Table of Content

10 Bahan Herbal untuk Obat Flu Alami

Berikut daftar bahan herbal tradisional yang bisa digunakan sebagai obat flu alami

Salah satu penyakit yang paling sering muncul adalah flu. Ketika mengalami flu, hidung kamu pasti menjadi tersumbat dan bahkan sering disertai dengan demam ringan. Biasanya, bersin dan hidung tersumbat saat flu disebabkan karena jaringan dan pembuluh darah di sekitar hidung mengalami pembengkakan saat adanya cairan berlebih. Seringkali keadaan ini sangat mengganggu aktivitas hingga waktu tidur kamu.

Banyak cara untuk meredakan flu, mulai dari bahan alami, cara sederhana seperti menghirup uap air, hingga obat alami. Namun jangan buru-buru meminum obat terlebih dahulu jika kamu sedang flu. Berikut ini adalah informasi yang dirangkum dari situs SehatQ dan Detik Health mengenai obat alami untuk meredakan flu yang bisa kamu coba di rumah.

Madu

Obat Flu AlamiGambar : Unsplash

Karena bersifat antimikroba, madu dinilai bisa menguatkan sistem imun tubuh manusia untuk melawan berbagai gejala penyakit, termasuk flu. Karena itulah madu sering disebut sebagai antibiotik alami. Mengkonsumsi madu di saat kamu flu dapat mengobati batuk-batuk atau tenggorokan yang sakit.

Untuk menggunakan madu sebagai obat alami flu, kamu cukup meminum satu sendok madu setiap hari di pagi dan malam hari. Selain itu, kamu bisa coba untuk melarutkan madu bersama dengan segelas air hangat atau perasan jeruk lemon untuk lebih meningkatkan detoksifikasi.

Jahe

Jahe telah dikenal sebagai bahan alami yang kaya antioksidan sehingga membuatnya juga kaya manfaat. Karena itulah jahe sering digunakan untuk mengobati sakit sakit sendi peradangan 1111pada tubuh atau resiko infeksi pada tubuh. Penelitian dari BMC Complementary Medicine and Therapies menunjukkan bahwa jahe juga bermanfaat untuk mengobati hidung tersumbat akibat flu. Cukup siapkan beberapa ruas jahe untuk dipotong atau diparut. Setelah itu, rebus jahe dengan air secukupnya sampai mendidih lalu saring airnya. Kamu bisa meminum air rebusan jahe untuk meredakan flu dan memulihkan keadaan tubuh agar lekas pulih.

Bawang Putih

Tahukah kamu bahwa bawang putih memiliki senyawa antivirus? Telah banyak studi yang menunjukkan bahwa efektivitas bawang putih sangat tinggi untuk meredakan gejala penyakit dan mempercepat proses penyembuhannya. Ya, selain itu kandungan minyak allicin yang terdapat di bawang putih dipercaya sebagai salah satu obat alami untuk meredakan gejala flu yang membandel. Untuk menggunakan bawang putih sebagai obat alami, kamu bisa langsung mengunyah dan memakan bawang putih mentah satu siung setiap hari secara rutin. Cara ini dipercaya bisa meredakan batuk dan gejala flu lainnya.

Garam

Mungkin kamu sudah sering mendengar bahwa garam bisa dijadikan obat untuk meredakan sakit gigi. Namun, tahukah kamu bahwa ia juga efektif sebagai obat alami flu? Ya, garam juga bisa digunakan sebagai obat alami untuk meredakan flu.

Salah satu gejala flu yang sering dialami adalah radang tenggorokan. Nah, saat merasakan hal tersebut, kamu bisa menggunakan larutan air hangat dan garam untuk berkumur. Cara ini dimuat dalam penelitian The American Journal of Preventive Medicine yang menunjukkan hasil bahwa garam bisa mengurangi infeksi pernapasan dan menarik cairan penyebab radang tenggorokan.

Daun Mint

Kandungan ekstrak menthol pada daun mint memang banyak digunakan oleh berbagai jenis obat. Maka, tak heran jika obat yang selama ini kamu minum ada rasa segar seperti dingin di tenggorokan. Hal itu terjadi karena kandungannya memiliki efek dekongestan yang berfungsi untuk mengencerkan lendir saat sedang flu.

Cara yang digunakan cukup mudah karena kamu hanya perlu menyiapkan beberapa lembar daun mint dan jahe. Selanjutnya, tambahkan daun mint pada air jahe yang telah mendidih. Diamkan sebentar, lalu tambahkan madu secukupnya sebagai pemanis alami.

Bunga Lawang

Setelah tadi bawang putih dan garam, selanjutnya ada bunga lawang sebagai bumbu dapur atau bahan alami yang bisa mengobati flu. Rempah yang satu ini memiliki kandungan yang bisa membersihkan lendir di tenggorokan agar tidak terjadi infeksi lanjutan. Cara yang digunakan cukup mudah, siapkan bunga lawang halus atau bunga lawang yang telah ditumbuk, selanjutnya campurkan dengan dua gelas air lalu rebus hingga mendidih dan tersisa segelas air. Selagi hangat, beri madu untuk perasa dan minumlah satu sendok ramuan ini setiap hari secara rutin agar cepat pulih dari flu.

Cuka Apel

Cuka sari apel memiliki bakteri baik yang bersifat untuk menambah sistem kekebalan tubuh. Ia memiliki kandungan yang bisa melawan patogen agar tidak menyebabkan infeksi pada tubuh. Dilansir dari Times of India, cuka sari apel bisa mengobati pilek atau flu karena memiliki vitamin C dan serat konsentrasi tinggi.

Untuk menggunakannya, cukup larutkan satu sendok cuka sari apel dengan segelas air hangat. Jangan lupa untuk menggunakan madu agar lebih nyaman untuk dirasakan karena terlalu asam. Dengan begini, flu yang kamu derita dapat cepat teratasi.

Lemon

Biasanya flu menyerang saat kondisi tubuh kurang fit atau stamina sedang menurun. Untuk itu, kamu memerlukan asupan yang berfungsi meningkatkan stamina dan daya tahan tubuh agar flu segera mereda. Mulai dari mengatasi masalah pencernaan hingga mengobati flu, lemon dianggap sebagai buah serba guna dan memiliki segudang manfaat.

Cukup sediakan perasan jeruk lemon dan larutkan di dalam air hangat lalu segera diminum untuk mengencerkan dahak dan meningkatkan kekebalan tubuh. Konsumsi secara rutin untuk manfaat lain agar tetap sehat dan bugar.

Susu Kunyit

Memang terdengar aneh, namun salah satu obat flu alami yang mudah untuk dibuat adalah susu yang dilarutkan dengan kunyit. Hal ini dikarenakan adanya kandungan di dalam kunyit yang bersifat anti inflamasi sehingga berkhasiat untuk mengurangi gejala flu, terutama pada anak-anak.

Bahan dan cara yang digunakan cukup mudah, cukup siapkan segelas susu hangat lalu tambahkan setengah sendok teh bubuk kunyit. Setelah diaduk rata, segera minum secara perlahan. Mengkonsumsi susu kunyit dinilai mampu mempercepat proses penyembuhan flu atau batuk pilek dengan gejala ringan hingga sedang.

Air Putih

Ya, perbanyak minum air putih dinilai bisa meredakan flu. Tidak hanya flu saja, berbagai penyakit dan kondisi tubuh memang membutuhkan asupan air yang cukup. Jika kandungan air di dalam tubuh cukup, maka kamu tidak akan dehidrasi dan bisa beraktivitas dengan lancar. Ketika flu, mangkonsumsi air putih yang cukup akan membantu untuk mengurangi radang tenggorokan dan hidung tersumbat. Oleh sebab itu, sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi air putih secara rutin dan cukup agar kondisi tubuh tetap terjaga dan lekas pulih dari flu.

Itulah obat alami untuk meredakan flu yang bisa kamu coba di rumah. Berbagai bahan tersebut sangat mudah didapatkan dan tidak mahal. Selain mengobati flu dengan obat alami, jangan lupa untuk beristirahat dengan cukup agar mempercepat proses pemulihan. Karena kondisi tubuh yang sehat tidak terlepas dari pola makan dan pola hidup yang sehat pula.

Posting Komentar

Bijaklah dalam berkomentar. Pertanyaan, kritik dan saran dipersilahkan. Komentar dengan spam link akan otomatis terhapus.