Table of Content

10 Bahan Herbal untuk Obat Tipes Alami

Berikut daftar bahan herbal tradisional yang bisa digunakan sebagai obat tipes alami

Mungkin kamu adalah salah satu dari sekian banyak orang yang sudah pernah atau bahkan sering mengalami tipes. Dikutip dari Hello Sehat, tipes adalah penyakit yang disebabkan oleh bakteri Salmonella typhi dan dapat menyebar melalui air, makanan, serta orang yang terinfeksi (melalui feses). Ketika kamu mengkonsumsi makanan atau minumam yang terkontaminasi dengan bakteri penyebab tipes, maka ia akan masuk ke saluran pencernaan dan memicu gejala tipes seperti demam tinggi, diare, hingga nyeri perut.

Biasanya, dokter akan meresepkan antibiotik serta obat-obatan saat kamu telah didiagnosa mengalami tipes. Namun selain itu, kamu bisa mencoba berbagai obat tipes alami yang bisa didapatkan dengan mudah di rumah berikut ini yang dirangkum dari situs Hellosehat dan Honestdocs:

Cuka Sari Apel

Obat Tipes AlamiGambar : Unsplash

Kandungan cuka sari apel sangat efektif untuk mengobati tipes. Di dalamnya terdapat mineral penting untuk memenuhi nutrisi dan mengembalikan energi penderita tipes. Telah lama sifat asamnya dikenal sebagai obat alami yang ampuh untuk berbagai penyakit. Ketika kamu sedang demam tipes, ia akan membantu mengurangi suhu demam tinggi di tubuh.

Penggunaannya sebagai obat sangat simpel, cukup siapkan setengah sendok cuka sari apel, air matang, dan madu untuk perasa alami. Campurkan cuka sari apel dan madu ke dalam air, lalu aduk rata dan minum sebelum makan.

Bawang Putih

Selain sebagai bumbu dapur, bawang putih juga telah lama dikenal sebagai obat alami berbagai penyakit termasuk tipes. Antioksidan dan antiseptik yang dikandung oleh bawang putih bisa membantu mengembalikan kondisi tubuh yang sedang sakit, termasuk mempercepat penyembuhan tipes.

Jurnal penelitian berjudul "Extracts from the history and medical properties of garlic” menunjukkan bahwa bawang putih sejak dulu digunakan sebagai obat alami saat pandemi dengan gejala tipes, influenza, hingga kolera. Kamu bisa mengkonsumsi bawang putih secara rutin sebagai obat tipes alami sehari-hari.

Daun Basil

Tumbuhan yang satu ini juga dikenal dengan nama daun selasih. Ia biasa digunakan sebagai salah satu obat alami tipes karena memiliki kandungan antibakteri dan antibiotik yang berfungsi menghambat pertumbuhan bakteri penyebab penyakit tipes.

Cara mengolahnya juga tidak ribet, namun selain daun basil, kamu harus menyiapkan jahe beberapa ruas yang telah diiris atau digeprek. Kemudian rebus kedua bahan tersebut dan tiriskan setelah mendidih. Minumlah secara rutin air rebusan tersebut sebanyak 3x sehari sebagai obat alami tipes agar lekas membaik.

Cengkih

Sebagai salah satu rempah Indonesia yang populer, cengkih diketahui memiliki segudang manfaat untuk kesehatan. Pasti kamu tidak asing dengan minyak cengkih yang biasanya digunakan untuk mengobati sakit gigi. Namun, untuk obat tipes alami, cengkih harus diolah sendiri dengan cara direbus.

Ambil sebanyak 5-7 ranting cungkup cengkih lalu cuci bersih terlebih dahulu. Siapkan dua gelas air untuk merebus cengkih. Setelah air mendidih atau menyusut sampai satu gelas, tiriskan dan dinginkan. Minumlah secara rutin dan ulangi setiap hari olahan rebusan cengkih ini.

Pisang

Apakah kamu salah satu penggemar buah berwarna kuning cerah ini? Ternyata, pisang masuk dalam list obat tipes alami yang mudah didapatkan. Saat tipes, kamu akan mengalami diare terus menerus. Namun tenang saja karena pisang bisa mambantu meredakan diare tersebut dengan kandungan pektin yang dimilikinya. Tidak hanya itu saja, ia juga berfungsi menggantikan elektrolit yang hilang saat kamu sedang demam tipes lho!

Saat tipes sangat dianjurkan untuk rutin mengkonsumsi pisang 2 sampai 3 buah perhari agar mempercepat proses penyembuhan tipes.

Air

Meminum air yang cukup adalah cara mujarab untuk mengobati penyakit apapun yang berhubungan dengan dehidrasi. Diare atau muntah saat tipes cenderung menyebabkan penderitanya mengalami kelelahan dan dehidrasi berat. Oleh sebab itu, sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi air mineral agar kebutuhan cairan di dalam tubuh tercukupi.

Sebaiknya minumlah air minum minimal 8 gelas perhari agar proses penyembuhan tipes berjalan dengan cepat. Namun jangan lupa untuk mengimbanginya dengan makan makanan bergizi agar kebutuhan nutrisi harian tetap terjaga selama sakit tipes di rumah.

Kentang

Kentang dikenal sebagai pengganti nasi atau jagung karena tinggi karbohidrat. Kandungan karbohidrat dan protein yang terdapat di dalam kentang sangat bermanfaat untuk menambah energi dan melancarkan sistem pencernaan tubuh. Oleh sebab itu, ia berfungsi mempercepat proses penyembuhan sakit tipes yang sedang diderita.

Untuk menjadikan kentang sebagai obat tipes alami, kamu perlu mengolahnya dengan cara merebus kentang secukupnya dan membuat mashed potato atau kentang tumbuk. Makanan lunak seperti kentang tumbuk ini cocok dikonsumsi oleh penderita tipes karena mudah dicerna.

Madu

Tak diragukan lagi bahwa madu sangat bermanfaat untuk kesehatan. Tidak hanya menjaga kondisi tubuh tetap fit, namun juga bisa dijadikan obat alami mengobati berbagai penyakit termasuk tipes. Kandungan fruktosa dan glukosa yang ada di madu murni menjadi sumber energi bagi penderita tipes. Selain itu, madu juga memiliki nutrisi penting lainnya yang berguna untuk meningkatkan sistem imun tubuh.

Kamu bisa mengkonsumsi madu secara rutin setiap hari sebagai langkah untuk mencegah dan sekaligus mengobati tipes jika tengah menderita penyakit tersebut.

Air Kelapa Muda

Selain minum air mineral, dehidrasi pada saat tipes juga bisa diatasi dengan cara mengkonsumsi air kelapa muda. Kandungan mineral yang terdapat di dalam air kelapa muda bisa melengkapi kebutuhan cairan harian kamu sekaligus meperkuat sistem kekebalan tubuh, lho!

Saat tipes, kamu dianjurkan untuk minum air kelapa muda secara rutin agar metabolisme tubuh tetap lancar dan mempercepat proses penyembuhan tipes. Meskipun begitu, jangan mengkonsumsinya secara berlebihan ya karena air kelapa memiliki kandungan kalium yang tinggi dan mengkonsumsi secara berlebihan setiap hari justru tidak sehat.

Buah Delima

Deretan buah-buahan yang menjadi obat tipes alami selanjutnya yakni buah delima. Selain memiliki cita rasa manis dan tentunya menyehatkan. Dikutip dari Hellosehat, dalam satu buah delima diketahui mampu memenuhi kebutuhan vitamin C harian kamu dengan kadar sebanyak 40%. Buah kaya manfaat ini juga bisa mengobati berbagai penyakit, termasuk tipes lho!

Pasalnya, buah delima juga memiliki kandungan antioksidan untuk membantu melindungi tubuh dari infeksi penyakit. Konsumsilah buah delima secara rutin agar mempercepat penyembuhan demam tipes yang tengah diderita.

Nah, itu dia informasi mengenai obat tipes alami yang bisa kamu coba untuk konsumsi saat tipes menyerang. Kamu harus waspada dan segera ke dokter apabila gejala tipes telah menyerang. Selain mengkonsumsi obat-obatan yang telah diresepkan oleh dokter, tidak ada salahnya mencoba ramuan herbal dan bahan alami di atas untuk menyembuhkan penyakit tipes. Jika memungkinkan, konsultasikan dengan dokter apabila ingin mencoba bahan herbal ketika tengah mengkonsumsi obat kimia karena dikhawatirkan akan menimbulkan efek tertentu pada tubuh.

Posting Komentar

Bijaklah dalam berkomentar. Pertanyaan, kritik dan saran dipersilahkan. Komentar dengan spam link akan otomatis terhapus.