Table of Content

10 Bahan Herbal untuk Obat Asam Urat Alami

Berikut daftar bahan herbal tradisional yang bisa digunakan sebagai obat asam urat alami

Asam urat sudah menjadi penyakit yang umum diderita oleh orang dewasa. Baik pria maupun wanita, asam urat bisa menyerang siapa saja. Biasanya orang yang mempunyai penyakit asam urat akan merasakan nyeri sendi di bagian tertentu, seperti jempol kaki, sendi tangan, dan lainnya. Hal tersebut terjadi karena tingginya kadar purin di dalam tubuh.

Ketika asam urat menyerang, biasanya penderita akan mengkonsumsi obat-obatan yang telah diresepkan oleh dokter. Namun tahukah kamu bahwa terdapat obat alami untuk asam urat? Obat-obatan dari tumbuhan dan herbal cenderung digunakan oleh masyarakat sebagai opsi lain apabila kadar purin sudah terlalu tinggi. Apa saja bahan alami tersebut? Berikut ini daftar informasi yang perlu kamu ketahui untuk mengobati asam urat dengan bahan alami:

Daun Salam

Obat Asam Urat AlamiGambar : Unsplash

Daun salam memang populer sebagai bumbu dapur yang melengkapi berbagai masakan lezat. Dikutip dari Grid.id, daun salam memiliki kandungan asam folat, vitamin A, dan vitamin C yang menyehatkan tubuh serta berguna untuk menurunkan kadar asam urat yang tinggi, lho!

Penggunaan daun salam sebagai obat alami asam urat juga sangat mudah. Kamu perlu menyiapkan 5-10 daun salam yang telah tua dan dicuci bersih serta 3 gelas air untuk merebusnya. Minumlah air rebusan daun salam secara rutin untuk mendapatkan hasil maksimal.

Daun Sirsak

Siapa sangka, selain buahnya yang enak, ternyata daun sirsak juga sangat bermanfaat sebagai obat alami untuk penderita asam urat. Daun sirsak mengandung antioksidan tinggi yang disebut dengan flavonoid sehingga bisa menghambat kerja enzim xhantine oxidase yang membentuk asam urat.

Namun kamu tidak bisa mengolah daun sirsak secara sembarang untuk obat asam urat. Pertama-tama siapkan terlebih dahulu daun sirsak 10 lembar dan 2-3 gelas air, lalu rebus hingga mendidih dan air rebusan tersisa 1/3. Minum air rebusan daun sirsak tersebut secara rutin setiap pagi dan malam untuk mengurangi kadar asam urat.

Harga termurah : Tokopedia | Shopee

Seledri

Siapa yang tidak kenal dengan tumbuhan satu ini. Kamu bisa dengan mudah menemukannya di toko sayur atau bahkan di toko tanaman herbal karena seledri termasuk mudah dikembangbiakkan. Seledri memiliki kandungan glikosida sebagai obat alami untuk mengobati nyeri sendi seperti saat asam urat kambuh.

Penggunaannya adalah dengan merebus 60 gram daun dan batang seledri yang telah dicuci dan dipotong-potong bersama 200cc air. Rebus hingga tersisa setengah, lalu konsumsi secara rutin setidaknya 2x sehari air rebusan tersebut agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Jus Nanas

Jika tidak menyukai aroma seledri, kamu bisa mencoba dengan jus nanas. Nanas memiliki kandungan bromelain dan antiinflamasi yang berfungsi untuk menghambat protein penyebab tingginya asam urat dan peradangan.

Dikutip dari tribunnews.com, untuk mengobati asam urat dengan nanas kamu harus menyiapkan beberapa bahan lain seperti jahe 2,5cm, kunyit bubuk 1sdt, jus ceri hitam 1 cangkir, madu secukupnya, dan jus seledri 1 cangkir. Setelah mengupas dan blender nanas, masukkan seluruh bahan yang telah disediakan di atas untuk dicampurkan dan aduk hingga rata. Minumlah secara rutin 3x seminggu.

Sambiloto

Jika kamu adalah penggemar obat herbal, pasti tidak asing dengan sambiloto. Citarasanya yang pahit dikenal memiliki banyak manfaat untuk mengobati berbagai penyakit, seperti diabetes, malaria, termasuk asam urat. Namun jangan asal sembarangan mengolahnya. Berikut ini cara yang bisa kamu gunakan untuk membuat obat alami asam urat menggunakan sambiloto.

Siapkan segenggam daun sambiloto dan dua gelas air, lalu rebus hingga mendidih dan air tersisa 1/3. Angkat dan tiriskan, lalu minumlah setidaknya satu kali sehari. Lakukan secara rutin agar kadar asam urat lekas turun.

Pisang

Selain buah nanas, ternyata pisang juga memiliki peran yang penting untuk menurunkan kadar asam urat tinggi di tubuh. Buah pisang direkomendasikan sebagai makanan harian yang sehat dan banyak manfaat untuk tubuh. Buah yang mudah didapatkan ini diketahui memiliki kandungan kalium yang besar untuk menjaga ketahanan tubuh.

Untuk menggunakannya sebagai obat alami asam urat, kamu bisa mengkonsumsinya dengan jumlah yang wajar. Meskipun begitu ia juga memiliki kandungan gula yang tinggi, oleh sebab itu jangan berlebihan dalam mengkonsumsi buah pisang ya.

Brotowali

Sudah sejak lama brotowali menjadi obat alami untuk asam urat tinggi. Rasa pahit yang ada pada brotowali justru menyimpan segudang manfaat menyehatkan bagi tubuh. Adanya kandungan zat flavonoid dan alkaloid di brotowali bertugas menghambat enzim pembentuk asam urat sehingga menjadi obat yang ampuh.

Kamu cukup menyiapkan beberapa lembar daun brotowali yang telah dicuci sebelumnya dan dua gelas air untuk merebus. Setelah mendidih, saring air rebusan tersebut dan tunggu hingga dingin untuk dikonsumsi. Minumlah secara rutin 3x seminggu air rebusan daun brotowali ini.

Teh Hijau

Salah satu jenis teh ini memang memiliki rasa khas dan nikmat. Biasanya ia dimanfaatkan sebagai olahan diet untuk menurunkan berat badan. Namun, ia juga memiliki banyak kandungan yang menyehatkan tubuh, salah satunya yakni antiinflamasi yang berguna mengendalikan kadar hiperurisemia atau asam urat tinggi.

Mengkonsumsi teh hijau secara rutin satu sampai dua kali dalam sehari diketahui bisa membantu untuk menurunkan asam urat yang tinggi, lho! Dengan begini, peradangan sendi yang menyakitkan akibat asam urat bisa dikendalikan dengan baik secara berkala.

Sidaguri

Penelitian yang dipublikasi oleh Journal of Biological Sciences pada 2009 mengatakan bahwa ekstrak sidaguri memiliki kandungan flavonoid yang bisa menghambat asam urat hingga 55%. Tentu saja ini adalah kabar baik bagi penderita asam urat karena adanya tumbuh-tumbuhan yang bisa dimanfaatkan sebagai obat herbal.

Mulai dari daun hingga akar, tumbuhan sidaguri bisa digunakan sebagai obat asam urat. Kamu perlu menyiapkan beberapa gram sidaguri dan cuci bersih. Rebus dalam panci hingga mendidih dan air rebusan tersisa setengahnya. Tiriskan dan dinginkan untuk dikonsumsi secara rutin.

Kumis Kucing

Telah lama kumis kucing dikenal sebagai obat alami untuk penyakit ginjal. Namun, kandungan flavonoid, asam kafeat, dan fenolik di dalamnya bersifat anti radang dan membantu untuk menghambat pembentukan asam urat tinggi pada tubuh, lho!

Penggunaannya juga terbilang mudah karena kamu hanya perlu menyiapkan satu genggam daun kumis kucing dan beberapa ruas jahe merah yang telah diiris. Rebus keduanya bersamaan hingga mendidih. Tiriskan dan minumlah setelah dingin. Konsumsi setidaknya air rebusan daun kumis kucing satu kali dalam seminggu.

Nah, itu dia 10 obat asam urat alami yang bisa kamu konsumsi di rumah. Makanan yang sering memicu kambuhnya asam urat adalah yang mengandung purin tinggi seperti jeroan atau hati sapi. Kamu juga harus mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan serta menerapkan pola hidup sehat agar bisa terhindar dari asam urat sejak dini.

Posting Komentar

Bijaklah dalam berkomentar. Pertanyaan, kritik dan saran dipersilahkan. Komentar dengan spam link akan otomatis terhapus.