Table of Content

Cara Memerahkan Bibir Secara Alami

Berikut cara memerahkan bibir secara alami

Bibir adalah bagian dari wajah yang perlu dijaga keindahan dan kesehatannya. Jika bibir terlihat hitam, tentu saja akan mengurangi kepercayaan diri. Sebagian besar orang terutama perempuan tak segan-segan menghabiskan banyak waktu, uang, serta tenaga untuk membuat bibir tetap merah dan tampak sehat. Mulai dari perawatan dengan produk kimia hingga mencoba cara alami, masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangannya.

Namun tahukah kamu bahwa bibir berwarna gelap tentu saja disebabkan oleh berbagai faktor seperti genetika, terlalu sering menggunakan lipstick tanpa diimbangi dengan perawatan bibir yang sesuai, kafein, dan banyak faktor lainnya. Tak perlu bingung dengan kondisi tersebut karena kamu bisa menerapkan cara memerahkan bibir secara alami berikut ini.

Stroberi

Cara Memerahkan Bibir Secara AlamiImage by croisy from Pixabay

Buah nan mungil dan memiliki cita rasa asam serta manis ini memang memiliki khasiat yang luar biasa. Di samping menyehatkan, ternyata buah stroberi bisa dimanfaatkan untuk memerahkan bibir secara alami lho. Kamu tentu tidak asing dengan berbagai produk kecantikan dan scrub merek skin care ternama khusus untuk perawatan bibir menggunakan ekstrak stroberi. Jika sedang memiliki stok buah stroberi di dalam kulkas, yuk olah sendiri saja buah stroberinya. Ikuti langkah-langkah di bawah ini ya:

  • Potong 3-5 buah stroberi menjadi beberapa bagian
  • Haluskan seluruhnya dengan diberi sedikit air
  • Gunakan sebagai masker dan diamkan selama kurang lebih 20 menit
  • Setelahnya gosok secara perlahan dan bilas

Cara di atas harus dilakukan secara rutin setidaknya 2 hari sekali untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Kandungan Vitamin C dari stroberi dikenal mampu melembabkan bibir yang kering dan membuatnya menjadi merah secara alami.

Timun

Siapa nih yang suka lalap timun? Tidak hanya murah dan mudah ditemukan, timun juga sangat kaya manfaat. Kamu tentu sering mendengar segudang manfaat timun untuk kesehatan. Selain itu, timun juga dijadikan bahan andalan dalam dunia kecantikan lho. Misalnya masker timun yang dicampur perasan lemon bisa diandalkan sebagai obat kompres jerawat. Nah, timun juga bisa kamu manfaatkan sebagai bahan utama dalam mencerahkan bibir secara alami dengan cara berikut ini:

  • Siapkan sepotong kecil timun dengan diiris tipis (disarankan timun bagian tengah, bukan ujung)
  • Gosokkan timun secara perlahan pada bibir selama kurang lebih 10 menit
  • Jangan lupa bilas dengan menggunakan air bersih

Selain menggosokkan timun secara langsung, kamu juga bisa membuat masker timun dengan cara menghaluskannya seperti stroberi di atas. Sari dan kandungan pada timun akan membuat bibir tetap sehat karena mernagsang regenerasi kulit pada bibir sehingga secara perlahan bibir pun akan Kembali cerah dan tidak hitam.

Lidah Buaya

Sudah sejak lama lidah buaya dimanfaatkan dalam dunia kecantikan. Khasiat utama dari gel lidah buaya adalah untuk melembabkan kulit dan menyembuhkan luka bakar. Oleh sebab itu tidak heran tanaman ini sangat manjur dalam perawatan kulit dan kecantikan, termasuk dalam memerahkan bibir secara alami. Sebuah penelitian dalam jurnal Clinical and Aesthetic Dermatology menunjukkan bahwa gel lidah buaya dapat menghambat produksi melanin sehingga menjaga kesehatan bibir sekaligus mengembalikan warna cerahnya.

Jika bibirmu pecah-pecah dan sering sariawan, lidah buaya juga bisa kok mengatasinya. Nah, karena manfaatnya yang kompleks ini, jangan ragu untuk menggunakan lidah buaya ya. Catat langkah untuk mengolahnya berikut ini:

  • Kupas satu tangkai lidah buaya dan keruk untuk diambil gel-nya saja
  • Haluskan gel tersebut lalu oleskan secara tipis-tipis seperti menggunakan lip balm
  • Diamkan sejenak dan bilas jika telah kering
  • Lakukan secara berulang setidaknya 3x seminggu

Lemon

Tak dapat disangkal, lemon kaya akan Vitamin C dan masih menjadi buah primadona dalam dunia herbal. Penelitian yang dipublikasikan dalam Biological and Pharmaceutical Bulletin menujukkan bahwa melanin bisa dihambat produksinya dengan menggunakan lemon. Untuk mengangkat sel kulit mati pada bibir, kamu bisa memanfaatkan kandungan vitamin C pada lemon. Caranya pun juga terbilang sangat simple dan tidak menyita waktu kamu. Ikuti cara berikut:

  • Potong satu buah lemon menjadi dua bagian dan peras untuk diambil sari atau airnya saja
  • Ambil cotton bud atau kapas bersih
  • Celupkan kapas ke sari lemon dan oleskan secara merata pada bibir
  • Diamkan semalaman dan bilas saat bangun di pagi hari
  • Lakukan secara rutin setiap hari untuk mendapatkan hasil maksimal

Buah Bit

Cara mencerahkan bibir secara alami selanjutnya adalah dengan menggunakan buah bit. Buah bit dikenal memiliki pigmen warna merah yang lebih tinggi daripada buah lainnya dan diketahui bisa mencegah iritasi dengan asam folat dan zat besinya. Langkah-langkah memanfaatkan buah bit sebagai bahan memerahkan bibir secara alami adalah sebagai berikut:

  • Siapkan satu buah bit dan 1 sdm minyak kelapa murni
  • Haluskan buah bit dengan cara diblender lalu saring untuk mengambil sarinya saja
  • Campurkan minyak kelapa setelah didapatkan sari buah bit
  • Aduk secara merata lalu letakkan dalam wadah bersih dan letakkan di freezer kulkas hingga mengeras
  • Gunakan campuran ini sebagai lip balm sehari-hari untuk melembabkan bibir serta mengembalikan pigmen warna bibir

Buah Delima

Tak hanya memiliki rasa manis dan segar saat dikonsumsi, buah delima memang menawarkan beragam manfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Penelitian yang dipublikasikan pada Journal Bioscience, Biotechnology, and Biochemistry menunjukkan bahwa buah delima memiliki khasiat untuk membantu menyembuhkan hiperpigmentasi pada kulit.

Hal inilah yang membuat buah delima bisa digunakan sebagai salah satu alternatif atau cara memerahkan bibir secara alami. Hasil yang didapatkan jika menggunakan buah delima secara rutin sebagai masker bibir adalah membuat warna bibir lebih merona. Penasaran? Simak caranya di bawah ini:

  • Siapkan terlebih dahulu buah delima kurang lebih 1 sendok makan yang telah dihaluskan, susu krim segar, dan 1 sendok air mawar
  • Campurkan ketiga bahan di atas dan oleskan secara merata ke seluruh permukan bibir
  • Diamkan selama kurang lebih 3 menit kemudian bilas dengan air bersih

Madu dan Gula Pasir

Cara memerahkan bibir secara alami yang satu ini mungkin sudah tidak asing lagi bagi kamu yang sering melakukan scrub bibir secara rutin. Keduanya bisa merangsang pembentukan lapisan epidermis pada bibir sehingga memproduksi kolagen baru. Catat caranya di bawah ini ya:

  • Siapkan madu dan gula dengan perbandingan 2:1
  • Campurkan keduanya dan gunakan untuk mengoles bibir secara rata
  • Diamkan sejenak dan gosok secara perlahan agar tidak melukai bibir
  • Bilas dengan air bersih dan gunakan lipbalm agar tetap lembab

Memerahkan bibir secara alami memang tidak bisa mendapatkan hasilnya dengan instan. Namun disamping melakukan perawatan bibir, kamu juga hendaknya tidak berlebihan menggunakan lipstick atau mengonsumsi minuman yang menyebabkan bibir menjadi gelap. Diantara cara alami di atas, mana yang menjadi favoritmu?

Posting Komentar

Bijaklah dalam berkomentar. Pertanyaan, kritik dan saran dipersilahkan. Komentar dengan spam link akan otomatis terhapus.