Table of Content

10 Bahan Herbal untuk Obat Asam Lambung Alami

Berikut daftar bahan herbal tradisional yang bisa digunakan sebagai obat asam lambung alami

Apakah kamu salah satu penderita asam lambung berlebih atau lebih populer dikenal maag dan GERD? Maka, mulai sekarang hindari makanan dan minuman penyebab asam lambung naik serta kebiasaan buruk yang bisa memperparah penyakit tersebut. Selain ditandai dengan nyeri dada seperti sensasi panas yang tidak nyaman, biasanya penderitanya akan mengalami mual setiap hari ketika asam lambung mulai naik ke kerongkongan.

Kondisi tersebut bisa menjadi kronis jika kamu tidak segera mengobatinya. Oleh sebab itu, sebaiknya segera konsultasi dengan dokter agar tidak memperparah keadaan. Namun, jika gejala ringan kamu bisa mencoba obat-obatan alami atau herbal berikut ini.

Teh Hijau

Obat Asam Lambung AlamiGambar : Unsplash

Teh hijau dikenal sebagai bahan alami untuk melancarkan pencernaan. Dalam dunia herbal untuk kesehatan, teh hijau yang dikonsumsi secara rutin akan membantu meredakan maag akut dan kolik. Manfaat luar biasa tersebut hadir berkat kandungan yang kaya antioksidan di dalam teh hijau.

Kamu bisa meminum seduhan hangat teh hijau tanpa gula jika menyukai rasa tawar. Namun jika ingin mengonsumsinya dengan rasa agak manis, sebaiknya pilihlah untuk menambahkan madu secukupnya saja sebagai perasa alami. Jangan gunakan gula atau perisa buatan ya.

Madu

Tidak mengherankan lagi jika madu masuk dalam daftar obat alami penyakit apapun. Pasalnya, selain kaya dengan anti-oksidan, madu dikenal bisa membunuh bakteri jahat dan mempunyai kandungan anti-inflamasi agar tubuh tetap bugar.

Minumlah madu setiap pagi secara rutin agar sistem pencernaan dan kondisi asam lambung membaik. Kamu bisa menambahkannya pula ke segelas air hangat agar lebih enak saat diminum. Tidak hanya mengobati asam lambung saja jika dikonsumsi secara rutin karena madu juga bisa melancarkan metabolisme tubuh untuk tetap sehat, lho!

Kentang

Selain jagung dan gandum, kentang memang sering dijadikan sebagai pengganti nasi. Namun selain enak karena teksturnya yang lembut, kamu bisa menjadikan kentang sebagai jus untuk mengobati asam lambung tinggi. Hal ini dikarenakan kentang mengandung molekul antibakteri yang bisa membantu mengobati radang pada lambung atau stomach ulcers saat mengalami maag.

Kamu harus menyiapkan kentang 2 buah yang berukuran sedang. Kupas dan potong-potong kecil lalu cuci hingga bersih. Masukkan ke blender beserta air dan haluskan. Sajikan jus tersebut dan minumlah secara rutin.

Kunyit

Karena mengandung anti inflamasi, anti jamur, dan antibakterial, kunyit bisa mengatasi peradangan pada lambung saat asam lambung kambuh, lho! Sejak dahulu kala, kunyit adalah andalan masyarakat Indonesia sebagai bahan baku herbal untuk berbagai jenis penyakit. Nah, untuk mengobati asam lambung tinggi dengan kunyit, jadikan ia sebagai food therapy yang rutin dikonsumsi.

Kamu bisa membuat jamu kunyit dari parutan kunyit yang diberi air lalu diperas. Atau jika terlalu ribet memarut, cukup potong-potong kunyit yang telah dikupas dan dicuci lalu rebus hingga mendidih. Jangan lupa minum secara rutin setiap hari.

Lemon dan Jeruk Nipis

Pernah mendengar kata jeniper? Jeniper adalah singkatan kata dari jeruk nipis peras. Istilah ini sangat populer di kalangan pecinta Food Combining. Jika tidak ada jeruk nipis, maka lemon juga memiliki fungsi yang sama dalam aturan Food Combining untuk maag.

Setiap pagi setelah bangun tidur dan sebelum minum atau makan apapun, ambillah sari lemon atau jeruk nipis dengan cara diperas. Selanjutnya, masukkan ke dalam air hangat setengah gelas dan minumlah secara rutin setiap pagi untuk melancarkan pencernaan kamu.

Lidah Buaya

Ekstrak lidah buaya memang sangat bermanfaat dan digunakan sebagai bahan baku minuman, skin care, hingga hair care. Namun tidak hanya sebatas itu saja karena kamu bisa memanfaatkan gel lidah buaya sebagai salah satu obat alami untuk asam lambung. Meskipun agak pahit, namun sangat ampuh lho!

Cara mengonsumsinya juga terbilang sangat mudah karena kamu hanya perlu mengupas kulit hijau, duri, dan bagian luar lidah buaya. Setelah dikupas dan hanya tersisa gel-nya saja, cucilah dengan air matang dan potong kecil-kecil untuk dikunyah langsung dan konsumsi secara rutin.

Pepaya

Kali ini obat alami untuk asam lambung tinggi datang dari jajaran buah. Pepaya adalah salah satu primadona buah di Indonesia. Kamu bisa menemukan pepaya dengan mudah dimana-mana dengan harga bersahabat dan bahkan menanamnya sendiri di pekarangan rumah.

Kandungan enzim papain pada pepaya bermanfaat untuk mengendalikan asam lambung dan melancarkan pencernaan sehingga tidak memperburuk maag. Makanlah pepaya secara rutin secukupnya dan tidak berlebihan untuk memperoleh khasiatnya. Namun, kamu juga bisa mengolahnya menjadi jus yang dicampur dengan es batu jika ingin yang lebih segar selain dimakan langsung.

Jus Timun dan Kol

Selama ini kol dikenal sebagai musuh asam lambung yang tinggi. Namun, itu hanya berlaku ketika kamu memakan kol matang yang mengalami proses perebusan. Ketika mentah, kol justru baik untuk mengobati lambung, lho! Padukan dengan timun untuk memperoleh lemak rendah dan seratnya yang baik bagi pencernaan.

Cucilah terlebih dahulu 2 lembar kol dan satu buah timun sebelum diiris. Kamu bisa menambahkan es batu beberapa butir saat memblender agar zat penting di dalamnya tidak hilang. Minumlah saat merasakan begah atau kembung ketika GERD menyerang.

Apel

Mengobati asam lambung bisa dengan mengonsumsi buah segar satu ini. Apel diketahui memiliki vitamin C yang tinggi dan zat-zat penting untuk mengendalikan produksi asam lambung. Saat maag atau GERD kambuh, biasanya ada rasa nyeri dan juga rasa terbakar di dada. Nah, jika sudah begini tentu saja aktivitas bisa terganggu.

Cara simpel untuk mengobatinya adalah dengan memakan buah apel secara langsung. Namun jika gejalanya sudah sampai pada rasa tidak nyaman di kerongkongan, kamu bisa mengolah apel menjadi jus dingin yang segar dan siap minum.

Wortel

Wortel adalah sayuran yang dikenal kaya akan kandungan vitamin A untuk menyehatkan mata. Namun siapa sangka bahwa sayuran dengan sensasi rasa manis ini juga bisa mengobati maag. Kandungan alkali alami pada wortel bisa kamu andalkan untuk menetralkan asam lambung yang tinggi. Wah, selain murah, wortel sangat menyehatkan ya!

Untuk menggunakan wortel sebagai obat alami asam lambung, kamu perlu menyiapkan beberapa batang wortel segar. Kupaslah dan cuci hingga bersih untuk dipotong-potong kecil. Blender wortel bersama air mineral dan sedikit es batu.

Mempunyai masalah pada asam lambung tentu saja membuat aktivitas menjadi tidak nyaman. Namun, ketika asam lambung tinggi kamu bisa mengandalkan salah satu dari 10 bahan alami di atas sebagai obatnya. Memang food therapy sangat diperlukan bagi penderita asam lambung tinggi. Namun jangan lupa untuk konsultasi terlebih dahulu pada dokter saat kamu mengalami maag akut.

Abu Noura. Menulis blog sejak 2010. Tech Enthusiast. Senang merekomendasikan produk gadget terbaik. LinkedIn

Posting Komentar

Bijaklah dalam berkomentar. Pertanyaan, kritik dan saran dipersilahkan. Komentar dengan spam link akan otomatis terhapus.