Table of Content

10 Bahan Herbal Alami untuk Obat Kurap Membandel

Berikut daftar bahan herbal tradisional yang bisa digunakan sebagai obat kurap alami

Kurap adalah penyakit kulit yang disebabkan karena infeksi jamur. Infeksi tersebut membuat lapisan kulit yang terkena menjadi hancur sehingga terbentuk adanya ruam di sekitar kulit tersebut. Biasanya tak jarang kurap membuat penderitanya sangat tidak nyaman karena rasa gatal yang ditimbulkan. Peradangan kurap bisa mengenai bagian kulit mana pun. Termasuk kepala, wajah, tangan, hingga selangkangan.

Namun selain rasa gatal karena radang yang ditimbulkan, kurap juga termasuk penyakit menular lho! Jika kamu pernah atau sedang menderita kurap, segera obati agar tidak menimbulkan infeksi lebih lanjut. Selain berobat ke dokter, kamu juga bisa mencoba pengobatan alternatif yang berasal dari bahan-bahan alami berikut ini:

Bawang Putih

Obat Kurap AlamiGambar : Unsplash

Daftar pertama obat kurap membandel adalah bawang putih. Selain murah, bawang putih memang mudah didapatkan. Menurut penelitian yang dipublikasikan dalam Avicenna Journal of Phytomedicine, ternyata bawang putih bisa membunuh jamur penyebab infeksi pada kulit. Oleh sebab itu, tidak ada salahnya kamu mencoba bawang putih sebagai obat kurap.

Caranya pun cukup mudah karena kamu hanya perlu mengolahnya menjadi pasta senderhana. Siapkan secukupnya bawang putih beberapa siung dan tumbuk hingga halus. Setelah itu, campurkan dengan beberapa sendok minyak zaitun atau minyak kelapa murni lalu oleskan ke kulit. Diamkan selama kurang lebih 2 jam dan bilas.

Lidah Buaya

Nah, tanaman cantik nan kaya manfaat satu ini memang kerap dijadikan sebagai obat-obatan alami. Pasalnya, lidah buaya atau aloe vera mengandung antiseptik yang merangkap sebagai antivirus, antibakteri, dan antijamur. Oleh sebab itu, lidah buaya bisa kamu jadikan sebagai obat alami untuk menyembuhkan kulit yang terkena kurap.

Segera siapkan beberapa batang lidah buaya segar dan cuci bersih. Selanjutnya, kupas kulit luar lidah buaya untuk diambil gel-nya saja. Usapkan gel lidah buaya tersebut ke kulit yang terinfeksi secara rutin sebanyak 3-4x sehari untuk mempercepat penyembuhan.

Daun Kemangi

Siapa nih yang suka lalap daun kemangi? Siapa sangka dibalik aromanya yang sedap dan segar tersebut, daun kemangi ternyata bermanfaat untuk mengobati kurap. Namun, kali ini daun kemangi tidak dijadikan olahan makanan atau dilalap melainkan dijadikan obat luar saja.

Pertama-tama, cuci daun kemangi secukupnya dan haluskan dengan cara ditumbuk hingga semua bagian daun telah hancur. Selanjutnya kamu perlu membalurkan tumbukan daun kemangi tersebut ke kulit yang terkena kurap. Diamkan selama lebih kurang 30 menit kemudian bilas. Daun kemangi mempunyai kandungan untuk meredakan rasa gatal karena kurap.

Daun Tembakau

Kalau daun yang satu ini sudah lebih dulu eksis di negara India sebagai obat herbal yang dijadikan pasta atau cairan kental untuk mengobati radang di kulit. Ia bekerja dengan cara mengurangi rasa sakit pada daerah yang radang sehingga mempercepat penyembuhan.

Jika kamu tertarik untuk mencoba daun tembakau sebagai alternatif obat kurap, kamu perlu mengolahnya seperti daun kemangi yakni dengan cara ditumbuk. Setelah ditumbuk halus, oleskan di kulit yang terkena radang tersebut dan jangan lupa lakukan secara rutin setiap hari.

Belerang Cair

Apakah kamu pernah mendengar bahwa belerang atau sulfur ampuh digunakan sebagai obat luar untuk masalah kulit? Ternyata, belerang cair telah dikenal sejak dulu sebagai obat alami untuk eksim dan kurap. Infeksi yang menyebabkan kulit sangat gatal bisa diobati dengan menggunakan belerang cair.

Namun, jangan sembarang menggunakannya karena terdapat aturan tersendiri. Kamu disarankan untuk membeli belerang cair yang tersedia di banyak toko obat herbal. Cukup gunakan setiap hari secara rutin pada area kurap dengan cara dikompres. Setelah kering, diamkan sebentar lalu bilas.

Kunyit

Sudah menjadi rahasia umum bahwa rempah yang satu ini punya kandungan antiinflamasi dan antibakteri. Kedua zat tersebut bisa menghambat pertumbuhan jamur dan meredakan rasa gatal pada kurap yang diderita. Tak hanya itu saja, kunyit bermanfaat untuk meredakan ruam kemerahan mengganggu yang ada selama kulit terkena kurap.

Untuk menggunakannya sebagai obat alami kurap, kamu perlu memarut beberapa ruas kunyit. Selanjutnya, campurkan dengan minyak kelapa dan oles pada kulit. Jangan lupa dibilas setelah kering ya karena kemungkinan besar kulitmu akan berwarna kuning setelah menggunakan obat ini.

Minyak Daun Teh

Minyak daun teh dikenal pula sebagai tea tree oil di kalangan masyarakat masa kini. Sudah sejak lama memang minyak daun teh digunakan untuk mengobati infeksi karena jamur di kulit karena kandungan antibakteri dan antijamur yang dimilikinya.

Kamu bisa mengoleskan minyak daun teh ke area kulit yang terkena kurap menggunakan kapas. Namun bila memiliki kulit sensitif, campurkan minyak daun teh dengan sedikit minyak kelapa ya agar tidak terjadi masalah kulit lainnya. Lakukan secara rutin setiap hari setidaknya 2x sehari agar kurap cepat sembuh.

Cuka Apel

Cairan yang asam ini dikenal eksis di dunia herbal. Selain untuk kecantikan, ternyata cuka apel ampuh untuk mengobati kurap lho! Hal ini terbukti dalam National Library of Medicine, cuka apel dikenal memiliki kandungan senyawa yang bermanfaat untuk membunuh jamur penyebab kurap di kulit sehingga kamu tidak perlu ragu menggunakannya.

Cukup oleskan cuka apel ke area di sekitar kurap dengan menggunakan kapas. Jangan lupa lakukan cara ini sebanyak 3x sehari agar jamur pada kurap lekas menghilang. Jika merasa perih, hentikan sesaat dan jangan berlebihan menggunakannya ya!

Minyak Kelapa

Minyak kelapa atau coconut oil mengandung asam lemak yang bermanfaat untuk menghambat dan menghentikan infeksi yang disebabkan karena jamur. Menurut penelitian yang dipublikasikan di Natural Medicine Journal, minyak kelapa murni memiliki antimikroba dan antijamur yang bisa mengobati infeksi kulit.

Sebelum menggunakannya sebagai obat alami kurap, kamu harus menghangatkan terlebih dahulu minyak kelapa murni dengan tujuan agar teksturnya lebih cair untuk digunakan. Setelah itu, langsung oleskan pada kurap dan sekitar permukaan kulit secara rutin sebanyak 3x dalam sehari.

Lengkuas

Selama ini, lengkuas adalah bumbu wajib yang ada di dapur atau biasanya banyak terdapat di pekarangan rumah. Namun seperti yang telah diketahui, untuk mengobati kurap secara alami, kamu harus menggunakan bahan-bahan yang mengandung antijamur. Nah, lengkuas mempunyai kandungan tersebut lho!

Cara menggunakan lengkuas sebagai obat alami kurap terbilang sangat mudah. Kamu hanya perlu menyiapkan beberapa ruas lengkuas lalu kupas kulitnya dan cuci hingga bersih. Setelah itu, memarkan atau pukul-pukul hingga hancur. Tempelkan ke bagian kulit yang terkena jamur kurap, biarkan beberapa saat kemudian bilas dengan air hangat.

Nah, lengkap sudah list obat alami kurap yang dikenal manjur sejak dahulu. Kamu bisa mencoba salah satu dari sepuluh bahan alami di atas agar infeksi jamur pada kulitmu cepat sembuh. Jangan lupa jaga kebersihan lingkungan sekitar terutama tempat tinggal ya!

Abu Noura. Menulis blog sejak 2010. Tech Enthusiast. Senang merekomendasikan produk gadget terbaik. LinkedIn

Posting Komentar

Bijaklah dalam berkomentar. Pertanyaan, kritik dan saran dipersilahkan. Komentar dengan spam link akan otomatis terhapus.