Table of Content

10 Bahan Herbal untuk Obat Bisul Alami

Berikut daftar bahan herbal tradisional yang bisa digunakan sebagai obat bisul alami

Bisul termasuk salah satu penyakit kulit yang sering diderita oleh masyarakat Indonesia. Biasanya, penyebab bisul adalah pola makan tidak sehat dan kurang menjaga kebersihan sekitar. Bakteri Staphylococcus aureus menyebabkan adanya infeksi pada folikel rambut hingga muncullah bisul sebagai benjolan bernanah di permukaan kulit.

Seringkali bisul muncul di area yang sering mengalami gesekan rambut dan keringat, seperti wajah, ketiak, leher, hingga bokong. Bisul awalnya berukuran kecil, lalu membesar karena mengalami pembengkakan dan membentuk titik putih di atas benjolan. Jika kamu sedang mengalami munculnya bisul di kulit dan gejala bisul yang ada masih tergolong ringan, segera obati dengan cara atau obat alami berikut ini:

Minyak Jarak atau Castor Oil

Obat Bisul AlamiGambar : Unsplash

Castor oil memiliki anti-inflamasi alami yang disebut dengan senyawa asam risinoleat. Selain itu, ia pun bersifat antibakteri sehingga cocok untuk dijadikan obat alami agar bisul cepat pecah dan tidak terlalu sakit.

Memang castor oil tidak mudah didapatkan di toko terdekat karena tidak banyak beredar bebas, padahal ini adalah salah satu obat alami yang ampuh meredakan bisul. Cukup oleskan sedikit saja sebanyak tiga kali sehari pada area bisul hingga menghilang atau mereda, maka kamu akan merasakan manfaatnya.

Kompres Air Hangat

Tentu saja ada rasa tidak nyaman ketika benjolan bisul muncul dan menyebabkan rasa sakit. Agar proses 'pematangan' bisul terjadi lebih cepat, kamu bisa mencoba cara sederhana dengan mengompres bagian kulit yang terkena bisul dengan air hangat.

Siapkan air hangat dan handuk atau kain kompres bersih, lalu celupkan handuk ke air hangat tersebut dan tempelkan ke area bisul selama kurang lebih 20 menit. Lakukan secara rutin untuk mengurangi rasa sakit dan mempercepat nanah naik ke puncak benjolan bisul.

Kunyit dan Jahe

Kandungan antiinflamasi pada kunyit dan jahe sangat bermanfaat untuk mengobati bisul. Bahan alami ini sangat mudah ditemukan di manapun, baik di pekarangan atau di pasar dan toko sayur. Kamu cukup menyiapkan beberapa ruas untuk diparut. Jika ingin praktis, cukup beli berupa bubuk kedua bahan ini.

Campurkan kedua bahan tersebut dengan sedikit air dan aduk sampai berbentuk pasta atau salep. Selanjutnya, oleskan pada bisul dan tunggu hingga kering. Lap dengan kain bersih dan lakukan cara ini 2x sehari.

Garam Epsom

Garam epsom atau garam inggris memiliki kandungan aktif yang berfungsi untuk membuat bisul cepat kering karena 'mematangkan' nanah di dalam bisul. Kamu bisa dengan mudah membeli garam ini di toko terdekat, supermarket, atau e-commerce karena memang dijual bebas.

Untuk mengobati bisul dengan garam epsom, cukup siapkan garam epsom, handuk atau kain bersih, dan air hangat. Larutkan garam tersebut ke air hangat secukupnya. Celupkan handuk dan gunakan untuk mengompres selama kurang lebih 20 menit di area bisul. Lakukan minimal 3x sehari agar bisul cepat menghilang.

Mengoleskan Tea Tree Oil

Tea tree oil telah dikenal sebagai minyak alami dengan kandungan antibakteri dan antiseptik sehingga bisa membantu meredakan bisul. Tentu saja penggunaannya tidak dianjurkan untuk sembarangan atau tanpa aturan. Kamu harus menyiapkan beberapa bahan tambahan agar tidak menimbulkan rasa panas dan terbakar di kulitmu.

Siapkan tea tree oil, minyak kelapa atau minyak zaitun, dan kapas untuk media oles. Campurkan tea tree oil dan minyak kelapa dengan perbandingan tetes 5:1 lalu gunakan kapas untuk mengoles pada bisul. Lakukan secara rutin 2-3 kali sehari.

Minyak Mimba atau Neem Oil

Neem oil dikenal juga dengan sebutan minyak mimba dan lilac India. Ia mempunyai tiga kandungan sekaligus yang berfungsi meredakan sakit akibat bisul atau infeksi kulit lainnya yang sering menimbulkan rasa nyeri dan bermanfaat untuk mempercepat proses penyembuhannya, yakni antiseptik, antibakteri, dan antimikroba.

Untuk menggunakan neem oil sebagai obat bisul, kamu hanya perlu mengoleskannya seperti penggunaan castor oil, yakni digunakan secara langsung pada area bisul. Jangan lupa oleskan dengan tangan yang bersih dan cuci tangan setelah mengoleskannya.

Madu Murni

Madu murni memang telah terkenal karena sifat antioksidannya yang kaya manfaat. Madu bisa menjadi obat alami ketika kamu mengalami infeksi kulit seperti bisul akibat bakteri jahat yang dapat membuat kamu merasakan sakit.

Kamu bisa mengobati bisul dengan madu murni dengan menyiapkan beberapa peralatan seperti kain perban atau kasa, kapas, dan madu. Oleskan madu pada bisul atau pada kapas yang akan ditempelkan ke bisul, lalu tutup dan rekatkan dengan kain kasa atau perban. Ganti secara rutin sekali sehari agar mempercepat proses penyembuhan.

Bawang Putih Halus

Selain sebagai bumbu dapur, bawang putih adalah obat tradisional alami untuk berbagai penyakit termasuk bisul. Kandungan antijamur, antibakteri, antivirus, dan antiseptik di bawang putih berasal dari senyawa alisin yang bisa membunuh bakteri penyebab bisul.

Kamu cukup menyiapkan bawang putih yang telah ditumbuk atau digiling halus, lalu totolkan di area bisul selama beberapa menit. Jangan lupa bilas dengan air mengalir setelahnya dan keringkan dengan handuk atau kain bersih. Sebaiknya lakukan secara rutin agar infeksi pada bisul tidak semakin parah dan bisa segera mereda.

Lidah Buaya

Pada umumnya, kamu pasti mengenal lidah buaya sebagai penyubur rambut alami. Namun, selain sebagai produk alam yang berguna untuk kecantikan, ia juga memiliki kandungan yang sangat bermanfaat untuk kesehatan kulit, termasuk untuk mengobati bisul. Kandungan lupeol dan antiinflamasi di dalamnya bersifat antiseptik dan analgesik sehingga bisa dijadikan sebagai obat alami.

Siapkan lidah buaya asli untuk dikupas dan diambil gelnya saja. Setelah itu, oleskan pada bisul secara merata. Tunggu sebentar sekitar 30 menit, lalu bilas dengan air bersih.

Cuka Sari Apel

Cuka sari apel bisa digunakan sebagai obat alami bisul karena mengandung vitamin dan mineral untuk memperbaiki dan mencegah infeksi mikroba. Kamu bisa dengan mudah mendapatkan cuka sari apel dimana saja karena memang dijual bebas dengan harga murah.

Cukup sediakan cuka sari apel, air hangat, dan kapas atau kain bersih sebagai persiapan untuk mengobati bisul. Campurkan cuka sari apel ke air hangat dengan perbandingan 2:4, lalu celupkan kain atau kapas ke larutan tersebut dan tempelkan pada bisul. Ulangi setiap malam metode ini agar bisul cepat sembuh.

Nah, itulah obat alami untuk mengobati bisul dengan gejala ringan. Bahan-bahan alami di atas sangat mudah didapatkan dan cukup murah. Jika gejala yang kamu rasakan sudah berat dan parah, sebaiknya segera obati dengan resep dokter dan penanganan yang tepat agar tidak terjadi infeksi lanjutan. Jangan lupa untuk menyeimbangkan pola hidup dan kebersihan sekitar agar terhindari dari penyakit kulit seperti bisul dan lainnya.

Posting Komentar

Bijaklah dalam berkomentar. Pertanyaan, kritik dan saran dipersilahkan. Komentar dengan spam link akan otomatis terhapus.