Table of Content

Cara Memutihkan Kulit Secara Alami

Berikut cara memutihkan kulit secara alami

Tidak dipungkiri bahwa memiliki kulit yang putih adalah dambaan bagi banyak orang. Apalagi masyarakat Indonesia sudah banyak yang terobsesi untuk mendapatkan kulit yang putih sampai menggunakan produk kimia yang tidak jelas izin edarnya sehingga membahayakan. Namun banyak pula perawatan di klinik kecantikan yang sudah jelas aman dan terpercaya untuk memutihkan kulit.

Namun pada dasarnya kulit orang Asia memang sudah cerah alami. Meskipun pada bagian Asia Timur lebih dominan, namun orang Indonesia juga telah memiliki kulit cerah kuning langsat. Jika kulitmu terasa kusam dan memiliki pigmen asli kulit putih, kamu bisa mencoba cara memutihkan kulit secara alami berikut ini yang pastinya lebih aman daripada menggunak produk non-BPOM.

Tomat

Cara Memutihkan Kulit Secara AlamiImage by Steve Buissinne from Pixabay

Memiliki kulit putih berseri adalah hal yang menyenangkan. Namun perlu diperhatikan pula kulit putih berseri membutuhkan perlindungan esktra agar tidak kusam dan gosong karena sinar ultra-violet. Namun tenang saja karena ada kandungan lycopine pada tomat yang bisa membantu kamu mendapatkan kulit yang putih, lembut, dan sehat.

Tomat berfungsi sebagai ‘penenang’ bagi kulit yang kerap terbakar sinar matahari. Kandungan vitamin B dan kalsiumnya bisa memulihkan kondisi kulit serta merangsang terbentuknya sel kulit baru agar semakin cerah. Untuk memutihkan kulit dengan menggunakan tomat sebagai bahan utama, ikuti langkah-langkah di bawah ini.

  • Siapkan tomat 2-3 buah dan tumbuk atau hancurkan sampai lembut
  • Setelah menjadi bubur, balurkan kulit dengan tomat tersebut sampai rata
  • Diamkan sejenak hingga kering dan bilas dengan air bersih

Jika memiliki bahan opsional seperti susu segar atau minyak zaitun, kamu bisa menambahkan ke dalam bubur tomat untuk mendapatkan kulit yang semakin lembut.

Bengkoang

Kandungan saponin dan flavonoid pada bengkoang akan membantu proses peremajaan kulit. Maka tak heran jika banyak produk lulur dan kecantikan lain yang mengandung ekstrak bengkoang. Selain itu, antioksidan yang tinggi pada bengkoang juga bermanfaat dalam memberi nutrisi kulit yang kering dan rusak karena efek radikal bebas.

Hal tersebut juga semakin terbukti karena sebuah penelitian menunjukkan bahwa isoflavonoid pada bengkoang merupakan antitirosin dan antioksidan alami untuk mencerahkan sekaligus melindungi kulit. Singkatnya, bengkoang memiliki zat aktif untuk memutihkan kulit. Lakukan langkah-langkah berikut ini jika kamu ingin membuktikannya.

  • Siapkan satu buah bengkoang besar yang telah dicuci hingga bersih
  • Masukkan dalam juicer hingga mendapat sarinya saja. Jika tidak memiliki juicer, kamu bisa menggunakan blender dan tambahkan sedikit air lalu endapkan agar mendapat sarinya saja
  • Gunakan sari bengkoang tersebut sebagai lulur saat mandi
  • Lakukan secara rutin setidaknya 2x seminggu

Air Beras

Cara memutihkan kulit secara alami selanjutnya adalah dengan menggunakan air beras. Manfaat air beras memang sangat kompleks. Bahkan penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Cosmetic Chemists menunjukkan bahwa kandungan karbohidrat dan inositol pada air beras bermanfaat untuk mengatasi kerusakan rambut.

Di kalangan masyarakat Asia sendiri, air beras sudah lama digunakan sebagai toner alami untuk wajah dan lulur untuk kulit. Namun penting untuk digaris bawahi bahwa air beras diklaim mencerahkan kulit secara perlahan bukan untuk hasil yang instan. Selain itu, hendaknya gunakan air yang benar-benar bersih agar mendapatkan hasil yang diinginkan. Untuk membuat lulur dari air beras, kamu cukup menyisakan air cucian beras di dalam wadah yang disisihkan. Setelah mengendap, gunakan sebagai lulur untuk memutihkan kulit.

Putih Telur

Tak perlu repot memikirkan produk yang efektif untuk memutihkan kulit saat kantong sudah menipis. Putih telur juga telah lama dimanfaatkan dalam dunia kecantikan untuk memutihkan kulit. Kandungan protein pada putih telur dipercaya bisa membantu meregenerasi sel pada kulit sehingga lama kelamaan kulit pun menjadi cerah. Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk membuat masker atau lulur untuk memutihkan kulit dari putih telur.

  • Pisahkan kuning dan putih telur terlebih dahulu
  • Kocok putih telur hingga mengeluarkan busa
  • Balurkan pada kulit dan diamkan kurang lebih selama 20 menit. Saat menggunakannya, kamu harus tahan dengan aroma amisnya
  • Bilas dengan air hangat

Pada umumnya ada banyak cara yang biasanya digunakan dengan bahan utama putih telur dalam memutihkan kulit. Kamu bisa menambahkan oatmeal dan perasan lemon agar terdapat scrub saat menggunakan lulur ini.

Alpukat

Siapa nih yang menyukai alpukat? Buah dengan kadar air rendah dan kaya serat ini memang banyak diandalkan dalam dunia kesehatan dan kecantikan. Selain kaya akan antioksidan, alpukat juga memiliki serat dan mineral tinggi yang baik untuk kesehatan kulit. Maka tak heran jika rutin mengonsumsi alpukat, kulit akan senantiasa lembut dan segar.

Nah, jika kamu kurang menyukai rasa alpukat, kamu bias menjadikannya sebagai masker saja. Penasaran? Ikuti langkah berikut ini.

  • Siapkan 1 – 2 buah alpukat matang dan ambil dagingnya saja
  • Haluskan daging alpukat dan tambahkan sedikit madu dan air setelah halus
  • Balurkan campuran tersebut pada kulit lalu diamkan sejenak selama kurang lebih 15 – 20 menit
  • Bilaslah dengan menggunakan air hangat dan lakukan secara rutin agar mendapatkan hasil yang maksimal

Minyak Zaitun

Minyak zaitun juga bisa lho dimanfaatkan sebagai bahan untuk memutihkan kulit secara alami. Tak sedikit orang yang menggunakan minyak zaitun sebagai body care pelengkap setelah berlulur atau setelah mandi. Pasalnya, minyak zaitun mengandung antioksidah tinggi dan linoleic acid untuk kesehatan kulit. Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa minyak zaitun bisa melembabkan kulit dan memperbaiki tekstur kulit.

Cara menggunakan minyak zaitun untuk memutihkan kulit tergolong yang paling simple. Kamu hanya perlu mengoleskan minyak zaitun ke seluruh tubuh secara rutin setiap selesai mandi untuk mendapatkan kulit yang lembut dan cerah. Jika ingin menggunakannya sebagai lulur, kamu bisa menambahkan beberapa sendok perasan lemon ke dalamnya.

Lidah Buaya

Biasanya kulit menjadi kusam juga disebabkan karena kondisi kulit yang banyak sebum dan kering. Oleh sebab itu kamu membutuhkan nutrisi lebih agar kulit semakin sehat dan putih bersinar. Salah satu bahan alami yang bisa kamu manfaatkan adalah gel dari lidah buaya. Memang tumbuhan yang satu ini sangat ampuh untuk perawatan tubuh. Salah satu manfaat yang sangat popular dari lidah buaya adalah melembabkan serta menguatkan akar rambut jika digunakan sebagai kondisioner alami.

Nah, kalau penggunaan lidah buaya untuk memutihkan kulit secara alami juga tidak ribet kok. Kamu bisa mengoleskannya langsung pada kulit yang dirasa kusam secara rutin setiap hari sebagai masker. Hasilnya kamu akan memperoleh kulit yang bersih dan putih sehat.

Itulah cara memutihkan kulit secara alami menggunakan bahan-bahan yang tidak sulit didapatkan. Selain melakukan perawatan tersebut, jangan lupa menggunakan hand body dan sunscreen agar kulit tidak terbakar sinar matahari dan tetap sehat ya.

Posting Komentar

Bijaklah dalam berkomentar. Pertanyaan, kritik dan saran dipersilahkan. Komentar dengan spam link akan otomatis terhapus.