Table of Content

Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami

Berikut cara menghilangkan jerawat secara alami

Jerawat adalah masalah kulit yang paling mengganggu jika muncul di wajah. Lebih tak beruntung lagi jika jerawat muncul pula di punggung. Tak jarang banyak orang yang bingung cara menghilangkan jerawat yang kerap muncul tiba-tiba dan di saat yang tidak tepat. Selain itu, jerawat tentu saja akan mengurangi tingkat kepercayaan diri seseorang karena mempengaruhi penampilan.

Ada banyak cara yang selama ini dipercaya bisa mengurangi dan membasmi jerawat dalam life hack yang bisa kamu manfaatkan. Mulai dari memperbaiki skin barrier hingga mengobatinya dengan obat kimia dan alami, tidak ada salahnya mencoba salah satu diantaranya. Nah, inilah cara menghilangkan jerawat secara alami yang wajib kamu ketahui.

Bawang Putih

Cara Menghilangkan Jerawat Secara AlamiImage by congerdesign from Pixabay

Tak hanya dikenal sebagai bumbu dapur yang menyedapkan masakan, bawang putih juga kerap digunakan sebagai obat alami berbagai penyakit. Sudah menjadi rahasia umum bahwa bawang putih memiliki kandungan antiseptik alami, antivirus, hingga antijamur. Nah, dari kandungan antiseptiknya, ada zat yang dinamakan allicin yang bermanfaat untuk mengobati jerawat dengan jalan mengurangi pembengkakan dan peradangan. Maka tak heran bila bawang putih digunakan sebagai obat jerawat alami yang manjur.

Berikut cara yang bisa kamu terapkan jika ingin mengobati jerawat secara alami dengan bawang putih:

  • Siapkan 3 siung bawang putih, lalu kupas dan cuci hingga bersih
  • Parut bawang putih atau tumbuk hingga halus
  • Oleskan ke bagian jerawat dan diamkan selama beberapa saat
  • Segera bilas dengan air bersih yang mengalir

Es Batu

Sudah pernah coba es batu sebagai cara mengobati jerawat secara alami atau belum? Kalau belum, tidak ada salahnya karena es batu sempat viral beberapa waktu yang lalu sebagai pereda jerawat yang simple. Kamu tidak perlu pusing-pusing mencari bahan pereda jerawat yang sedang merah meradang atau bahkan terasa gatal karena es batu bisa mengatasinya. Cukup ikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Ambil es batu (es batu balok lebih disarankan) dengan tangan dalam keadaan bersih
  • Oleskan secara perlahan dan merata pada bagian jerawat yang memerah
  • Sudahi jika kulit wajah terasa sangat dingin atau mati rasa

Jeruk Lemon

Jeruk lemon mengandung senyawa asam dan vitamin C yang tinggi. Inilah yang menyebabkan jeruk lemon bisa menjadi salah satu obat alami dalam menyembuhkan jerawat. Lemon mempunyai sifat anti peradangan yang tentunya bekerja dengan baik ketika digunakan sebagai obat alami untuk jerawat agar radang kulit tidak semakin menjadi-jadi. Cara menggunakan jeruk lemon sebagai obat alami jerawat adalah sebagai berikut:

  • Siapkan 1-2 butir lemon segar
  • Peras lemon untuk diambil sarinya saja
  • Celupkan kapas bersih ke sari lemon
  • Tempelkan atau tap tap lembut ke bagian jerawat
  • Jangan lupa untuk dibilas

Beberapa orang enggan mengobati jerawat dengan jeruk lemon karena kadang menimbulkan iritasi bagi kulit sensitif. Namun banyak juga yang memilih jeruk lemon atau skin care yang mengandung vitamin C sebagai cara meredakan jerawat seperti beruntusan.

Tea Tree Oil

Kamu pasti tidak asing lagi dengan tea tree oil. Ya, ekstrak dari pohon teh memang dikenal ampuh meredakan jerawat membandel alias jerawat batu. Banyak komposisi dari perawatan wajah yang menggunakan tea tree oil sebagai bahan utamanya sehingga memiliki nilai jual yang diburu oleh banyak kalangan.

Tea tree oil secara alami bisa membantu membersihkan minyak berlebih pada wajah, menghilangkan komedo dan menyamarkan noda bekas jerawat, serta mengempiskan jerawat tanpa efek lho. Kamu penasaran bagaimana cara yang tepat untuk mengaplikasikan tea tree oil? Ikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Siapkan kapas atau cotton bud
  • Teteskan tea tree oil ke kapas atau cotton bud
  • Oles pada bagian yang berjerawat dengan hati-hati dan diamkan selama semalam

Sangat disarankan untuk menggunakan tea tree oil saat menjelang tidur saja agar kandungannya bisa meresap dengan baik di kulit wajah.

Teh Hijau

Cara menghilangkan jerawat secara alami selanjutnya adalah dengan menggunakan teh hijau. Masih dari keluarga teh yakni Camellia sinensis, namun teh hijau dikenal memiliki antioksidan polifenol yang paling tinggi kadarnya lho. Dalam dunia herbal sendiri, teh hijau adalah bahan minuman yang populer untuk mengatasi berbagai gejala penyakit. Mengonsumsi teh hijau secara rutin juga dapat membuat tubuh menjadi langsing. Untuk menghilangkan jerawat dengan teh hijau, ikuti cara di bawah ini:

  • Siapkan beberapa sendok teh hijau kering
  • Blender hingga halus dan campurkan bubuk teh hijau dengan air hangat secukupnya hingga menjadi pasta
  • Gunakan pasta tersebut sebagai masker secara rutin setidaknya 2x seminggu

Madu

Tak ada yang meragukan madu sebagai obat alami yang sangat manjur sebagai therapy food. Tak hanya dikonsumsi saja, madu juga bisa diandalkan sebagai obat luar. Antioksidan yang terdapat pada madu memang populer di kalangan beauty addict untuk membersihkan pori-pori dan menyehatkan kulit. Nah, jangan khawatir jika kamu memiliki jerawat karena madu juga bisa dimanfaatkan sebagai alternatif penghilangnya. Ikuti cara berikut ini ya:

  • Siapkan madu beberapa sendok dan kuas masker
  • Oleskan secara merata ke seluruh wajah atau bisa pula di bagian jerawat saja
  • Tunggu beberapa saat sekitar 10-15 menit dan bilas dengan air bersih yang mengalir

Minyak Kelapa

Tak banyak yang mengetahui bahwa minyak kelapa bisa dijadikan sebagai penghilang jerawat. Bukan hanya sekedar membantu meredakan radangnya saja, minyak kelapa bermanfaat juga lho untuk menghilangkan bekasnya. Namun di samping itu kamu juga harus rutin menggunakan produk skin care lain karena minyak kelapa tentu tidak bisa bekerja sendirian. Tugas utama minyak kelapa adalah menghidrasi kulit dan membuat kulit menjadi lembut. Jika jerawat muncul, kamu bisa menggunakan cara di bawah ini:

  • Siapkan sesendok minyak kelapa dan kapas atau cotton bud
  • Oleskan secara perlahan pada bagian yang berjerawat secara rutin
  • Aplikasikan minyak kelapa ke seluruh wajah dengan pijatan pelan jika kamu ingin menggunakannya sebagai perawatan ekstra

Lidah Buaya

Punya tanaman lidah buaya di pekarangan rumah? Sayang sekali jika tidak dimanfaatkan dan hanya sebagai hiasan saja. Ketika jerawat sedang timbul, kandungan polisakarida dan giberelin dalam gel lidah buaya akan menuntaskan jerawat kamu dengan segera. Tak perlu ribet-ribet, cukup ikuti langkahnya berikut ini:

  • Siapkan satu tangkai lidah buaya, lalu cuci hingga bersih dan kupas kulit luarnya
  • Setelah didapatkan gel-nya saja, oleskan secara merata ke seluruh bagian wajah
  • Diamkan beberapa saat dan bilas hingga bersih

Bagi yang belum terbiasa, mungkin kamu akan merasakan gatal dan sedikit cekit. Namun jangan khawatir karena reaksi tersebut akan segera hilang.

Demikianlah cara menghilangkan jerawat secara alami sekaligus praktis dan ekonomis. Jangan panik apabila jerawat muncul, cukup siapkan saja salah satu bahan di atas yang dikenal ampuh menghilangkan jerawat. Meskipun tidak praktis, namun lebih aman untuk diterapkan jika kulit wajahmu sensitif.

Posting Komentar

Bijaklah dalam berkomentar. Pertanyaan, kritik dan saran dipersilahkan. Komentar dengan spam link akan otomatis terhapus.