Table of Content

10 Manfaat Jeruk Nipis untuk Kesehatan

Apa saja khasiat jeruk nipis? Berikut 10 manfaat jeruk nipis untuk kesehatan

Meskipun terasa sangat asam, jeruk nipis memiliki segudang manfaat yang mungkin tidak kamu ketahui. Selama ini jeruk nipis lebih populer sebagai penyedap sekaligus pelengkap masakan khas Indonesia seperti soto. Namun, lebih dari itu ternyata jeruk nipis memiliki kandungan untuk menyehatkan badan.

Manfaat Jeruk NipisImage by Florian Pircher from Pixabay

Berikut ini kandungan yang terdapat pada setiap jeruk nipis berukuran sedang dalam Angka Kecukupan Gizi atau AKG:

  • Vitamin C: 22%
  • Vitamin B6: 2%
  • Thiamin: 2%
  • Potasium: 1%
  • Kalsium: 2%
  • Zat Besi: 2%

Jeruk nipis juga mengandung zat lainnya mulai dari magnesium, riboflavin, kalori, serat, dan masih banyak lagi. Dengan kandungan yang kaya ini, tak heran jeruk nipis juga sering digunakan sebagai food therapy untuk pola makan tertentu. Di masa pandemi sekarang, mengonsumsi jeruk nipis juga akan berdampak sangat positif bagi metabolisme tubuh. Berikut ini 10 manfaat jeruk nipis bagi kesehatan yang harus kamu ketahui.

Mencegah Berkembangnya Sel Kanker

Membaca kata kanker tentu saja sangat menakutkan. Kanker adalah kondisi dimana adanya sel abnormal yang tumbuh pada tubuh manusia. Hormon yang tidak teratur bisa menyebabkan adanya sel atau jaringan baru yang merusak keseimbangan tubuh. Dilansir dari Healthline, jeruk nipis mempunyai kandungan antioksidan yang tinggi untuk menjaga kondisi tubuh dengan cara mengoptimalkan sel-sel tubuh dari serangan radikal bebas.

Mencegah dan Mengatasi Batu Ginjal

Tahukah kamu bahwa jeruk nipis lokal Indonesia atau Citrus aurantifolia Swingle memiliki kandungan sitrat yang sangat tinggi? Ya, kandungan sitrat dalam jeruk nipis lokal mencapai 55,6 gram/kg lho. Maka tak heran bila jeruk nipis mampu mencegah dan mengatasi batu ginjal.

Penderita batu ginjal memiliki kadar sitrat yang rendah dalam tubuhnya dan bisa menjadikan jeruk nipis sebagai obat alami agar kondisinya segera membaik. Apalagi untuk batu ginjal kalsium idiopatik, jeruk nipis dikenal bisa mencegahnya kambuh kembali. Nah, untuk kamu yang tidak ingin terkena batu ginjal, mengonsumsi jeruk nipis secara rutin adalah pilihan yang tepat.

Melancarkan Sistem Pencernaan

Meskipun memiliki rasa asam yang kadang membuat kamu mengernyitkan dahi, namun jangan anggap remeh khasiat dari asam tersebut. Pasalnya, ia bisa membantu melancarkan pencernaan dengan cara mendorong kerja air liur agar bisa mencerna sari-sari makanan dan diserap dengan baik oleh organ tubuh. Selanjutnya, ada antioksidan flavonoid yang berjasa bagi enzim-enzim pencernaan dan membantu menjaga agar kamu tidak sembelit.

Bagi yang ingin diet menurunkan berat badan, jeruk nipis memang sangat berguna agar pencernaan lancar sehingga tubuh bisa memproduksi banyak energi dalam membakar lemak. Kamu sudah pernah menggunakan jeruk nipis sebagai jalan diet yang praktis atau belum nih?

Meningkatkan Fungsi Otak

Kalau dalam menjalani hari-hari kamu gagal fokus, saatnya memanfaatkan jeruk nipis sebagai penolong praktis. Untuk mengoptimalkan kerja otak dalam mengingat, keluarga tumbuhan jeruk memiliki kandungan folat yang bermanfaat bagi sistem saraf di kepala. Hal ini akan berimbas pada meningkatnya konsentrasi dan memori. Tak hanya itu saja, kamu juga akan terhindar dari stress berlebih yang kerap membebani otak bahkan sering membuat pusing hingga migrain. Jeruk nipis juga kaya akan kandungan potasium dan magnesium agar kerja otak dalam aktivitas sehari-hari semakin fokus.

Menjaga Kesehatan Mulut

Penelitian yang dipublikasikan pada Jurnal Kesehatan Gigi menunjukkan bahwa plak yang menempel pada gigi bisa dihambat dengan larutan jeruk nipis (Citrus aurantifolia). Hal tersebut disebabkan karena larutan jeruk nipis memiliki banyak senyawa fitokimia untuk mendenaturasi protein sel bakteri agar tidak semakin berkembang di dalam mulut. Tentu saja manfaat ini akan sangat nyata bagi kesehatan gigi dan mulut. Selain napas terasa lebih segar, plak pada gigi akan berkurang dan tidak memberikan ruang bagi bakteri untuk membuat karies yang menyebabkan bau mulut dan gigi rusak.

Meningkatkan Imunitas

Dilansir dari Healthline, untuk meningkatkan imunitas dan sistem kekebalan tubuh, diperlukan makanan dan minuman yang kaya akan berbagai vitamin khususnya vitamin A dan C. Nah, jeruk nipis sangat tepat jika digunakan dalam rangkaian pola makan sehari-hari. Pada berbagai penelitian telah menunjukkan hasil bahwa vitamin C bermanfaat untuk membantu sel darah putih melawan penyakit yang akan menyerang tubuh.

Oleh sebab itu, tak heran kebiasaan minum air jeruk nipis hangat setiap pagi adalah rutinitas yang patut untuk diterapkan. Apalagi di masa pandemi, kondisi tubuh harus tetap fit dan imunitas pun pantang goyah agar terhindar dari berbagai jenis penyakit menular.

Menurunkan Resiko Penyakit Jantung

Manfaat jeruk nipis memang tidak bisa disepelekan karena bisa membantu untuk menyelamatkan tubuh dari resiko penyakit mematikan. Ada yang spesial dari kandungannya yang dikenal memiliki kadar magnesium dan kalium tinggi. Magnesium dan kalium bisa memperlancar aliran darah dan mengurangi tekanan darah tinggi sehingga resiko jantungan pun akan terhindarkan. Oleh sebab itu sangat disarankan untuk mengonsumsi air jeruk nipis sebagai infuse water. Jika ingin rasanya tidak terlalu masam, kamu juga bisa menambahkan sedikit madu ke dalam air seduhan jeruk nipis hangat.

Menyeimbangkan pH Tubuh

Meskipun memiliki rasa yang masam, namun jeruk nipis ternyata bersifat basa lho. Kok bisa? Berbagai sumber literatur menyebutkan bahwa golongan jeruk nipis dan lemon masuk dalam alkalizing food sehingga sering diandalkan dalam diet alkaline. Maka tidak heran jika penderita maag justru meminum larutan jeruk nipis hangat di pagi hari untuk menyehatkan tubuh disamping membuat pH menjadi seimbang. Kandungan potasium yang terdapat pada jeruk nipis bisa mempengaruhi pH di dalam tubuh saat dikonsumsi.

Menyehatkan Kulit Wajah

Bukan rahasia lagi bahwa vitamin C adalah zat primadona bagi dunia skin care. Jangan repot-repot membeli suplemen mahal dengan kandungan vitamin C karena ada jeruk nipis sebagai suplemen alami yang bisa membantu kamu menyehatkan kulit wajah. Vitamin C tersebut juga didukung dengan hebatnya kandungan antioksidan yang berperan mencegah penuaan dini agar kulit wajahmu selalu kinnclong dan awet muda. Dengan mengonsumsi jeruk nipis secara rutin, maka kulit wajah akan terhidrasi dengan baik dan memperlambat

Mencegah dan Mengobati Diabetes

Manfaat jeruk nipis untuk kesehatan selanjutnya adalah untuk mencegah dan mengobati diabetes. Pada umumnya, penderita diabetes akan semakin tersiksa dengan gejala penyakitnya apabila kadar gula darah di dalam tubuh naik. Di sinilah peran jeruk nipis yang dikonsumsi secara rutin untuk mengatur penyerapan nutrisi tubuh dan indeks gula darah agar tidak terjadi lonjakan yang berakibat fatal.

Nah, itulah 10 manfaat jeruk nipis untuk kesehatan agar tubuh selalu fit dan segar setiap hari. Mulai saat ini, tak perlu ragu untuk rutin mengonsumsi jeruk nipis secara rutin karena sangat banyak manfaat yang ditawarkan oleh buah kecil yang kaya manfaat ini.

Posting Komentar

Bijaklah dalam berkomentar. Pertanyaan, kritik dan saran dipersilahkan. Komentar dengan spam link akan otomatis terhapus.