Table of Content

10 Manfaat Teh Hijau untuk Kesehatan

Apa saja manfaat teh hijau? Berikut 10 manfaat teh hijau untuk kesehatan

Teh hijau atau green tea adalah salah satu jenis minuman yang menjadi favorit banyak orang. Baik dingin maupun hangat, teh hijau memang terasa segar dan nikmat. Pada beberapa negara Asia sendiri terdapat tradisi minum teh lho. Seperti misalnya di Jepang terdapat tradisi minum teh yang telah dimulai sejak abad ke-6. Manfaat teh hijau sendiri memang sangat fenomenal. Mayoritas penggemar minuman teh menyetujui bahwa teh adalah minuman paling sehat di dunia.

Manfaat Teh HijauImage by hana kim from Pixabay

Namun sebenarnya apa manfaat teh hijau bagi kesehatan? Sebagian besar literatur dan penelitian menunjukkan bahwa teh hijau memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Oleh sebab itu ia bisa menjaga menjaga metabolisme tubuh hingga mencegah berbagai penyakit. Berikut ini manfaat teh hijau bagi kesehatan yang wajib kamu ketahui agar semakin rajin mengonsumsinya.

Mencegah Kanker

Polifenol pada teh hijau bersifat anti-inflamasi dan antioksidan sehingga banyak yang meyakini bahwa teh hijau sangat tepat untuk mencegah dan mengobati kanker. Teh hijau memiliki konstituen aktif termasuk polifenol epigallocatechin-3-gallate (EGCG), kafein, dan theanine. EGCG yang dioleskan dilaporkan membantu meringankan dermatitis akibat radiasi pada pasien kanker payudara dalam sejumlah penelitian.

Selain itu, konsumsi EGCG oral ditemukan efektif terhadap esofagitis akut yang diinduksi radiasi pada pasien kanker paru-paru. Meskipun masih dibutuhkan banyak penelitian lagi untuk efektivitas teh hijau dalam mengobati dan mencegah kanker, namun tentu saja teh hijau setidaknya telah terbukti menyehatkan badan.

Mengobati Peradangan Tulang dan Sendi

Masih seputar polifenol, teh hijau sangat tepat digunakan sebagai food therapy bagi penderita radang sendi. Nah, bagi kamu yang sering nyeri-nyeri sendi dan tulang, ada baiknya rajin meminum teh hijau. Senyawa epigallocatechin-3-gallate (EGCG) disebut 100x lebih kuat dalam hal efektivitas antioksidan dibanding vitamin C menurut Arthritis Foundation (AF). Penelitian menunjukkan bahwa kandungan tersebut bisa menjaga tulang untuk tetap kuat terutama bagian tulang rawan. Nah, sudah minum teh hijau atau belum hari ini?

Menjaga Tubuh Tetap Fit

Manfaat teh hijau bagi kesehatan selanjutnya adalah menjaga tubuh untuk selalu fit dan berenergi dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Pasalnya, di dalam teh hijau terdapat l-theanine yang bertugas memberikan relaksasi pada tubuh sehingga bisa dengan baik menyerap makanan atau minuman sehat lainnya secara optimal. Unsurnya bisa membantu menyeimbangkan gula darah sehingga tubuh terasa bersemangat dan fit. Namun yang perlu diperhatikan adalah cara penyajian teh hijau yang sebaiknya tidak ditambahkan pemanis apa pun alias teh hijau seduh saja.

Mencegah dan Mengobati Diabetes

Penelitian yang dipublikasikan dalam Jurnal Clinical Nutrition ESPEN menunjukkan bahwa ekstrak green tea atau teh hijau bisa dimanfaatkan untuk menurunkan resiko diabetes tipe 2 pada penderita obesitas. Teh hijau akan membantu menyeimbangkan kadar glukosa dan insulin yang merupakan masalah utama pada penyakit tersebut. Maka tak heran di negara yang mayoritas masyarakatnya memiliki kebiasaan mengonsumsi teh hijau, angka obesitas dan diabetesnya cenderung rendah.

Mengatasi Jerawat

Ada yang spesial dari teh hijau untuk merawat kesehatan kulit, terutama kulit wajah. Para beauty addict percaya bahwa teh hijau dapat diandalkan untuk mengatasi jerawat sehingga kulit wajah tetap sehat dan bersih. Tak hanya diminum saja, caranya pun beragam lho. Mulai dari uap air teh, meminum teh hijau secara rutin, masker teh hijau, hingga kompres wajah dengan kantung teh hijau beberapa saat. Kalau kamu sudah pernah coba yang mana nih?

Mencegah Penuaan Dini

Ada lagi nih manfaat teh hijau bagi kesehatan khususnya untuk kesehatan kulit wajah. Selain mengatasi jerawat, teh hijau juga bermanfaat mencegah penuaan dini.

Kandungan polifenol dan mineralnya akan membantu meremajakan kulit dan mencegah timbulnya kerutan halus dan bintik hitam pada kulit wajah. Hal tersebut bisa timbul karena disebabkan oleh berbagai faktor yang dominan diantaranya adalah radikal bebas dan stress. Tak perlu susah payah memilih suplemen teh hijau karena kamu bisa meminumnya saja secara rutin setiap sore atau pagi hari.

Mencegah Penyakit Jantung

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa teh hijau ampuh mencegah munculnya penyakit jantung pada orang yang terbiasa mengonsumsinya. Salah satunya yakni penelitian yang dipublikasikan pada Jurnal PubMed Central International Journal of Cardiology. Pasalnya, terdapat antioksidan tinggi pada teh hijau akan membantu melancarkan peredaran darah dan menurunkan kadar kolesterol yang berpotensi akan memunculkan penyakit jantung jika tidak dikendalikan. Oleh sebab itu, jangan ragu untuk mengonsumsi teh hijau secara rutin ya.

Meningkatkan Kemampuan Otak

Manfaat teh hijau bagi kesehatan selanjutnya adalah meningkatkan kemampuan otak. Kandungan polifenol epigallocatechin-3-gallate (EGCG) pada teh hijau bisa membantu meningkatkan konsentrasi jika kamu mengonsumsi segelas teh hijau hangat pada pagi hari. Hal tersebut akan berdampak kepada kemampuan otak yang juga meningkatkan daya ingat.

Sebuah penelitian juga menunjukkan bahwa teh hijau bisa dijadikan sebagai alternatif pengobatan bagi penderita Alzheimer dan demensia lho. Manfaat yang sangat besar terhadap sistem saraf otak ini sangat bermanfaat terutama untuk orang dewasa yang seringkali mudah lupa karena stress berlebih.

Melancarkan Pencernaan

Nah, kalau manfaat yang satu ini memang sudah populer di kalangan wanita. Untuk menjaga tubuh tetap ideal, teh hijau bisa dikonsumsi maksimal 3-4 kali dalam sehari.

Namun perlu diingat kamu tidak bisa mengonsumsinya secara sembarangan ya. Untuk melancarkan pencernaan dalam rangka diet, teh hijau diminum dalam keadaan diseduh dengan air hangat tanpa gula atau tambahan lainnya. Selain itu, tidak disarankan meminum teh hijau sebelum tidur karena mengandung kafein sehingga bisa-bisa kamu akan sulit tidur.

Menstabilkan Tekanan Darah

Sudah bukan rahasia lagi bahwa tekanan darah tinggi bisa memicu gejala penyakit lainnya jika tidak segera ditangani dengan pola hidup sehat. Nah, dalam hal ini teh hijau bisa membantu lho. Meskipun ada banyak cara yang bisa diterapkan dalam menstabilkan tekanan darah, namun teh hijau dikenal bisa mengurangi tekanan darah sistolik dan diastolik. Untuk itu biasakanlah meminum seduhan teh hijau hangat agar tekanan darah tetap stabil dan terhindar dari resiko penyakit yang disebabkan oleh tekanan darah tinggi.

Demikianlah penjelasan mengenai manfaat teh hijau bagi kesehatan yang memang telah menolong banyak orang dalam menjaga kebugaran tubuh. Tentu saja manfaat lainnya masih banyak karena teh hijau sendiri adalah bahan seduhan minuman favorit yang menjadi andalan dan menyehatkan. Dari kesehatan organ dalam hingga kesehatan kulit, mengonsumsi teh hijau secara rutin memang memberikan segudang manfaat.

Namun tentu saja kesehatan tidak hanya didapatkan dari satu jenis makanan dan minuman saja ya. Kamu juga harus mengimbanginya dengan olahraga, tidur yang cukup, manajemen stress yang baik, dan lainnya yang mengarah pada pola hidup sehat.

"A man may esteem himself happy when that which is his food is also his medicine."

Posting Komentar

Bijaklah dalam berkomentar. Pertanyaan, kritik dan saran dipersilahkan. Komentar dengan spam link akan otomatis terhapus.