai obat alami sakit kepala, kamu harus menyiapkan secukupnya ketumbar dan air hangat. Rendam biji ketumbar ke air hangat dan hirup uapnya. Kamu juga bisa mengonsumsi makanan yang kaya akan bumbu ketumbar atau minum teh herbal ketumbar.

Feverfew

Tanaman dengan nama unik ini biasa digunakan sebagai obat herbal untuk meredakan migrain di Eropa. Ia juga diketahui berfungsi sebagai medieval aspirin karena khasiatnya tersebut. Ekstrak daun, bunga, dan batang feverfew dapat kamu temukan di berbagai obat-obatan untuk mengobati sakit kepala.

Namun, untuk menggunakan feverfew sebagai obat alami sakit kepala, kamu hanya perlu menyeduh teh feverfew saja selama beberapa saat. Setelah disaring, segera minum air teh tersebut agar migrain segera menghilang.

Itulah 10 obat alami sakit kepala yang bisa kamu manfaatkan saat sakit kepala datang menyerang. Beberapa bahan herbal di atas bahkan mungkin tersedia di dapur kamu. Jangan lupa untuk menjaga pola tidur dan kurangi stress berlebih untuk meminimalisir sakit kepala ya. Jika terjadi terus menerus, ada baiknya kamu berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Posting Komentar

Bijaklah dalam berkomentar. Pertanyaan, kritik dan saran dipersilahkan. Komentar dengan spam link akan otomatis terhapus.