Table of Content

10 Bahan Herbal untuk Obat Sakit Gigi Alami

Berikut daftar bahan herbal tradisional yang bisa digunakan sebagai obat sakit gigi alami

Ketika mengalami sakit gigi, kamu pasti akan terganggu dengan nyeri yang ditimbulkan. Bahkan tak jarang keadaan tersebut membuat hilangnya nafsu makan dan menyebabkan adanya pembengkakan di gusi. Biasanya sakit gigi disebabkan karena adanya gigi berlubang yang terinfeksi lebih dalam. Oleh sebab itu, kamu harus menyadari sejak dini pentingnya menjaga kesehatan mulut dan gigi.

Perlu diingat bahwa obat-obatan baik itu yang alami ataupun kimia tidak bisa menyembuhkan kondisi gigi yang rusak. Kamu harus berkonsultasi dengan dokter gigi agar bisa diambil tindakan lanjut mengenai kondisi gigi yang rusak. Namun apabila sudah terlanjur mengalami sakit gigi, kamu bisa mencoba beberapa alternatif obat sakit gigi alami berikut ini:

Es Batu

Obat Sakit Gigi AlamiGambar : Unsplash

Cara sederhana ini sudah banyak digunakan oleh banyak orang ketika sakit gigi menyerang. Apalagi jika sakit gigi yang kamu alami menyebabkan pembengkakan di pipi, maka es batu bisa menjadi pengobatan yang paling mudah untuk meredakannya.

Kamu cukup menyiapkan es batu dan handuk atau kain bersih. Bungkus beberapa keping es batu dengan handuk atau kain, lalu tempelkan di pipi untuk mengompres selama 15-20 menit. Tidak hanya meredakan bengkak, namun es batu juga bisa membantu untuk mengurangi rasa nyeri akibat sakit gigi.

Garam

Garam sering digunakan sebagai obat alami mengatasi berbagai nyeri, termasuk sakit gigi. Sejak lama larutan garam dipercaya ampuh untuk meredakan sakit gigi di rumah. Hal ini dikarenakan adanya kandungan disinfektan di dalam larutan garam yang bisa membantu kamu untuk mengurangi radang di gusi jika digunakan untuk berkumur.

Sebelum berkumur dengan air garam, sebaiknya pastikan gigi telah bersih dari sisa makanan agar efektivitasnya semakin terasa. Selanjutnya, larutkan setengah sendok teh garam ke satu gelas air hangat, dan gunakan untuk berkumur selama 30 detik. Ingat, jangan ditelan ya!

Bawang Putih

Selain menyedapkan masakan, siapa sangja bahwa bawang putih juga sering digunakan sebagai obat alami yang sudah dikenal sejak dahulu kala. Di dalam bawang putih, terdapat kandungan senyawa allicin yang bisa mengurangi nyeri pada sakit gigi kamu, lho!

Siapkan satu siung bawang putih yang telah dikupas, lalu potong menjadi dua bagian. Selanjutnya, letakkan potongan tersebut ke bagian gigi yang sakit selama beberapa saat. Jika kalian terbiasa mengunyah bawang putih mentah, cara tersebut juga bisa digunakan asalkan tahan terhadap aromanya.

Daun Jambu Biji

Selain buahnya memiliki rasa manis dan enak, rupanya daun jambu biji memiliki segudang manfaat. Penelitian menunjukkan bahwa daun jambu biji memiliki sifat anti radang untuk mempercepat proses penyembuhan luka. Tidak hanya itu saja, ia juga mengandung sifat antimikroba sehingga cocok digunakan sebagai obat alami menyembuhkan sakit gigi karena ikut memelihara kesehatan gigi dan mulut.

Cara yang digunakan sangat sederhana, yakni cukup kunyah langsung daun jambu biji yang telah dicuci bersih atau rebus bersama dua gelas air untuk kumur-kumur setiap hari.

Minyak Cengkih

Mengobati sakit gigi dengan minyak cengkih dikenal secara populer bisa efektif meredakan nyeri sementara dalam skala ringan. Hal ini karena minyak cengkih mengandung senyawa eugenol sebagai antiseptik alami dari bunga cengkih. Minyak cengkih bisa dengan mudah didapatkan di apotik terdekat saat kamu membutuhkannya untuk sakit gigi.

Pada umumnya, ada dua cara dalam menggunakannya. Pertama, teteskan minyak cengkih ke kapas, lalu tempelkan ke gigi yang sakit. Kedua, larutkan beberapa tetes minyak cengkih ke segelas air dan gunakan untuk kumur-kumur.

Bawang Merah

Selain bawang putih, ternyata bawang merah juga bisa digunakan sebagai obat alami untuk mengobati sakit gigi. Bumbu dapur yang satu ini memiliki kandungan antiseptik dan antibakteri yang bermanfaat untuk melawan infeksi dan meredakan rasa sakit saat kamu mengalami sakit gigi.

Cara yang digunakan juga sama seperti bawang putih. Pertama, kamu bisa mengkonsumsinya secara langsung. Selain itu, cara kedua kamu bisa mengiris atau menghaluskannya lalu ditempelkannya ke bagian yang sakit selama beberapa menit lalu jangan lupa kumur dengan air.

Cuka Sari Apel

Karena kandungan asamnya, cuka sari apel bersifat antibakteri yang bisa menjaga kebersihan mulut. Menggunakan cuka sari apel bisa membantu kamu mengurangi rasa nyeri di gusi yang disebabkan oleh sakit gigi. Cara menggunakannya sebagai obat alami sakit gigi sama seperti penggunaan minyak cengkih. Kamu bisa meneteskannya di kapas lalu ditempelkan ke bagian gigi yang sakit, atau larutkan di segelas air dan gunakan sebagai obat kumur-kumur. Lakukan secara rutin dalam sehari agar lekas membaik. Namun jika semakin parah, sebaiknya segera ke dokter gigi terdekat.

Jahe

Selain enak apabila diolah menjadi wedang, jahe juga mempunyai segudang manfaat termasuk mengobati sakit gigi lho. Kandungan antibiotik yang ada pada jahe bermanfaat untuk membunuh kuman dan bakteri di dalam mulut, sehingga bisa meredakan nyeri saat kamu sedang sakit gigi.

Siapkan terlebih dahulu beberapa ruas jahe dan kupas hingga bersih. Selanjutnya geprek atau iris jahe agar bisa diambil untuk ditempelkan ke bagian gigi yang sakit. Diamkan beberapa saat dan lakukan hingga beberapa kali sampai sakit gigi yang dirasakan mereda.

Minyak Thyme

Mungkin kamu sudah tidak asing lagi dengan tanaman yang satu ini. Thyme sudah populer digunakan sebagai obat-obatan tradisional di seluruh dunia. Kandungan antiseptiknya dikenal ampuh untuk mengobati nyeri karena gigi yang sedang sakit. Namun, yang digunakan sebagai obat alami sakit gigi adalah minyak esensial thyme, bukan tumbuhannya langsung.

Penggunaannya juga tidak sulit, karena sama seperti halnya minyak cengkih, kamu perlu menyiapkan kapas saja sebagai media untuk meneteskan minyak tersebut dan menempelkan di bagian yang sakit. Selain itu, ia bisa digunakan sebagai larutan kumur-kumur.

Lidah Buaya

Lidah buaya memiliki kandungan antiinflamasi dan antibakteri. Maka tak heran jika lidah buaya bisa menjadi obat alami untuk meredakan nyeri akibat sakit gigi atau masalah mulut. Penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Indian Society and Periodontology menunjukkan bahwa kandungan dalam lidah buaya tersebut bisa membantu membunuh kuman penyebab kerusakan gigi. Cara penggunaannya sangat sederhana karena kamu hanya membutuhkan gel yang ada di lidah buaya untuk dioleskan dan pijat secara perlahan di bagian gigi serta gusi yang sakit.

Itulah 10 obat alami sakit gigi yang bisa kamu coba dalam keadaan darurat tingkat pertama. Sakit gigi yang baru dialami bisa diredakan dengan obat-obatan alami yang mudah didapatkan. Namun jika sakit gigi terus terjadi berulang kali, kamu membutuhkan pertolongan dokter gigi untuk tindakan lanjutan agar masalah kesehatan gigi dan mulut bisa diatasi dengan benar. Jangan lupa untuk selalu memelihara kesehatan gigi dengan menggosok gigi secara rutin agar tidak menjadi gigi berlubang, ya!

Posting Komentar

Bijaklah dalam berkomentar. Pertanyaan, kritik dan saran dipersilahkan. Komentar dengan spam link akan otomatis terhapus.